Berapa Banyak Susu yang Dibutuhkan?

by: - Wednesday, June 1st, 2011 at 8:00 am

In: Breastfeeding non-ASI 104 responses

0 share

Masih banyak banget wanita (terutama ibu baru) yang kemakan’ omongan “ASI-nya kurang ya, kok bayinya nangis terus?” atau “ASI-nya sedikit, jadi nggak bisa stok, deh”, dan banyak lagi komentar mengenai jumlah susu yang harus dikonsumsi oleh bayi.

Nah, kalau tahun lalu kita membahas tentang perlu atau tidaknya minum susu maka dalam rangka Hari Susu Sedunia yang jatuh pada hari ini, kita bahas tentang berapa, sih, jumlah ASI ataupun susu yang dibutuhkan mulai dari newborn hingga toddler.

  • Untuk bayi ASI eksklusif, “hitungannya” ternyata mudah sekali. Bagi 25 oz (sekitar 750 ml) dengan perkiraan berapa kali si kecil menyusu dalam sehari. Misalnya, waktu Langit masih ASIX, saya perkirakan dia menyusu sekitar 10 kali dalam sehari. Berdasarkan kalkulator yang tersedia di kellymom.com, Langit meminum ASI rata-rata 75 ml per sesi menyusui.
  • Untuk bayi yang baru berumur sehari, mereka hanya membutuhkan 5-7 ml alias setengah sendok teh sekali minum ASI! Makanya kalau mommies yang baru melahirkan mengeluh soal betapa sedikitnya ASI yang keluar … ya memang sekian jumlah yang dibutuhkan si kecil. Jadi tak perlu khawatir, moms.
  • Bayi berusia 3 hari, membutuhkan 22-27 ml sekali minum. Pelajaran lagi, nih, moms, saat masih di rumah sakit sekali mompa ASI saya cuma dapet 15-20 ml. Sempat diremehkan, sih, mana cukup segitu? Tapi memang ternyata itu yang dibutuhkannya. Bayi usia 3 hari kan kecil, ya, kebayang kan lambungnya sebesar apa?
  • Bayi berusia seminggu diperkirakan membutuhkan ASI sebanyak 45-60 ml dalam satu kali sesi menyusu. Di usia ini, kebutuhan bayi meningkat, selamat datang di growth spurt pertama dalam hidup si kecil, ya, moms!
  • Bayi usia sebulan kebutuhannya sekitar 80-150 ml. Nah, di usia ini, biasanya baik ibu ataupun anak sudah tidak canggung lagi untuk menyusu. Bagi ibu bekerja, ini adalah yang tepat untuk mulai latihan memerah ASI, mencari metode yang tepat, dan mulai menyimpan ASI perah (ASIP) untuk nanti ditinggal bekerja.
  • Setelah anak mengenal makanan pendamping ASI (MPASI), yang perlu diingat oleh mommies adalah anak masih tetap butuh ASI. Judulnya saja “makanan pendamping”  artinya ya bukan pengganti :). Di usia 7 bulan, kebutuhan ASI anak biasanya mencapai 800 ml atau sekitar 93 persen dari total kebutuhan asupan gizi anak. Sementara usia 11 bulan keatas, kebutuhan ASI-nya menurun. Hanya sekitar 550 ml saja.
  • Untuk toddler atau balita, sebaiknya tidak mengonsumsi susu lebih dari 600-700 ml per hari. Konsumsi susu berlebih bisa mengakibatkan konstipasi atau bahkan anemia akibat kekurangan zat besi. Ini karena sifat susu yang menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh.

Nah, mudah-mudahan membantu, ya, moms! Sementara untuk yang anaknya sudah balita atau lebih tapi tidak suka minum susu, hal ini bukan menjadi masalah. Nutrisi susu bisa diperoleh dari sumber lainnya :).

Share this story:

Recommended for you:

104 thoughts on “Berapa Banyak Susu yang Dibutuhkan?

  1. Pingback: Anastasia Lumiu
  2. Pingback: Alfa Kurnia
  3. Pingback: Ana Ersam
  4. Pingback: cindy cayadi
  5. Pingback: sartika syam
  6. Pingback: Hanifa Ambadar
  7. Pingback: Mommies Daily
  8. Pingback: astudestra ajeng
  9. Pingback: margaret christina
  10. Pingback: Ana Ersam
  11. Pingback: Swany
  12. Pingback: Anggie - mamAthar
  13. Pingback: Dini Setiawan
  14. Pingback: Ranny Apriliani
  15. Pingback: Irina Dewi
  16. Pingback: Arindita Syahraki
  17. Pingback: AdiNala
  18. Pingback: rizka_icha
  19. Pingback: Tika YS
  20. Pingback: DYAS FATIMAH
  21. Pingback: online baby shop
  22. Pingback: Novi Indah
  23. Pingback: Mommies Daily
  24. Pingback: isma
  25. Pingback: amelia yustiana
  26. Thank u for sharing, lit.. Informasinya berguna bgt utk gw yg jd ibu baru.. Btw, anak gw baru seminggu tp sepertinya minum ASInya bisa 75ml sekali minum.. Alhamdulillah senang sih, insyaAllah ASInya jg berlimpah, krn dah mulai nyetok.. :)

    1. Iya yul, basic-nya kan kalo ASIX sesering bayinya minta aja ya. Cuma kadang2 ada yang masih bertanya2, apa cukup ASI-nya? Dst dsb, padahal rule of the thumb yang dibutuhkan newborn ya sekitar yang ditulis diatas :)
      btw, congrats once again, selamat menikmati amazing journey called: breastfeeding :)

  27. Pingback: linda dwiyanti
  28. Then I should have no worry.. thanks for the article!
    Anak saya 2 tahun hanya minum sekitar 400 – 500 ml susu formula/UHT sehari plus masih ASI. Kalau kebutuhannya hanya 600 – 700 ml, jadi sebenarnya dia sudah mendapatkan susu yang cukup :)

  29. so g mau makan nasi sama sekali,,,masa hanya asi saja bun?susu formula anakku harus d paksa,,gmn bun solusinya,,,coz takut nich,,pertumbuhan dan perkembangannya lterganggu

  30. Thank you artikelnya Lit. Jehan biasanya minum paling banyak 3x ultra mimi, berarti sekitar 375 ml yaa, berarti masih jauh dari jumlah maksimal..phewww!. Gue udah takut aja dia kebanyakan minum susu.

    1. Langit jg paling top 3 biji mimi doang sih, emg mgkn jg ga terlalu doyan susu ya, dia lbh ngefans sm yoghurt dan keju :D

    1. U are welcome, silakan di share ke teman2nya ya semoga bs membantu biar makin banyak ibu yg ga bingung/ kemakan omongan “asi kurang” dst :)

  31. salam kenal. trm ksh utk infonya ya. baby-ku udah 5 bln skrg. awalnya sih sempet ga pedhe dgn produksi ASI sndr. khawatir klo kurang. tp krn udah brtekad utk ngasih ASIX jdnya hajar aja. apalg baca buku klo produksi ASI tuh scr otomatis menyesuaikan dgn prmintaan. jd smakin srg diberikan, smakin bnyk pula produksinya. akhirnya stiap baby-ku minta ya kukasih aja. stelah baca artikel ini jd makin pede :) izin share ya. tq

  32. Dear momnya Langit…
    kalo Langit makan keju, keju lembaran bukan?
    lalu, kalau makan yoghurt, boleh tolong sebutkan yoghurt plain atau yang ada rasa?
    sebagai acuan buat anakku hehehehe…anakku ingin kuberi yoghurt tapi bingung yg plain nanti terlalu asam…
    thanks mom!xxx

    1. Iya mom, makan keju lembaran/ blok :D kadang digadoin, seringnya jg dicampur ke menu makanannya. Kalo yoghurt, spt kata mom Ayu dibawah, bikin sendiri tentu lbh baik. Tapi tenang, saya nggak bikin sendiri kok wong ga bisa :p dulu awal2 pake petit miam/ apa itu 1 lg yg bwt baby, skg pas udh gede sih pake yummy jg gpp.

  33. Maaf ikutan ya.Untuk Mba Trisiakeren, untuk infant atau todddler baiknya diberi yogurt yg wholemilk dan plain dan tidak mengandung tambahan lain selain lactobacillus. Di Indonesia mungkin masih jarang dan mahal sekali yg jual yg benar2 plain dan tidak terlalu asam rasanya. Kalau mau bisa dicoba buat sendiri aza Mba susu dicampur sedikit starter yogurt yg mengandung lactobacillus (dipanaskan dgn temperatur 108-112Fahrenheit) selama 4-8 jam(semakin lama semakin kental dan asam)bisa pake termos.kl udah langsung didinginin untuk mencegah jadi lebih asam. bisa disimpen sekitar 10 harian di kulkas dan pas mau dimakan bisa ditambahin sedikit madu atau buah2an yg diblender halus utk sedikit pemanis dan nutrisi tambahan.

  34. fiuhh lebih tenang baca artikel ini, thx yaa :) anakku juga seneng bgt makan keju lembaran dan yoghurt, tp ga mau UHT apalagi sufor. cukup ngga sih kira2? soalnya utk sehari satu kotak mimi aja kadang ngga habis, ak takut kurang utk pertumbuhannya walaupun makan kej dan yoghurt nya kenceng. Tp msh asi sih, skr umur 20 bln..

    1. Tenang aja mbak, sebenarnya kebutuhan akan gizi yang dikandung sm susu kan bisa digantiin sama yg lain. Apalagi kalau masih ASI, lanjutkan aja :)

  35. Pingback: kirana
  36. good article,,
    tapi anak gw susunya kenceng bener mba,, makan juga seabreg *hayah..
    Lio 15bln, sehari mikcu bisa 6-7x200ml.. makan 3kali sehari (semangkok baso), buah 1x sehari..
    tp bb nya standar siyh, cuma emng aktif sekali.
    kebanyakan ga siyh segitu ?? cara ngurangin susu nya gimana yah? tkt kekurangan zat besi niyh jdnya, ada tanda2kah?
    tks

    1. 6×200 kan udh 1200 ya mom, sementara rule of the thumb-nya max 600an sehari. Coba aja kurangi sedikit2 ganti dengan cemila misalnya buah/ puding, dll

    1. Kalau susah makan, sebaiknya jangan digantikan dengan susu mom, nanti malah nggak mau makan karena keburu kenyang. Mendingan ganti menu makan/ kasih cemilan2 yg padat gizi :)

  37. haloo langittt… ih langit ini model bgt deh…cakeb dri berbagai sisi dan berbagai pose… Btw langit sama deh susunya ama rakan! Toss! Btw ini artikel kudu bgt di print kasih ke nyokap gue yang masih aja ngerutin alis klo tau rakan sehari ‘cuma’ minum 3 mimi ultra ..or sehari cuma abis 1 kotak ultra plain yang 250 ml.. *elusdada*:)

    1. kira2 sehari berapa ml, mom? Lihat aja artikel diatas deh, nanti bisa dikira2 sendiri kok :)

      Kalau sudah terlalu banyak minum susu, biasanya anak memang cenderung makannya sedikit. Nah bahayanya, kalau makan nggak mau, nanti malah dia nggak dapet gizi dari asupan lainnya kan :)

  38. Pingback: Mommies Daily
  39. Pingback: Selly
  40. Pingback: Amie
  41. Pingback: nadya triyuliandra
  42. Pingback: Rebebekka
  43. Pingback: Selly
  44. Pingback: eRnie
  45. Pingback: wenny retnosari
  46. Pingback: Dyas Fatimah
  47. Pingback: Mommies Daily
  48. Pingback: Dina Adesa
  49. Pingback: Candra Wibawa
  50. Pingback: Mommies Daily
  51. Pingback: haris pramono
  52. Pingback: Shinta Dewi RS
  53. Pingback: teti novitasari
  54. Pingback: naniek soer
  55. Pingback: Rifky Indriarto
  56. Pingback: Rifky Indriarto
  57. Pingback: Mommies Daily
  58. Pingback: eris dwi astarini
  59. Pingback: Mommies Daily
  60. Pingback: Arum Siti Erinna
  61. Pingback: Arum Siti Erinna
  62. Pingback: Arum Siti Erinna
  63. Thanks for your Informaion Mom,(Mrs) nenglita….

    Hmmmmm Ternyata ASI dan makanan untuk asupan gizi dan formulasi tumbuh kembang anak memang harus benar-benar diperhatikan.

    Info yang bermanfaat, semoga tidak hanya Ibu, tetapi semua orang tua perlu membaca postingan ini :)

  64. Pingback: lita iqtianti

Leave a Reply