Panduan Menyiapkan Makanan untuk Anak

Saya pernah mengikuti sebuah seminar kesehatan, salah satu pembicaranya mengungkapkan bahwa penyakit diare adalah salah satu penyakit yang cukup tinggi angkanya sebagai penyebab kematian pada anak. Seperti pernah dibahas oleh Kirana, diare terjadi disebabkan banyak hal. Salah satunya faktor kebersihan makanan.

Nah, buat Mommies yang baru memulai MPASI, selain heboh menyiapkan peralatan yang lucu-lucu itu, baca kiat dari Mamaku Koki Handal, yuk tentang apa saja yang harus diperhatikan saat menyiapkan makanan anak.

  1. Sebelum memasak, dan makan, wajib cuci tangan terlebih dahulu, menggunakan sabun. Keringkan dengan lap bersih/hand dryer.
  2. Jangan memanaskan makanan anak lebih dari sekali. Apabila ingin masak dalam jumlah banyak, simpan dalam wadah tertutup dalam lemari es/freezer dan ambil secukupnya untuk dipanaskan. Atau simpan makanan dalam bentuk porsian. Sehingga tidak bolak-balik keluar masuk lemari es/freezer dan tersentuh alat makan.
  3. Buang makanan anak yang tersisa di mangkok/piring. Jangan pernah menyimpan dan memberikannya lagi. Karena, makanan yang sudah terkena ludah menyimpan potensi bakteri jahat.
  4. Untuk ibu-ibu yang senang menggunakan metode pembekuan makanan, jangan lupa selalu berikan tanggal pembuatan/penyimpanan, prinsipnya harus selalu FIFO. First In First Out. Di bawah ini saya kutipkan waktu penyimpanan beberapa jenis makanan dalam freezer yang diambil dari buku First Food karya Annabel Karmel (ini adalah asumsi pada freezer yang normal, stabil suhunya serta bersih):
  5. Apabila lebih suka memanaskan makanan beku dengan microwave, pastikan TIDAK ADA hot-spot yang (biasanya) terkumpul di bagian tengah dengan cara mengaduk hingga hangatnya merata segera setelah keluar dari microwave.
  6. Selalu menggunakan 2 talenan dan 2 pisau berbeda untuk memotong sayuran-buah dan daging serta ikan.
  7. Penyimpanan daging/ikan mentah harus terpisah dari makanan lain/disimpan dalam wadah tertutup, supaya tidak cross-contaminating. Selalu cuci tangan setelah memegang daging/ikan mentah.
  8. Jangan lupa, tutupi makanan dan minuman di meja makan dengan penutup individual atau tudung-saji.
  9. SELALU periksa tanggal kedaluarsa/expired date ataupun pernyataan “best before/baik sebelum” pada bahan makanan yang dijual sebelum dikonsumsi.
  10. Mommies yang memberikan susu bubuk, perhatikan penyimpanan serta kebersihannya. Lembab akan membuat bakteri mudah berkembangbiak. Gunakan air mendidih yang suhunya telah turun menjadi 70 derajat Celcius untuk mencampur susu bubuk, dan buat susu dengan takaran sekali minum.

Tidak susah kan, ya, Moms?

*Foto-foto milik Mamakukokihandal


23 Comments - Write a Comment

Post Comment