Berapa Banyak Susu yang Dibutuhkan?

Masih banyak banget wanita (terutama ibu baru) yang kemakan’ omongan “ASI-nya kurang ya, kok bayinya nangis terus?” atau “ASI-nya sedikit, jadi nggak bisa stok, deh”, dan banyak lagi komentar mengenai jumlah susu yang harus dikonsumsi oleh bayi.

Nah, kalau tahun lalu kita membahas tentang perlu atau tidaknya minum susu maka dalam rangka Hari Susu Sedunia yang jatuh pada hari ini, kita bahas tentang berapa, sih, jumlah ASI ataupun susu yang dibutuhkan mulai dari newborn hingga toddler.

  • Untuk bayi ASI eksklusif, “hitungannya” ternyata mudah sekali. Bagi 25 oz (sekitar 750 ml) dengan perkiraan berapa kali si kecil menyusu dalam sehari. Misalnya, waktu Langit masih ASIX, saya perkirakan dia menyusu sekitar 10 kali dalam sehari. Berdasarkan kalkulator yang tersedia di kellymom.com, Langit meminum ASI rata-rata 75 ml per sesi menyusui.
  • Untuk bayi yang baru berumur sehari, mereka hanya membutuhkan 5-7 ml alias setengah sendok teh sekali minum ASI! Makanya kalau mommies yang baru melahirkan mengeluh soal betapa sedikitnya ASI yang keluar … ya memang sekian jumlah yang dibutuhkan si kecil. Jadi tak perlu khawatir, moms.
  • Bayi berusia 3 hari, membutuhkan 22-27 ml sekali minum. Pelajaran lagi, nih, moms, saat masih di rumah sakit sekali mompa ASI saya cuma dapet 15-20 ml. Sempat diremehkan, sih, mana cukup segitu? Tapi memang ternyata itu yang dibutuhkannya. Bayi usia 3 hari kan kecil, ya, kebayang kan lambungnya sebesar apa?
  • Bayi berusia seminggu diperkirakan membutuhkan ASI sebanyak 45-60 ml dalam satu kali sesi menyusu. Di usia ini, kebutuhan bayi meningkat, selamat datang di growth spurt pertama dalam hidup si kecil, ya, moms!
  • Bayi usia sebulan kebutuhannya sekitar 80-150 ml. Nah, di usia ini, biasanya baik ibu ataupun anak sudah tidak canggung lagi untuk menyusu. Bagi ibu bekerja, ini adalah yang tepat untuk mulai latihan memerah ASI, mencari metode yang tepat, dan mulai menyimpan ASI perah (ASIP) untuk nanti ditinggal bekerja.
  • Setelah anak mengenal makanan pendamping ASI (MPASI), yang perlu diingat oleh mommies adalah anak masih tetap butuh ASI. Judulnya saja “makanan pendamping”  artinya ya bukan pengganti :). Di usia 7 bulan, kebutuhan ASI anak biasanya mencapai 800 ml atau sekitar 93 persen dari total kebutuhan asupan gizi anak. Sementara usia 11 bulan keatas, kebutuhan ASI-nya menurun. Hanya sekitar 550 ml saja.
  • Untuk toddler atau balita, sebaiknya tidak mengonsumsi susu lebih dari 600-700 ml per hari. Konsumsi susu berlebih bisa mengakibatkan konstipasi atau bahkan anemia akibat kekurangan zat besi. Ini karena sifat susu yang menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh.

Nah, mudah-mudahan membantu, ya, moms! Sementara untuk yang anaknya sudah balita atau lebih tapi tidak suka minum susu, hal ini bukan menjadi masalah. Nutrisi susu bisa diperoleh dari sumber lainnya :).


104 Comments - Write a Comment

Post Comment