Perjalanan Trial Kyra di 10 Sekolah (II)

Sesuai janji di artikel sebelumnya yang berisi pengalaman saya di 4 sekolah yang pertama, sekarang saya ingin berbagi pengalaman lagi di 3 sekolah berikutnya .…

Kiara Karitas Montessori

Kiara karitas ini satu–satunya sekolah Montessori yang dijajaki Kyra, secara keseluruhan fasilitas di Kiara Karitas ada indoor playground dan perpustakaan. Ruangan kelasnya sangat besar dan mainannya banyak sekali, karena mereka menggunakan metode Montessori di mana setiap anak yang menentukan sendiri dan diberi kebebasan untuk mengeksplorasi semua mainan yang ada.

Alat peraga yang ada merupakan alat peraga kebutuhan sehari–hari, seperti ulekan, wajan, makaroni, parutan keju lengkap dengan kejunya, juga sapu yang semuanya dalam bentuk mini, Setiap kelas dibagi menjadi 3 kelompok umur: nursery (1,5 – 3) dan toddler (3 – 5 ).

Per term (3 bulan) mereka memiliki tema, dari tema ini yang kemudian akan dikembangan dalam pelajaran sehari–hari. Jumlah anak kurang 8 orang dengan 3 guru. Kelas dimulai dengan circle time, anak-anak bernyanyi dan menari bersama, kemudian berdoa. Oh ya, dalam kelas ini paling kecil berumur 18 bulan dan paling besar 3 tahun.

Setelah selesai, anak – anak diberi kebebasan untuk memilih sendiri aktivitas dan mainan yang mereka inginkan.  Ada anak-anak yang langsung memilih mainannya, ada juga yang melamun saja sembari duduk-duduk atau mengikuti anak yang lain. Jika ada anak yang sudah memilih mainan atau aktivitas yang ingin dilakukannya, guru akan mendampingi, memberi arahan. Untuk anak – anak yang sudah mengerti bagaimana memainkannya, biasanya guru akan mengeksplor lebih jauh, misalnya Kyra mengambil bentuk, guru akan bertanya bentuk apa saja, kalau belum tahu akan diajari. Kalau anak sudah tahu guru akan bertanya hal lain, seperti berapa jumlah bentuk, warna, contoh benda yang mirip dengan bentuk tersebut. Guru menjelaskan ke saya bahwa mereka tidak selalu setiap saat mendampingi anak-anak, bagi anak yang dianggap sudah mampu, maka guru akan membiarkannya main sendiri. Tujuannya agar anak tersebut mandiri, dan bisa menjadi pemimpin. Karena biasanya kalo ada anak yang asyik main sendiri, anak yang lebih kecil sering mendekati dan berusaha belajar dari mereka, di sinilah mereka diajarkan untuk menjadi pemimpin.

Alamat

Jl. Permata Sari blok B-17 No. 16,18

Villa Pertama, Lippo Karawaci – Tangerang 15810

 

Sekolah Harapan Bangsa

Sekolah harapan bangsa ini mengedepankan konsep multiple intelligence, yaitu kemampuan berbahasa, kemampuan olah tubuh, kemampuan spasial dan kreativitas, kemampuan menerima diri sendiri dan orang lain, kemampuan mengenal alam dan lingkungan serta mempertebal iman anak sesuai dengan agamanya masing-masing.

Sekolahnya besar sekali, plusnya adalah tiap kelas berada di gedung yang berbeda. Jadi tidak tumplek jadi satu. Fasilitas SHB di antaranya playground outdoor dan indoor yang cukup besar menurut saya. Ruang bermain (ruang Montessori disebutnya), ruang musik, ruang kelas untuk Mandarin dan Inggris. Ruangan kelasnya lumayan besar, tetapi mainan di dalam kelas tidak terlalu banyak, karena untuk jam bermain biasanya mereka akan menggunakan ruang khusus bermain (ruang Montessori). Kamar mandi dan wastafel berada di dalam ruangan, jadi cukup memudahkan untuk anak-anak yang dalam proses toilet training.

Anak-anak yang berumur 2-3 tahun (termasuk Kyra) tergabung dalam kelas Kiddy club. Kelasnya seminggu 3 kali dari pukul 07.30-09.30. Dalam 1 kelas terdapat kurang lebih 12 murid dengan 3 orang guru.

Aktivitas hari Rabu ada kelas bahasa Inggris, di sini anak-anak dibacakan sebuah cerita dan diperkenalkan dengan kosa kata baru oleh native speaker teacher. Kemudian bermain di ruang main, dan terakhir snack time. Sementara hari Jumat ada kelas bahasa Mandarin. Lucu sekali mendengar pertanyaan Kyra, “Mami,  mereka ngomong apa?”, jadi bingung juga saya jawabnya, karena di rumah kami tidak ada yang berbicara dalam bahasa Mandarin. Untuk kelas Kiddy Club setiap 2 minggu sekali ada kelas berenang.

Uniknya, setiap April dan Mei SHB memberikan free trial selama 1 bulan penuh,  tanpa dikenakan biaya sama sekali. Kita bisa mengikuti kelas seminggu 2 kali (Selasa dan Kamis) dari pukul 8.00 – 10.00 selama sebulan penuh. Selama saya di sana, saya sempat melihat jadwal kegiatan playgroup, ternyata banyak sekali kegiatan yang menarik. Mereka ada book fair, pertunjukan rutin, kunjungan dokter gigi, dokter hewan, field trip dan masih banyak lagi.

Alamat :

Jl. Pulau Putri Raya Kav.10

Kota Modern, Tangerang 15117

Telfon. (021) 552 9510  , Fax. (021) 552 9512

Wesite : www.harapanbangsa-tng.sch.id

 

Sekolah BPK Penabur

Sekolah BPK Penabur mungkin tidak asing lagi bagi sebagian orang, BPK Penabur ini berada di Gading Serpong. Sekolahnya jangan ditanya lagi, besaaaar sekali. Sayangnya kelas playgroup dan primary gedungnya digabung, jadi ramai sekali. Fasilitasnya ada indoor playground, sepertinya agak jarang dipakai. Di sini mereka menyediakan sandal untuk anak-anak, jadi ketika aktivitas di luar kelas mereka pakai sandal yang disediakan oleh sekolah. Tidak banyak yang bisa saya share tentang BPK Penabur, karena pada saat trial mereka sedang ada acara, jadi murid dan guru-gurunya kurang fokus.

Secara keseluruhan metode pembelajaran hampir sama, dimulai dengan circle time, kemudian mewarnai, dan bermain motorik (menangkap bola). Di kelas 2-3 tahun ini, anak-anak boleh ditemani oleh satu orang pendamping. Snack disediakan oleh pihak sekolah.

Alamat :

Jl. Kelapa Gading Barat Raya Blok BPK Penabur

Gading serpong – Tangerang

Telfon. (021) 546 7830

Sudah 7 sekolah kami coba, tapi ternyata masih belum ada yang sreg juga. Tunggu di artikel berikutnya ya, moms!

*Dikirim oleh Ervina Sumitro (@Vinasumitro), ibu dari Kyra (2 tahun 5 bulan)


15 Comments - Write a Comment

  1. God bless kyra and mami vina..articlenya bermanfaat bangets! Mudah2an kyra nemu sekolah yang paling sesuai yɑ! Btw, sebelum cari sekolah ini kyra ga pernah skolah2 untuk bɑby♡ gitu yɑ? Kl pernah, boleh dong reviewnya mami vina…hihihhihi..*ngelunjak*

  2. wow mommy kyra, thanks yah buat reviewnya. membantu sekali. kebetulan lagi cari-cari sekolah di sekitar karawaci sih hehehe tapi dipikir2 mau masuk tahun depan aja pas Chaka umur 3 tahun.
    hari ini abis dari Sekolah Terpadu PAHOA, Gading Serpong. ternyata ga boleh trial disana hiks…hiks…

  3. Pinceh,gue br buka mommiesdaily lg stlh skian lama. Baru tau lu nulis artikel disini. Bused dah, 10 skolah? Rajin benerrr.. Smoga ktmu skolsh yg cocok ya utk kyra. Anyway, abis ini request review sekolah-sekolah di bogor yak pin, hehe

Post Comment