Car Seat 101

Walaupun di Indonesia pemakaian car seat belum masuk ke dalam undang-undang resmi, tapi ada baiknya kita membiasakan diri menggunakan perangkat ini. Pemakaian car seat bukan hanya untuk menaati peraturan semata, yang terpenting adalah menjaga keamanan si kecil saat berkendara. Namun, memilih car seat yang sesuai kebutuhan anak bisa jadi hal yang sangat membingungkan. Apa saja, sih, yang harus diperhatikan saat hendak membeli car seat? Intip beberapa poin di bawah ini.

Infant Carriers

Tipe car seat ini cukup kecil dan memiliki pegangan seperti keranjang. Harus digunakan menghadap ke belakang serta tepat untuk anak berusia di bawah 1 tahun dan berbobot setidaknya 9.07 kg. Ada beberapa merek car seat yang bisa disatukan dengan travel system stroller. Mommies, pasti pernah mendengar rangkaian car seat merek Maxi-Cosi.  Khusus infant carriers, Maxi-Cosi punya tiga jenis: Pebble, Cabriofix, dan Citi SPS. Untuk jenis Pebble dan Citi SPS, aman untuk dibawa dalam penerbangan, lho, Moms. Very handy for frequent flyers.

Car Seats for Toddlers and Preschoolers

Tentu saja car seat tetap harus dipasang di tempat duduk belakang mobil. Begitu si kecil berusia satu tahun dan bobot tubuhnya di atas  9.07 kg, Mommies bisa mengganti car seat dengan yang baru dan memilih arah hadapnya. Jika Mommies membeli car seat yang bisa beralih fungsi menjadi booster seat artinya jenis tersebut hanya bisa dihadapkan ke depan. Plusnya adalah bisa terpakai hingga anak berusia 4 tahun atau memiliki bobot tubuh hingga 18 kg.

Ingin mengganti car seat untuk memenuhi kebutuhan si kecil? Coba lihat Maxi-Cosi Opal, Axiss, Tobi serta Priori XP, deh. Jenis Axiss dapat diputar 90 derajat ke kanan dan kiri, jadi si kecil tidak akan merasa bosan karena bisa berinteraksi bebas dengan kita. Mau paket hemat? Pilih jenis Opal karena menjangkau dua kelompok usia sekaligus. Asyik, kan?

Untuk anak yang masuk ke dalam kelompok usia 3-10 tahun, Maxi-Cosi Rodi XP bisa dijadikan pilihan. Kelebihannya adalah dilengkapi “side protection system” dan mudah dipindahkan dari satu mobil ke mobil lainnya.

Booster Seats for School-Age Children

Sama seperti jenis car seat lainnya, booster seat harus dipasang di bagian belakang mobil dan hanya cocok untuk mobil yang dilengkapi dengan sabuk pengaman yang menahan bahu serta pinggang. Booster seat cocok digunakan untuk anak berusia 4-8 tahun. Saat tinggi si kecil mencapai 145 cm, ia bisa dengan aman berkendara tanpa bantuan car seat lagi.

 


11 Comments - Write a Comment

Post Comment