Belajar dengan Menyenangkan di Bumi Bambini

Akhirnya datang juga waktu saya menyekolahkan Aluf :)

Saya memang sengaja tidak memasukkan Aluf ke sekolah terlalu dini karena belum merasa perlu. Walaupun bekerja, saya dan suami punya cukup fleksibilitas untuk mengatur waktu berkualitas bersama putri kecil kami, biasanya kami habiskan dengan melakukan berbagai kegiatan ala preschool, seperti menggambar, melukis, mewarnai, prakarya, berenang, membaca, story telling, dan lain-lain. Kebetulan, kami tinggal di sebuah perumahan di mana banyak sekali anak-anak keluar rumah untuk main bersama setiap sore, sehingga Aluf juga punya banyak kesempatan untuk bersosialisasi.

Namun, karena tahun depan ia sudah mulai masuk TK, kami ingin ia paling tidak mulai bersekolah satu tahun sebelumnya untuk penyesuaian. Jadi sejak kira-kira 6 bulan yang lalu, mulailah kami melakukan survei ke beberapa preschool.

Salah satu sekolah yang saya datangi atas dasar rekomendasi teman adalah Bumi Bambini Children Center. Saya memang ingin mencari sekolah yang dekat dari rumah dan walaupun Bumi Bambini letaknya tidak di dalam Bintaro Jaya, melainkan di Jl. Ki Hajar Dewantara No. 6X, namun tetap tidak terlalu jauh. Waktu tempuh kurang dari 15 menit dari rumah saya di Bintaro sektor 9, itupun tidak melewati jalanan yang macet.

Begitu sampai di area sekolah, saya sempat tercengang. Sekolah ini dikelilingi oleh kebun yang rindang dan luas sekali! Saya benar-benar tidak menduga bisa bertemu tempat seperti itu di tengah daerah Bintaro yang cukup padat. Bumi Bambini memang menempati lahan seluas 1,1 hektar yang sengaja dirancang dengan suasana alam. Di situ ada area bermain outdoor, kebun buah-buahan, kolam renang, bahkan ada danau segala, lho! Selain area aktivitas luar ruangan, fasilitas lain di sekolah ini juga cukup lengkap seperti ruang komputer, ruang musik, perpustakaan mini, dan juga ruang teater dari kayu tempat murid-murid mengadakan berbagai pertunjukan kesenian.

Program pendidikannya sendiri dirancang untuk anak usia 2 sampai dengan 6 tahun, dengan kelas Playgroup A (2-3 tahun), Playgroup B (3-4 tahun), TK A (4-5 tahun) dan TK B (5-6 tahun). Obyektif mereka adalah pengembangan anak secara utuh dengan berbagai spektrum pada diri anak, sehingga membentuk anak-anak yang sehat secara fisik dan mental/emosional, cerdas dan kompeten dari segi kognitif serta berperilaku baik, baik dari segi personal, sosial, dan spiritual. Mereka mencapai tujuan ini dengan cara memadukan kurikulum nasional dengan aplikasi teori Multiple Intelligence. Selain itu, Bumi Bambini juga mempunyai prinsip mengajar “moving to the future without losing contact to the roots.” Maksudnya? Bambini mengikuti arah perkembangan dunia pendidikan modern (seperti pengenalan komputer, bahasa Inggris, dll) namun tidak meninggalkan akarnya, yang mereka terapkan dengan memanfaatkan banyak unsur alam untuk pembelajaran, mengembangkan kemampuan anak akan bahasa Indonesia sekaligus juga memperkenalkan budaya negara kita ini.

Aluf sempat ikut satu kali free trial untuk kelas Playgroup B dan dia tampak menikmati sekali kegiatan-kegiatan yang diikutinya, kecuali saat menyanyi di ruang musik di mana Aluf menolak masuk karena menurutnya “terlalu berisik” :D Satu kelas hanya terdiri dari 10 anak yang dipandu oleh 2 orang guru dan 1 orang asisten. Kebetulan minggu itu temanya adalah buah-buahan, jadi anak-anak diajak berkeliling kebun belakang yang sangat luas, dan mengenal berbagai jenis buah langsung dari pohonnya. Setelah itu mereka kembali ke kelas untuk mewarnai, menempel, dan makan bersama, di mana anak-anak diminta untuk membawa buah kesukaannya dari rumah. Kemudian mereka pindah lagi ke ruang musik untuk bernyanyi dan menari bersama, dilanjutkan dengan story telling. Kegiatan yang berpindah-pindah ruangan membuat anak-anak terlihat selalu bersemangat dan tidak bosan. Saya perhatikan juga anak-anak di kelas yang Aluf ikuti terlihat sangat mandiri. Intinya, saya dan Aluf sama-sama sreg deh dengan Bambini :)

Tapi saya sempat kecewa berat karena ketika mau mengkonfirmasi pendaftaran Aluf di sekolah ini, saya diberi tahu bahwa tempatnya sudah penuh! Karena masih berharap, saya pun berkata ya saat ditawari untuk menaruh nama di daftar tunggu. Setelah berbulan-bulan (dan berkali-kali telepon ke kantor administrasi) belum ada juga murid yang mengundurkan diri untuk kelas Playgroup B di tahun ajaran depan. Saya sudah hampir menyerah dan memasukkan Aluf ke sekolah lain (yang nanti akan saya review juga di Mommies Daily) ketika tiba-tiba sekitar dua minggu yang lalu saya mendapat telpon dari Bambini yang menginformasikan bahwa salah satu murid ada yang membatalkan pendaftarannya dan tempatnya diberikan ke Aluf! Wah, memang jodoh, ya, ternyata, moms :)

Anyway untuk biayanya sendiri adalah seperti ini:

Playgroup A

Tahunan: Rp. 3.800.000  Bulanan: Rp. 490.000

Playgroup B

Tahunan: Rp. 4.100.000 / Bulanan: Rp. 550.000

TKA

Tahunan: Rp. 4.500.000 / Bulanan Rp. 660.000

TKB

Tahunan: Rp. 4.500.000 / Bulanan Rp. 660.000

Menurut teman saya yang anaknya bersekolah di Bambini, sih, mereka tidak pernah diminta iuran lagi untuk kegiatan lain seperti field trip. Dan buat saya, biayanya masih masuk akal apalagi setelah dibandingkan dengan sekolah-sekolah lain di area tempat saya tinggal.

Karena sekarang sudah resmi terdaftar dan sudah bayar juga, perempuan kecil saya pun akan bersekolah setiap Senin, Rabu, dan Jumat di Bumi Bambini mulai 18 Juli mendatang. Nggak cuma anaknya, saya pun sudah sangat excited membayangkan hari pertamanya bersekolah! :)

Bumi Bambini Children Center

Jl. Ki Hajar Dewantara No. 6X

Jakarta Selatan 15413

Telp: 021 7471 4352/362

 


34 Comments - Write a Comment

  1. Hanzky

    Wow wow wow…menyenangkan banget Fiii tempatnya. Satu yang bikin gue nggak 100% sreg dengan sekolah Jehan yang sekarang adalah tempatnya yang minim pekarangan, untungnya yang lain-lainnya udah ok. Aluf pasti seneng banget nih sekolah di sini. Nggak ada SDnya ya Fi?

    1. affi

      Iya, emang jarang ya han nemuin sekolah yg punya area outdoor yg memadai kalo di Jakarta. Kalo Bambini ini emang daerahnya masih lumayan hijau sih jadi agak kayak di luar kota rasanya, padahal deket banget sama rumah gue.

      Sayangnya belum ada SD-nya sih, cuma sampe TK aja.

  2. whuuaa.. manteep.. manteepp.. tempatnya asik banged, pasti anak2 betah nih, sekulah di tempat yg luaass, hijau & rindang kek gini! :D
    smg tim pengajarnya juga oke yah, Mom Affi!

    selamat memulai dunia baru, ya Aluf & Mom! *kiss kiss*

  3. jadi tertarik nih..
    uang masuknya brapa ya mommy Aluf? enrollment fee nya maksudnya
    apa udah termasuk bayaran pertahun kah itu? atau tahunan itu makasudnya activities fee?

    have fun di sekolah ya Aluf :(

    1. affi

      Nggak ada enrollment fee lagi, jadi memang dia sistem pembayarannya adalah dgn uang tahunan dan bulanan. Dan itu udah termasuk semuanya jadi nggak diminta tambahan apa-apa lagi. Lumayan banget kan?

      Thank you ya Andini :)

    1. Bantu jawab. Kalau dari arah bintaro ambil rute ke arah ciputat, melewati Tegal Rotan, terus melewati flyover tol bsd, ke arah (pasar) ciputat. Lalu ketemu perempatan (yang bentuk perempatannya ga begitu simetris :) ) ambil lurus, terus sedikit aja, Bumi Bambini ada di sebelah kiri.
      HTH

  4. wah… tempat langganan alula buat berenang. Alula sih baru 17 bulan, masih agak lama buat ikutan PG.
    Tapi emang bener di sini memang seru. Banyak banget fasilitas outdoornya (karena saya belum pernah masuk ke ruang kelasnya).
    Bakal jadi prioritas sekolah buat PG-nya alula.

    Thanks for the review, mbak affi :D

    1. affi

      Kalo nggak salah sih mereka itu buka PGA untuk anak usia 2 tahun, tapi nggak tau juga ya menerima anak usia 1,5 thn apa enggak. Coba aja telpon dulu :) Nanti kalo Aluf udah mulai sekolah aku bahas di forum ya metode dan kurikulumnya :)

  5. Terimakasih banyak atas info tentang “bambini”.
    Nanti aluf mulai sekolah tgl 18 juli ya…
    tgl 16 juli ada open house datang ya….
    Semoga Aluf nanti senang dibambini…
    Terimakasih..

Post Comment