Ruang Laktasi: PT. Carrefour Indonesia

by: - Friday, August 5th, 2011 at 3:30 pm

In: Breastfeeding 25 responses

0 share

Pada 2008, Pemerintah mengeluarkan Peraturan Bersama Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan Menteri Kesehatan tentang Peningkatan Pemberian ASI Selama Waktu Kerja di Tempat Kerja di mana salah satu tujuan peraturan ini adalah memberi kesempatan kepada pekerja untuk memberikan atau memerah ASI selama waktu kerja dan menyimpan ASI perah untuk diberikan pada anaknya.

Berdasarkan peraturan tersebut, kantor pusat PT. Carrefour Indonesia meresmikan ruang laktasi pada 18 Oktober 2010. Ruangan ber-AC dengan ukuran 2.9 m x 1.3 m ini cukup lengkap fasilitasnya. Tiap bulannya ada subsidi untuk membeli perlengkapan yang diperlukan ruang laktasi seperti tisu, tisu basah, hand sanitizer, dan lain-lain. Nah, karena ada subsidi ini para pengguna ruang laktasi lantas membuat struktur organisasi dengan masa tugas 6 bulan agar lebih teratur dan terarah.

Kegiatan pekerja wanita di ruang laktasi tidak hanya memerah ASI, lho, Moms. Mereka sering melakukan sharing soal banyak hal seputar anak. Tidak hanya lisan, ternyata ada dokumentasi juga. Kumpulan artikel parenting menarik dijadikan kliping dan ditempatkan di map khusus. Menarik, kan? Lucunya, bonding antara para penghuni tetap ruang laktasi tak berhenti sampai di sana, mereka pun rutin melakukan kegiatan bersama di luar memerah ASI seperti rujakan. Seru banget, ya!

Ruang Laktasi Kantor Pusat PT. Carrefour Indonesia

 

Nah, Mommies lain … boleh, lho, share ke Mommies Daily ruang laktasi di kantor. Caranya mudah, kirimkan foto (tanpa diedit) dan keterangan mengenai ruang laktasi (misal: fasilitas dan luas) ke info@mommiesdaily.com. Kami tunggu, ya!

 

Terima kasih Nurdewayani Pipit dan Dinda Felia atas kiriman fotonya :)

Share this story:

Recommended for you:

25 thoughts on “Ruang Laktasi: PT. Carrefour Indonesia

  1. Pingback: Mommies Daily
  2. Pingback: lita iqtianti
  3. Pingback: eRnie
  4. Pingback: Rizha Naftalia
  5. Pingback: Britt Marie
  6. Pingback: nurdewayani pipit
  7. Pingback: J Fellma Panjaitan
  8. ih keren bangeeeett..beruntung sekali utk mommies yg kantornya jg mendukung pemberian ASI dengan dibuatkannya ruang laktasi/ruang memompa. Klo kntr saya gak ada, jadi mompa ya di ruang seadanya, seringnya malah di toilet T_T. Tapi ya tetap semangat, dan Alhamdulillah bisa berjalan sampai 2 thn :)

  9. senangnyaaaa liat perusahaan yg sangat peduli dan menghargai kebutuhan karyawan perempuannya. mudah2an langkah ini akan ditiru oleh perusahaan lainnya…

  10. Senangnya diliput MD,terlebih bila ingat perjuangan teman2 hingga r.Laktasi ini terwujud.semoga bs mjd motivator busui yg blm py r.Laktasi utk semangat+kompak dlm mewujudkannya. Ɨнªйƙ γöυ so much MD ! :)

  11. Wah…kantor gw juga ada ruang memerahnya..walaupun mini (banget) tp emak2 perah di kantor gw..ngerasa nyaman dst..dan lagi, ruangan semacam ini termasuk jarang diberikan oleh perusahaan Jepang. Jadi, walaupun mini..kegiatannya harus maxi…semangat ah…

  12. Pingback: baiq farida
  13. Seneng yah kalo kantor peduli seperti ini. Di tempat gw ngantor dulu juga ada nursery room yang juga berfungsi sebagai ruang pompa ASI, Ruangannya bagus deh, tapi berhubung waktu kerja masih single jadi aja ga punya pengalaman dan foto nya. Tapi Januari kemaren sempet mampir dan ganti popok anak gw di sana, ada changing table nya segala loh. Canggih lah pokoknya, semoga ada yah karyawan nya si bank berlogo merah itu yang mau sharing di sini yah.

  14. ahhhh sukaaaa liatnyaaaa…..di kantorku gak ada ruangan khusus laktasi tapi ada klinik and kulkas kantor yang bisa dipake buat nyimpen oleh2 ASI untuk bocil tercintah dirumah :D..keep pumping and tetap semangat to all breasfeeding mommies …lotsalof :x

  15. Pingback: evie

Leave a Reply