Sikat Gigi yang Baik dan Benar

Mungkin selama ini mommies sudah merasa benar menyikat gigi si kecil, coba yuk kita simak penjelasan drg. Ivonne Teguh Sentosa mengenai menyikat gigi yang baik dan benar.

I. Pegang sikat gigi dengan cara menggenggam, 45 derajat terhadap permukaan gusi atau permukaan gigi


II. Gosoklah permukaan gigi dan gusi dengan kekuatan sedang (tidak boleh keras-keras karena akan melukai gusi dan gigi menjadi terkikis)

III. Bersihkan permukaan gigi bagian depan (posisi rahang atas dan rahang bawah terkatup) dengan gerakan vertikal yang diulang secara cepat sehingga membentuk gerakan memutar (permukaan senyum gigi seri, gigi taring, gigi premolar sampai gigi geraham atau permukaan gigi geraham yang menghadap bagian dalam pipi). JANGAN menggosok permukaan gigi tersebut dengan gerakan horizontal ke kanan dan ke kiri, karena gusinya bisa turun.


IV. Bersihkan permukaan kunyah gigi dengan gerakan horizontal yang digerakan ke depan dan ke belakang (jangan lupa permukaan kunyah gigi terdiri dari fissure atau ceruk- ceruk gigi yang cukup dalam, jadi perhatikan daerah ini jangan sampai ada sisa makanan yang masih terselip)


V. Bersihkan permukaan dalam gigi dengan gerakan mencongkel keluar (bagian permukaan gigi yang dekat langit- langit dan permukaan bawah lidah).

VI. Ulangi gerakan II- V secara continue sebanyak tiga kali yang dilakukan masing- masing selama setengah menit.

VII. Jangan lupa, gusi juga perlu disikat yah, supaya peredarah darah menjadi lancar.

VIII. Yang terakhir, bersihkan permukaan lidah, karena lidah terdiri dari banyak papil. Sisa makanan sering ngumpet di papil- papil lidah tersebut.


23 Comments - Write a Comment

  1. TFS ya Jeng Ivone (sok ikrib). Selama ini gue selalu bingung dengan metode menyikat gigi yang baik untuk Nadira. Soalnya gusi gue kan gampang berdarah, jadi takutnya Nadira juga gitu. Dan selama ini nyikat giginya Nadira selalu pelan-pelan, tapi kemarin agak berdarah lho. Haduh, gimana ya?

  2. walopun metodenya udah bener kita emg tetep harus pinter milih sikat gigi, gak boleh asal, trakhir aku bli sikat gigi yang hargany dibawah 10rb, maklum deh anak kost….tapi ternyata kita emang ga boleh pelit buat perawatan penting kayak bgini, gusiku jadi berharah, n suka sakit gusi n kulit pi2ku karna bagian ujung tuh sikat. akhirnya aku ganti deh ama oral b yang bulu halus n bisa menjangkau ampe geraham blakang, n skrang udah ga ada lagi gusi berdarah.mahaln dikit kenapa tidak bukan?

  3. lyana, jadi gusi berdarah sebabnya apa dong? gue kira berdarah ini emang bawaan gusi gue yang sensitif. ternyata bisa dicegah dengan sikat gigi yang bagus ya? hmm nanti coba gue beli deh

  4. @ira (panggilnya sok akrab jg :P )
    Penyebab gusi berdarah itu muacem2lohh,sudah cek Drg mengenai karang ggnya?,atau metode menyikat gg yang salah,atau sistemik Ga jeng? CB dicari penyebabnya krn cape jg berdarah terus kl sikat gg, kl yg pualing umum sih biasanya Oral hygienenya kotor jeng, segera cek yah…

    @Lita
    Eke dateng kesini juga makk hahahahaa…

    @lya
    Eh jeng gw Ada rekomen sikat gg nihh, murahh meriah pulakk, kita para Drg suka bgt sama bahannya yg Apa yahhhhh namanya,kaya karet gt,kl yg mau tau YMgw yahh.. Ymnya Ada di FD (nahh maen2 ke FD juga) *karena Ga mau sebut merek,tar merek yg Ga dsebut ngiri lg :)
    @mega,bisa juga sensi jeng tp carilqh penyebabnya,kl emang bs dihindari knp tidak

    Semoga membantu moms..:)

  5. mo tanya info nih. sebaiknya umur brp ya anak kecil mulai sikat gigi pake odol.. slama ini anak’ku JOJO umur < 15 bln masi pake sikat yg dimasukin ke jari tangan.. tq infonya :D

  6. @Dewi
    Batasan pake odol banyak sekali pendapatnya, kl sy termasuk yg ikut prinsip dikala gigi anakmu sudah Ada, itu perlu dibersihkan pake odol. Tetapi jgn heran juga Ada pendapat dari Drg2 yang tidak menyarankan pake odol, ini berkaitan dengan fluor dsb, tapi coba moms googling, menurut sy *bukan sy menyangkal yah,ini hanya opini sy, mengenai fluor itu diluat negri yang memang kadar Dan asupqa fluornya sangat memadai Dan dianggap berlebih. Nah tidak sama loh dengqn di Indonesia. Tetapi karena bnk juga mommies yang masih kuatir tentang Hal tersebut, maka sy ambil jalan tengahnya, dengan sikat gigi pakai Toothmouse. TM ini sebenernya bukan odol tapi vitamin gg, nah spy mommies Ga tkt mengenai odol tertelan Dan mengenai masalah fluor, jalan tengahnya dengan TM *ini hanya saran yah, sy tidak blg harus sikat gigi dengan TM
    Semoga membantu mom Dewi, ayoo segera kasi Jojo buat pegang2 sikat gg bertangkai :)

  7. Mbak Ivonne, mau nanya nih.
    Alin, anak saya, usia 2,5 tahun. Sudah sejak dia ultah yang ke-2, setiap mandi dan mau ganti baju bobo, selalu sikat gigi (ngajak dan ngajarinnya mirip banget sama iklan Papa & Adi-nya salah satu merek pasta gigi di TV, tapi kalau kita diganti jadi Bunda & Alin he..he..he..). Sudah bisa nyikat gigi depan, cuma masih kagok kalau nyikat pinggir2 gigi (geraham belakangnya jg belum tumbuh). Sudah bisa kumur-kumur dengan benar juga. Cuma masalahnya, sampai sekarang dia belum mau dipakaikan pasta gigi. Padahal sudah dibelikan yang ada rasanya (punyanya Pigeon). Saya juga sudah contohkan pakai pasta gigi, tapi tetap ngga mau. Ada tips yang bisa di-share kah? Nuhun… :)

  8. @mita
    Padahal rasa2 odol yg variasi biasanya anak suka yah mom yah,hmmmm.. Dl wkt aku masih kerja disekolah jg pernah menghadapi anak spt ini *usiqnya lebih gede lg, sy si jelasin kedia sama halnya spt kita mandi kqn pakai sabun,tapi si sabun Ga boleh ditelan kan, cuci baju kan pakai sabun juga, sama halnya spt gg kita supaya memberantas kumannya bisa mati semua kita harus pakai sabun, nahhh buat gg sabunnya adalah odol tp kamu Ga boleh telan yahhh.. Aku sih gt mom
    Anak 2.5thn uda nangkeplah dikit2, semoga membantu ya jeng mita :)

  9. Mbak Ivonne,

    Mungkin sayanya harus lebih bersabar ya. Pelan-pelan ngejelasinnya ya.

    Btw, gara-gara mbak Ivonne cerita tentang berantas kuman, saya jadi ingat awalnya Alin jadi lebih rajin gosok gigi. Dia mulai belajar sikat gigi dari beberapa bulan sebelum ultah ke-2 nya, cuma masih angin-anginan kalau diajak. Nah, kebetulan beberapa saat setelah ultah, pas lagi jalan2 di gramedia, ngelihat ada buku (penerbit Erlangga kalau ngga salah) yang ceritanya tentang menggosok gigi dan mencuci tangan. Buku buat toddler, jadi gambarnya besar-besar dan banyak. Saya beli, bawa pulang dan dilihat2 Alin sambil emaknya ngarang cerita he..he..he.. Ada gambar2 kuman juga disitu (gambarnya kayak setan bertanduk yang lucu2 itu). Nah, dari situ, setiap mau gosok gigi, saya ngajak awalnya pasti bilang, “Alin, bunda mau gosok gigi, biar kumannya pada lari” dan Alin akan segera menjawab, “Alin duda sok igi….(read:Alin juga gosok gigi)” (sambil ngacir ngikutin saya) he..he..he.. Sejak itu, jadi lebih rajin sikat giginya :D

  10. @mita
    Hahahahaaa… Iyahhh si basil Dan si kokus kl dicrita anak2 Ada tanduknya,yeeeaayyy Alin hebatt, iyahhh jelasinnya musti sabar Dan diulang2 jeng, tetap semangat yahhh…:)

  11. Bu dokter.. :D
    anak saya 20m sudah mau sikat gigi. ya walaupun sikat giginya masih acak adul :p di pakein odol jg dia mau. tp ya ditelen gt. jd masalah ga ya? kebetulan saya pake pepsodent anak rasa strawberry. nah, kalo toothmouse itu sendiri apa ya, Mbak Ivonne? odol gt kah? trus bisa beli dmn ya?
    oia ada lagi, Bu dokter (maap ya bawel :p) sikat gigi yg di rekomenin sm Mbak Ivonne apa ya? saya mau nyari YM-nya ga ketemu2 :((
    makasih banyak, Bu dokter ;)

  12. @sineeya
    Permasalahan odol cb mom baca2 artikel2 sy sebelumnya, commentnya bannyak mommies bahas ttg odol mom,
    Intinya tertelan bukan ditelan :)
    TM vitamin gigi, bukan odol, itu alternative saja untuk latihan anak meludah,Dan supaya sikat gg nay jd menarik dengan aneka rasa TM,
    Mom bs baca di:
    http://femaledaily.com/showthread.php?t=3106&page=17
    Sister forum nya MD yg kebetulan barusan bahas TM, di artikel2 sebelumnya juga sudah pernah dibahas mom :)
    Mengenai sikat Gigi, sy ga mau sebut merek yahh :) mom pilih sesuai dengan kriteria terbaik mengenai pemilihan sikat Gigi:
    -kepala sikat kecil sehingga bisa masuk ke dareah pip yang sempit
    -bull sikatnya halus Dan lembut
    -Gagang sikat Judah Dan nyaman untuk dipegang menyikat gigi
    Oiyah jangan lupa bersihkan lidahnya jg yah
    Semoga membantu :)

Post Comment