Main Air di Atlantis Ancol

by: - Tuesday, July 12th, 2011 at 8:00 am

In: Kids Destination 12 responses

0 share

Selama Jakarta Great Sale ini, saya sengaja menghindari menghabiskan akhir pekan di mal. Saat merencanakan tujuan wisata, saya mengusahakan sebisa mungkin hanya mengunjungi tempat wisata yang lokasinya masih di Jakarta, bukan di luar kota. Dan pada Sabtu sore kemarin, kebetulan salah satu teman saya menawarkan 3 lembar tiket Atlantis di Ancol yang bisa saya pergunakan pada Minggu,26 Juni 2011.

Tentunya kesempatan wisata dengan tiket gratis seperti ini tidak mungkin saya lewatkan. Dan anak saya sangat suka sekali bermain air di rumah.

Sudah lama sekali saya tidak mengajak anak saya berwisata air. Terakhir kali saya mengajak Athia (2 tahun 2 bulan) bermain di wisata air pada saat usianya baru menginjak 7 bulan.

Maka Minggu pagi, saya, suami, Athia danpengasuhnya sangat bersemangat berangkat dari rumah ke Atlantis. Gerbang pintu masuk Ancol sudah mulai padat dikarenakan banyaknya rombongan yang ingin bersenang-senang di Ancol di musim liburan seperti ini.

Harga tiket masuk Ancol adalah

Orang dewasa           : Rp 15.000/orang

Mobil                           : Rp 15.000

Motor                           : Rp 10.000

Anak > 2 tahun sudah diharuskan membayar tiket masuk.

Harga tiket Atlantis sendiri untuk weekday maupun akhir minggu adalah Rp 100.000/orang.

Begitu masuk ke dalam Atlantis, wahana pertama yang kami coba adalah Kolam Kiddy yang berada paling depan. Kolam ini pas banget untuk anak-anak seusia Athia, apalagi dilengkapi dengan permainan kesukaan Athia yaitu perosotan.

Saat menemani Athia perosotan di kolam Kiddy, saya melihat ada beberapa keluarga yang sembari menunggu anggota keluarga mereka bermain air, mereka cukup duduk berpiknik di Gazebo. Tidak perlu lagi menggelar tikar di dalamnya, karena gazebo disewakan berikut kasur busa untuk kita bersantai. Ada beberapa (saya tidak menghitung tepatnya ada berapa buah) gazebo yang disewakan di area Atlantis ini. Bahkan saya juga melihat ada keluarga yang membawa peralatan masak. Serasa di rumah sendiri.

Jika ingin menyewa gazebo, kita harus membayar Rp 250.000 di loket yang sama dengan penyewaan loker untuk menyimpan barang-barang berharga. Harga sewa loker hanya Rp 20.000 saja.

Namun jika semua gazebo sudah tersewa atau Anda tidak ingin menyewa gazebo, jangan khawatir. Kita masih bisa piknik menggelar tikar di pinggir kolam arus, di bawah pohon rindang. Kita bisa bersantai sambil santap siang, ngemil untuk menghilangkan lelah dan mengumpulkan kembali tenaga untuk mencoba wahana yang lain.

O, ya, selain Kolam Kiddy, di Atlantis juga terdapat beberapa wahana lain seperti Kolam Arus, Kolam Ombak Poseidon, kolam tanding, Kolam Luncur Octopus. Kurang lebih permainannya mirip dengan wahana di wisata air lain yang sejenis. Namun, di antara semua kolam tadi, ada satu wahana yang membuat saya penasaran yaitu Kolam Apung.

Di Kolam Apung ini kita bisa mengapung walaupun tidak bisa berenang. Prinsip kolam ini mirip seperti Laut Kaspia/Laut Mati di mana kadar garamnya sangat tinggi. Hal ini menyebabkan berat jenis air lebih besar daripada berat jenis manusia sehingga kita bisa mengapung walaupun tanpa pelampung. Sayang sekali karena tinggi badan Athia belum mencapai 120cm, maka Athia belum bisa coba mengapung di kolam ini.

Selain Kolam Apung, saya hanya sempat mencoba Kolam Arus dan Kolam Luncur Octopus karena harus bergantian dengan suami menemani Athia main di Kolam Kiddy. Di Kolam Arus kita  bisa menyewa ban dengan merogoh kantung Rp 15.000.

Berhubung kami mengunjungi Atlantis ini bersamaan dengan keluarga yang sedang mengisi liburan (atau para ibu yang juga sedang menghindari godaan sale di mal), pukul sepuluh pagi saja pengunjung semakin banyak berdatangan. Selain itu matahari juga udah mulai menyengat.

Setelah membilas dan mandi di kamar bilas, kami pun memutuskan untuk menyudahi acara liburan kami di Atlantis. O, ya, saat menuju kamar bilas wanita, saya sempat melihat ruang menyusui. Tapi saya tidak bisa memberikan review karena saya tidak masuk ke dalamnya.

Sedikit kiat jika tertarik memasukkan Atlantis ke dalam salah satu agenda liburan ke Ancol:

  1. Jika menginginkan suasana yang lebih nyaman, sebaiknya jangan datang pada saat musim liburan. Tentunya Ancol termasuk wisata yang ramai dikunjungi liburan keluarga.
  2. Usahakan tiba di lokasi Atlantis sepagi mungkin. Atlantis sendiri sudah buka dari pukul 7 pagi. Selain masih terlalu ramai pengunjung, matahari pun tidak terlalu menyengat.
  3. Jangan lupa memakai tabir surya demi melindungi kulit dari sinar matahari.
  4. Jika ingin lebih hemat, bawa makanan dan camilan dari rumah. Apalagi jika ingin piknik, lebih baik bawa tikar sekalian agar bisa bersantai.
  5. Jangan lupa bawa sabun dan sampo untuk bilas karena Atlantis tidak menyediakan peralatan mandi di kamar bilas. Kalau mencoba ke Kolam Apung pilih sampo yang ber-conditioner untuk rambut yang gampang kusut seperti saya. Soalnya karena kadar garam Kolam Apung sangat tinggi membuat rambut jadi lengket banget.
  6. Anak yang masuk kolam apung sebaiknya memiliki tinggi > 120 cm.
  7. Sebaiknya mengenakan kaca mata renang saat berenang di Kolam Apung karena airnya jika mengenai mata akan terasa perih.

Selamat berlibur!


Share this story:

Recommended for you:

12 thoughts on “Main Air di Atlantis Ancol

  1. Pingback: Mommies Daily
  2. Pingback: anindita P
  3. Pingback: lita iqtianti
  4. Pingback: Indah Kurniawaty
  5. Ihiy! seru banget deh, Ndah! Pasti Athia senang banget deh, emaknya juga ga kalah senang kan, soalnya gretongan, hehehe…
    Thanks for sharing ya, ditunggu sharing-an berikutnya *sekalian nodong*

  6. @ Ira,
    Yaah loe bukannya ngebahas tertarik main di Atlantis malah foto gw. Barengan aja yuk foto pake bikini nya.

    @ NengLita,
    Sipppp. Ntar gw tulis-tulis lagi deh.

    @ Iti,
    Mintain Nuke gih.

    @ BunDit,
    Awww..makasih, BunDit

    @ Rini,
    Eh hayuk aja. Ke Atlantis apa Galaxy Tirta ? Nyehehe

  7. Pingback: Mommies Daily

Leave a Reply