Support Group Ibu Menyusui: kASIh Ibu

Dukungan untuk ibu hamil dan menyusui semakin banyak (dan dilakukan dengan beragam cara yang menyenangkan). Akhir April lalu Asosiasi Ibu Menyusui (AIMI) dan RS Kemang Medical Care (KMC) meluncurkan kelompok pendukung ASI bernama kASIh Ibu.

kASIh Ibu merupakan salah satu dari 10 Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui (LMKM), yaitu mendorong pembentukan kelompok pendukung ASI serta menganjurkan ibu yang baru melahirkan untuk berhubungan dengan kelompok ini ketika sudah keluar dari rumah sakit atau klinik. Di sinilah KMC dan AIMI berperan untuk menyediakan layanan baru berupa tempat sharing dari ibu, untuk ibu, oleh ibu.

Kerjasama antara AIMI dan KMC terbentuk karena KMC selama ini telah mewujudkan 9 dari 10 langkah LMKM. Oh, ya, 10 langkah LMKM itu adalah:

  1. Sarana pelayanan kesehatan mempunyai kebijakan tentang penerapan 10 langkah menuju keberhasilan menyusui dan melarang promosi PASI
  2. Sarana pelayanan kesehatan melakukan pelatihan untuk staf sendiri atau lainnya
  3. Menyiapkan ibu hamil untuk mengetahui manfaat ASI dan langkah keberhasilan  menyusui. Memberikan konseling apabila ibu penderita infeksi HIV positif
  4. Melakukan kontak dan menyusui dini bayi baru lahir (1/2 – 1 jam setelah lahir)
  5. Membantu ibu melakukan teknik menyusui yang benar (posisi peletakan tubuh bayi dan pelekatan mulut bayi pada payudara)
  6. Hanya memberikan ASI saja tanpa minuman pralaktal sejak bayi lahir
  7. Melaksanakan rawat gabung ibu dan bayi
  8. Melaksanakan pemberian ASI  sesering dan semau bayi
  9. Tidak memberikan dot/empeng
  10. Menindak lanjuti ibu-bayi setelah pulang dari sarana pelayanan kesehatan

Dalam kASIh Ibu, tenaga konselor disediakan oleh AIMI namun hanya berfungsi sebagai fasilitator, selebihnya para ibu dalam grup lebih banyak bertukar pengalaman dan informasi,serta saling mendukung dalam memberikan ASI kepada anak mereka.

kASIh ibu mulai dibuka pada 11 Mei 2011 tiap Rabu, minggu ke-2 dan 4, pukul. 15.00-16.00. Untuk informasi, mommies dapat menghubungi RSIA Kemang Medical Care.


20 Comments - Write a Comment

Post Comment