banner-detik
SCHOOL REVIEW

Perjalanan Trial Kyra di 10 Sekolah (III)

author

Mommies Daily02 Jun 2011

Perjalanan Trial Kyra di 10 Sekolah (III)

Di sini saya akan berbagi pengalaman di 3 sekolah terakhir (akhirnya selesai juga!) Semoga berguna, ya, moms :)

Stella Maris International School

Sekolah ini berbasis internasional. Tujuan yang ingin dicapai di antaranya social and emotional development, physical development, cognitive development, dan language development. Hal pertama yang menarik perhatian saya adalah kaus kaki murid-murid di sini semua seragam, model dan gambarnya lucu (tipikal ibu-ibu, yang dilihat malah kaus kaki, hehe). Fasilitasnya cukup lengkap, ada perpustakaan, ruang Montessori, ruang bahasa Inggris, ruang musik, gym room, indoor dan outdoor playground.

Ada 3 hal yang saya suka, yaitu water play area, kolam renang mini dengan berbagai air mancur mirip dengan yang ada di Giggle, FX. Petting zoo, mereka punya kelinci dan setiap minggu anak-anak bergantian memberi makan dan merawat si kelinci. Dan yang terakhir, mini garden, di sini ada berbagai macam tanaman, anak-anak akan diajari bagaimana caranya memberi pupuk dan secara rutin mereka akan diajak untuk menyiram tanaman.

Kyra trial di kelas toddler, ada 8 orang anak dengan 2 guru. Kelas dimulai dengan berdoa, circle time, art and craft. Kemudian anak-anak pindah ke gym room, Kyra senang banget kerena dia bisa loncat-loncatan sesuka hati. Di sini mereka juga mengajarkan anak untuk toilet training, setelah dari ruang tersebut, semua anak berjalan menuju toilet. Satu per satu mereka ditatur untuk buang air kecil.

Stella Maris memiliki program parents as learner, di mana dalam 1 term akan ada pertemuan guru-orangtua murid. Pembahasan meliputi perkembangan anak dan wadah untuk saling sharing. Stella Maris juga mengadakan seminar yang ditujukan untuk orangtua murid. Program lainnya adalah care-taker as learner, di mana pihak sekolah akan memberikan pembelajaran bagi para suster segala hal yang berhubungan dengan pendidikan dan pengasuhan anak.

Alamat :

Vatican Cluster – Sector 8 A,

Gading Serpong – Tangerang 15810

Phone. (021) 54 212 999 , fax. (021) 54 213

Ladybird Preschool

Bertempat di sebuah rumah kawasan Perumahan Gading Serpong. Fasilitas dan permainan yang dimiliki Ladybird Preschool tidak kalah dengan sekolah-sekolah besar lainnya. Sekolah ini dikelola oleh seorang wanita, Aunty Mikaela namanya, bertindak sebagai pengelola dan kepala sekolah, Aunty Mikeala ini memiliki hasrat yang tinggi terhadap perkembangan dan pendidikan anak-anak. Kecintaannya kepada anak-anak sangat terasa sekali, karena beliau selalu hadir dan turun tangan langsung setiap harinya, saya salut sekali dengan beliau.

Di sini semua guru dipanggil dengan sebutan “aunty”. Lucu, ya, jadi anak-anak tidak terlalu merasa seperti sekolah. Rumahnya cukup besar, ada playground cukup lengkap di luar; rumah-rumahan, perosotan, sepeda, mobil-mobilan, dst. Ruang dalam dibagi menjadi 2 ruangan besar: satu ruangan untuk art and craft serta mainan seperti puzzle, masak-masakan, boneka, dan kostum. Ruangan lainnya arena kosong, biasanya digunakan untuk bernyanyi dan bermain, di sudut ruangan ini terdapat berbagai macam buku anak-anak.

Kyra trial untuk kelas Hands On (2,5 – 3,5 tahun), tingkat ini dibagi menjadi 2 kelas. Kelas Selasa-Kamis diperuntukan bagi anak-anak yang masih ditemani oleh orangtua atau pendampingnya. Kelas Senin, Rabu, dan Jumat untuk anak-anak yang sudah bisa ditinggal oleh orangtua atau pendamping. Kelas dimulai dengan art and craft, yang menarik adalah setiap art and craft, disediakan 4 titik kegiatan yang berbeda. Kegiatan utamanya adalah art (menempel, menggunting) yang dilakukan secara bergilir, karena muridnya banyak maka kegiatan ini dibagi-bagi agar efektif. Untuk anak-anak yang belum mendapat giliran membuat kerajinan, mereka dapat bermain dengan air (disediakan kotak besar berisi air warna-warni dengan berbagai wadah dan ukuran), bermain dengan dough, atau mewarnai.

Secara keseluruhan anak-anak lebih banyak bermain, Kyra suka banget di sini. Ladybird juga punya Saturday Class Program. Jadi siapapun bisa ikut kelasnya setiap hari Sabtu, cukup dengan membayar Rp. 50.000/kedatangan, tidak dikenakan biaya lainnya, dan anak-anak akan mendapatkan kegiatan yang kurang lebih sama dengan kelas regular hanya waktunya lebih singkat.

Alamat:

Taman Kedoya Baru

Blok B6

Jakarta Barat

Tel. 581-8258

Citra Garden 2

Blok N1/ 1

Jakarta Barat

Tel. 545-2988

Bumi Serpong Damai

Giriloka 2

Blok O/1

Tangerang, Banten

Tel. 537-4234

Gading Serpong

Blok AG 5/1

Tangerang, Banten

Tel. 546-7743

Tunas Bangsa Christian School

Kesan pertama dari sekolah ini, ketat banget penjagaannya. Gerbang masuk sekolah selalu ditutup dan dijaga satpam. Sekolahnya lumayan besar, ada playground di luar tetapi berdasarkan hasil diskusi dengan gurunya, playground itu jarang dipakai, mungkin hanya sekali dalam 1-2 minggu, karena kegiatannya lebih banyak di dalam kelas.

Ruangan kelas ada arena bermain yang lumayan lengkap, lebih seperti gym tepatnya. Jumlah murid kurang lebih ada 10 anak dengan 2 guru, kelas dimulai dengan circle time, anak-anak bernyanyi dan menari diiringi oleh ibu guru yang pandai bermain gitar dan memiliki suara yang sangat bagus. Selain lagu anak-anak, mereka juga bernyanyi lagu-lagu pujian dan diakhiri dengan berdoa bersama.

Setelah itu guru mengeluarkan CD, agak kaget juga saya, karena mereka ada waktu sendiri untuk menonton TV, yang ditonton adalah CD Baby Einstein. Saya bertanya kepada salah satu guru, apa tujuan mereka menonton TV, katanya untuk memperkenalkan anak kepada kata-kata baru, dan CD yang ditonton disesuaikan dengan tema, saya sempat melirik tempat penyimpanan CD-nya ternyata banyak juga, selain Baby Einstein ada juga Elmo dan Barney. Kegiatan ini berlangsung selama 15 menit, kemudian dilanjutkan dengan mewarnai dan snack time. Menurut saya, snack timen-ya terlalu sebentar. Kyra belum selesai menghabiskan bekal sederhana (baca: omelet keju saja, hehe) yang dibuat sendiri oleh saya, tapi gurunya sudah menyuruh untuk menutup tempat makan dan bergabung dengan teman-teman yang lain untuk story telling. Reaksi Kyra: “Gak mau, Miss. Kyra belum selesai makan!”

Alamat :

Jl. Kelapa Gading Selatan, Sektor IIA Blok HA No. 1

Gading Serpong, Tangerang

Telfon. 021 – 547 4343

 

Sekian perjalanan Kyra mencari sekolah. Sekarang Kyra sudah punya sekolah pilihan. Sekolah tersebut dipilih bukan karena yang terbaik tetapi karena cocok dan sejalan dengan Kyra juga kami, orangtuanya. Banyak hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih sekolah, kadang sudah dapat yang cocok tapi terkendala dengan faktor jarak atau biaya. Semoga sharing-nya berkenan,  happy hunting, moms!

*Dikirim oleh Ervina Sumitro (@Vinasumitro), ibu dari Kyra (2 tahun 5 bulan)

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan