Barney; Clean Up Clean Up, Everybody Everywhere..

…clean up, clean up…

everybody do your share!

Siapa,sih, yang tidak tahu lagu hits dari Barney, tokoh kesayangan anak-anak ini? Thanks to Barney, anak-anak saya jadi semangat sekali kalau diajak bersih-bersih sambil menyanyikan lagu ini. Well, paling tidak sampai si sulung selesai TK, deh :).

Anak kecil itu sangat senang, lho, kalau diajak beberes atau melakukan hal-hal lain yang biasa dilakukan orang dewasa. Tapi sayangnya, para mommies suka merasa direcoki dengan kehadiran si kecil karena membuat proses beres-beresnya jadi lama. Padahal, beberes bersama bisa dijadikan ajang untuk bonding kalau kita melakukannya sambil becanda dan ngobrol-ngobrol seru. Saya percaya, mengajarkan anak untuk mengambil bagian dalam kerjaan rumah tangga akan membentuk mereka untuk menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab saat mereka dewasa nanti. It’s one of basic life-skills.

Beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mempermudah proses beres-beres:

  • Sediakan beberapa kotak atau keranjang untuk menyimpan barang-barang mereka sesuai dengan kategorinya. Untuk anak yang sudah dapat membaca, tinggal beri nama saja di setiap keranjang. Tapi untuk yang belum bisa baca, kita bisa tempelkan gambar yang sesuai dengan mainan yang harus ditaruh di situ.
  • Cleaning up race! Tentukan waktu untuk bersih-bersih, pasang timer dan ajak si kecil balapan untuk membersihkan mainannya. Jangan lupa memasang lagu-lagu seru sebagai penambah semangat.
  • Gunakan alat  yang kids-friendly, baik dari segi ukuran atau warna yang ceria. Scotch Brite™ lap spons motif warna kuning (gambar paling kiri) pasti menarik perhatian si kecil, deh. Daya serapnya juga 2 kali lebih tinggi daripada spons biasa, jadi cocok untuk anak kecil yang tenaganya tidak begitu kuat :).

Yang bisa dilakukan si kecil:

  • Membersihkan jendela, baik dengan lap khusus untuk kaca seperti Scotch Brite™ Glass Magic Cloth (gambar paling kanan) atau kemoceng. Kenapa harus lap khusus untuk kaca? Karena dilengkapi dengan dua permukaan yang berbeda. Satu sisi adalah permukaan bergelombang, yang memperkuat daya bersih debu dan kotoran tanpa goresan. Sisi lainnya adalah permukaan serat lurus yang dapat membersihkan hingga cemerlang.
  • Cuci piring. Pasti mereka senang main air, tapi jangan suruh mereka membersihkan panci atau barang pecah belah, ya, Moms :D, cukup piring atau mangkok yang terbuat dari plastik. Jangan lupa setelah selesai cuci piring, minta si bibik kecil ini untuk membersihkan bak cuci dan kitchen counter top dengan Scotch Brite™ Kitchen Magic Cloth (gambar tengah). Pasti kan banyak tuh percikan minyak yang tertinggal di sana.
  • Menyiram bunga, lagi-lagi main air!
  • Mencuci mobil. Lho, kok, main air semua, nih?!Tak apa, Moms, yang penting pastikan si kecil langsung dikeringkan begitu selesai berbasah-basahan.
  • Mengangkat jemuran atau memisahkan pakaian kotor sesuai warna, kegiatan ini bisa sekalian memperkenalkan warna.

Nah, asyik, kan, mengajak si kecil bebersih rumah? Share cerita bebersih bersama anak dengan meninggalkan komen di artikel ini, yuk! Lima (5) cerita terbaik mendapatkan paket dari Scotch Brite™!

Tapi, jangan lupa mampir ke fanpage Scotch Brite™ Indonesia dan klik “Like” ya!

*gambar Barney dari sini


28 Comments - Write a Comment

  1. Talita-qu, baru 15m2w, blm bisa ngomong tapi udah paham perintah. jadi so far cuma dikaryakan utk taro piring kotor k wastafel, baju kotor k keranjang, sama bantu bawain baju yg udah disetrika. sekali jalan dr keranjang setrika k lemari 1 baju. jadi… laaama… selesainya. hehehe…
    terus bantu beres2 taman. aku cabut daun kering, dia taro k pengki. dr pohon k pengki 1 daun. xixixi… syukur kalo ga ikut cabut daun/bunga yg bagus, terus dimakan! Wkwkwk…

  2. Basti (2,5 th) dari usia 1 tahunan suka sekali yang namanya kegiatan bersih-bersih, kalau lihat saya atau simbak mulai pegang sapu, alat pel, pembersih kaca dan lap, dia langsung ribut ingin pinjam, sampai kadang harus tarik-tarikan dulu hehehe. Dan sampai sekarang dia suka sekali menyapu, ngepel dan ngelap-ngelap, walaupun nanti kita beresin lagi. Yang paling lucu kalau beresin tempat tidur, biasanya saya dan Basti berbagi tugas, saya urusan melipat selimut dan dia memindahkan bantal dan guling biar tempat tidur bisa dirapikan, setiap memindahkan 1 bantal dia langsung melap dahinya yang tidak ada keringatnya hahahahaha

  3. Rashya(7thn) hobi main wii,kbetulan saat aku d rmh ortu wii nya dipasang dikmr.Saat sy mandi,dia mnta izin dr luar “Bun,aku main wii blh ga?”,aku jwb “gausah mas,udh mau packing.Wii nya mau bunda cabut2in” ,krn memang stlh aku slesai mandi wii akan aku rapikan dan bawa pulang.Selesai mandi,aku cari Rashya didpn TV/laptop,trnyta ga ada.Pikirku psti tuh ank nekat main wii.Dan stlh aku msk kmr,dia dan Malya(4,5th) adiknya ada…Tapi….sdg bersih2 meja dg tisyu basah,dan 2 tempat tidur(1besar,1 kecil)sdh rapi,bersih.Malya pun sdg melipat selimut wlwpun tdk rapi.Menyadari kehadiranku,Rashya teriak “surpriseee buuun”…Hmm sungguuuh mau nangissss dan kupeluk mereka.

  4. haha… kalo kiara (14 month) belum bisa bantuin beberes atau bersih2. tapi kiara udah bisa niru papa-mama atau mbak pengasuhnya, kalau lagi pegang kain lap atau tissue pasti dia otomatis ngelap2 apa aja yg di sekitarnya. meja, lantai, buku, mainan, boneka… pokoknya itu udah otomatis aja tanpa dikomando. yang paling lucu pas lagi makan di resto, karena lagi ramai pengunjung, rupanya si mbak/ mas pegawai resto belum sempat membersihkan meja kami. pas ada tissue di meja, kiara langsung ambil dan… ngelap meja! hahaha… rupanya dia juga ga suka liat meja kotor :D

  5. Angel (8 th) br aja ngerayain ultahnya 12 Juli lalu. kalo udah urusan cuci piring dia paling suka, tanpa diminta pun dia akan menerima pekerjaan rumah yg satu ini dgn gembira, ya skalian bisa maen air itu kuncinya :) tapi emang jempolan kok hasilnya, dia pasti langsung nunjukkin setiap piring, mangkok, sendok yg udah dia cuci biar mamanya bisa ngerasain rasa keset cuciannya alias ga licin karena sabun. Angel memang anak jempolan yg manis & rajin.

  6. si dedek Kayla (20m) seneng bgt diajak beberes. latahan gt deh. klo liat si mbak lg nyapu, dia keukeuh pengen nyapu. biasanya sih, setiap abis bangun tidur (setelah nyawa-nya udah ngumpul yak), lsg tuh aku ajakin beresin kasur skalian aku nyayi “bangun tidur ku terus.. anddiii” (diakhir bait sengaja aku pancing biar Kayla yg nyanyi :p) sambil ngelatih juga biar makin lancar ngomongnya :D

  7. Anakku Mirza (3y5m) meskipun cowo kayaknya dia gatel klo suruh bebersih.Setiap disuruh ambil sapu langsung ngacir skalian ambil pengky(serok kotoran hasil nyapu) langsung dia nyapu dan memasukkan ke pengky ala si”mak” ARTku.Setiap disuruh ambil tissu selalu dilapin dulu ke mulutnya…..(Untung nggak basah mulutnya)emang tissu buat ngelap mulut aja kali ya…hehe…yang paling napsu kalo papanya mau nyuci motor dia duluan yang nongkrongin motor siap dengan selang air yang udah ditarik2 sendiri.walhasil sambil ngelap motor itu sabut scoot skalian buat gosok badannya “biar bersih badannya Pah..” Katanya waktu ditegur papanya,wah yang niat mandi Mirza apa motornya nih….? Hahahaaaa………

  8. Biasanya kalo habis makan snack,Chaca (20mos) lsg nunjuk2 sapu kecilnya mau bersihin :) begitupun kalo dia numpahin air minum,lsg ngeloyor ke belakang ambil lap scothbrite (pakai yg utk dapur biar daya serapnya oke). Yg lucu ya mmg kalo ke resto,lsg sibuk nyari tissue buat bersihin meja..haha..

Post Comment