Sikat Gigi yang Baik dan Benar

Mungkin selama ini mommies sudah merasa benar menyikat gigi si kecil, coba yuk kita simak penjelasan drg. Ivonne Teguh Sentosa mengenai menyikat gigi yang baik dan benar.

I. Pegang sikat gigi dengan cara menggenggam, 45 derajat terhadap permukaan gusi atau permukaan gigi


II. Gosoklah permukaan gigi dan gusi dengan kekuatan sedang (tidak boleh keras-keras karena akan melukai gusi dan gigi menjadi terkikis)

III. Bersihkan permukaan gigi bagian depan (posisi rahang atas dan rahang bawah terkatup) dengan gerakan vertikal yang diulang secara cepat sehingga membentuk gerakan memutar (permukaan senyum gigi seri, gigi taring, gigi premolar sampai gigi geraham atau permukaan gigi geraham yang menghadap bagian dalam pipi). JANGAN menggosok permukaan gigi tersebut dengan gerakan horizontal ke kanan dan ke kiri, karena gusinya bisa turun.


IV. Bersihkan permukaan kunyah gigi dengan gerakan horizontal yang digerakan ke depan dan ke belakang (jangan lupa permukaan kunyah gigi terdiri dari fissure atau ceruk- ceruk gigi yang cukup dalam, jadi perhatikan daerah ini jangan sampai ada sisa makanan yang masih terselip)


V. Bersihkan permukaan dalam gigi dengan gerakan mencongkel keluar (bagian permukaan gigi yang dekat langit- langit dan permukaan bawah lidah).

VI. Ulangi gerakan II- V secara continue sebanyak tiga kali yang dilakukan masing- masing selama setengah menit.

VII. Jangan lupa, gusi juga perlu disikat yah, supaya peredarah darah menjadi lancar.

VIII. Yang terakhir, bersihkan permukaan lidah, karena lidah terdiri dari banyak papil. Sisa makanan sering ngumpet di papil- papil lidah tersebut.


23 Comments - Write a Comment

  1. @sineeya
    Permasalahan odol cb mom baca2 artikel2 sy sebelumnya, commentnya bannyak mommies bahas ttg odol mom,
    Intinya tertelan bukan ditelan :)
    TM vitamin gigi, bukan odol, itu alternative saja untuk latihan anak meludah,Dan supaya sikat gg nay jd menarik dengan aneka rasa TM,
    Mom bs baca di:
    http://femaledaily.com/showthread.php?t=3106&page=17
    Sister forum nya MD yg kebetulan barusan bahas TM, di artikel2 sebelumnya juga sudah pernah dibahas mom :)
    Mengenai sikat Gigi, sy ga mau sebut merek yahh :) mom pilih sesuai dengan kriteria terbaik mengenai pemilihan sikat Gigi:
    -kepala sikat kecil sehingga bisa masuk ke dareah pip yang sempit
    -bull sikatnya halus Dan lembut
    -Gagang sikat Judah Dan nyaman untuk dipegang menyikat gigi
    Oiyah jangan lupa bersihkan lidahnya jg yah
    Semoga membantu :)

Post Comment