Menyusui Lebih dari Dua Tahun, Kenapa Tidak?

‘Yang bener??! Jehan masih nyusu?? Serius looo? Kan batesnya dua tahun aja Han’

Seriing sekali saya mendapat komentar seperti itu ketika teman ngobrol tau kalo saya masih menyusui Jehan walaupun umurnya sudah lewat dua tahun. Saya sih sudah biasa dapat komentar seperti itu dan meresponnya sesuai mood saya saat itu walaupun sering juga sih pengen bilang…

NEWS FLASH lady

“A recent review of evidence has shown that, on a population basis, exclusive breastfeeding for 6 months is the optimal way of feeding infants. Thereafter infants should receive complementary foods with continued breastfeeding up to 2 years of age or beyond.” – sumber WHO website

“Nursing toddlers between the ages of 16 and 30 months have been found to have fewer illnesses and illnesses of shorter duration than their non-nursing peers” – Gulick 1986

Dan masih ada beberapa lagi penelitian yang menyatakan beberapa keuntungan dari memberi ASI selama lebih dari dua tahun.

Gerah nggak diberi komentar negatif? Jelas enggak, I feel good about the choice I made, so it doesn’t matter what anyone else is thinking.

Tapi walaupun science is on my side, saya tidak selalu menjelaskan itu kepada yang bertanya-tanya karena memang bukan karena alasan-alasan tersebutlah saya masih tetap menyusui. Alasan saya masih tetap menyusui adalah karena saya tidak mempunyai alasan untuk menyapihnya :D. Atau lebih tepatnya saya tidak melihat adanya dampak negatif dari extended breastfeeding ini, anaknya masih mau dan sayanya juga masih menikmati.  So why the rush?, saya pikir.

(Atau mungkin dalam hati secara tidak sadar saya takut kalo membayangkan  kemungkinan nggak akan mendapat pengalaman ini lagi karena *mungkin* saya nggak akan punya anak lagi #curcol). Kakaknya dulu, Jibran, hanya menyusu sampai setahun saja dan menyapih dengan sendirinya, itupun dia tidak 100% ASI, hanya sekitar 90%. Kalo membayangkan kembali, nyesel rasanya tidak mencoba bertahan untuk memberi dia ASI. Apalagi setelah melihat sendiri keuntungan dari menyusui lebih dari dua tahun ini. Alhamdulillah Jehan jarang sekali sakit. In fact, saya tidak pernah sekalipun membawanya ke dokter untuk berobat karena dia hanya pernah demam dua kali dan batuk/pilek tiga kali. Mungkin ini karena antibodi yang ada di ASI semakin meningkat sesuai dengan lamanya durasi menyusui ya. Padahal asupan makanan Jehan bukan yang paling sehat lho, dan dari segi kebersihan saya juga tipe yang ‘belom lima menit ini :D‘.

Banyak yang berargumen kalo terlalu lama menyusui akan membuat anak manja. Kalo saya sih tidak melihat adanya kecenderungan seperti itu ya. Kalo kemandirian dilihat dari bisa melakukan apa-apa sendiri, tentu Jehan cukup mandiri sampai sering mandi aja maunya sendiri. Tidur pun dia lebih milih untuk di kamarnya *walaupun tengah malem pindah sendiri ke tempat tidur saya*.  Lagipula dalam setahun terakhir ini Jehan hanya menyusu pas sebelum tidur aja, dan itupun hanya di dalam kamar. Saya sering pulang malam dan mendapati dia sudah tertidur lelap, yang tandanya dia tidak tergantung pada mimik untuk bisa tidur. Jadi mungkin satu-satunya alasan dia ingin mimik ya hanya demi kenyamanan saja, dan sebagai ibu tentu salah satu keinginan kita adalah memberi rasa nyaman kepada anak.

Kadang saya juga takjub sih dengan kenyataan bahwa saya masih menyusui Jehan sampai dia berusia tiga tahun *achievement of the year nih :D*, karena memang nggak pernah ada rencana untuk menyusui selama ini. Bahkan saya tidak mengikuti proses IMD, lho. Tapi membaca kegigihan mommies lain di forum sangat berkontribusi untuk membentuk mindset saya tentang ASI. Banyak sekali yang ingin tetap memberikan ASI dan rela memerah ASInya beberapa kali dalam sehari , dan dilakukan setiap hari, di kantor. Beruntung saya tidak perlu memerah setiap hari dan hanya perlu mempunyai persediaan beberapa botol ASIP untuk ketika saya pergi beberapa jam. Walaupun saya juga sempat mengalami sih masa-masa kejar tayang. Pulang jam 12 malam dan harus memerah ASI dulu untuk persediaan besok. Masa-masa itu sangat mengajarkan saya akan persistensi dan determinasi.

Keuntungan lain dari nggak buru-buru menyapih adalah..saya jadi nggak pusing harus mencari tau ke sana ke sini tentang cara-cara menyapih (atau memang saya dasarnya ini pemalas ya :D). Every mom has her own breastfeeding story and it’s been a beautiful journey, why would you want to end it with unnecessary stress?

Hari ini Jehan ulang tahun yang ketiga dan seminggu terakhir udah nggak mimik lagi. Minggu lalu dia beberapa kali menginap di rumah neneknya tanpa mommynya (a milestone :0)..dan entah apa yang ada dipikiran saya besoknya saya  langsung bilang ‘mimiknya lagi sakit niih Je, malem ini nggak mimik dulu yaa‘..dan dia biasa aja. Paling besoknya nanya ‘mimiknya udah sembuh belum?‘. Tapi rasanya dia menanyakan itu lebih karena concern dengan kesehatan saya deh daripada keinginan dia untuk nyusu..hihi *pede*.

Happy birthday Jehan, thank you for giving me three years of opportunity to do what no one else can do for you. I love you little munchkin!!


105 Comments - Write a Comment

  1. Happy Birthday to Jehan,,
    sehat selalu ya..

    inget diri sendiri yang sampe skrg (E umur 32mos) masi santai nyusuin, saya belum rela menyapih, mungkin karena itu E jg masi doyan nenen hahaha :D
    ada temennya hehehe

  2. Awww.. Terharu bacanya, Han! Kalo lo dikenalin ke laki gue, pasti dia amazed deh. Dia kan selalu amazed kalo ada perempuan masa kini dengan dandanan kosmopolitan kayaklo yang mau menyusui anak, even sampe umur 3 tahun *eh ini compliment lho Han :)* Menurut laki gue, perempuan-perempuan kosmopolitan (atau dalam bahasa dia, “gaul”) biasanya nggak akan mau bersusah payah menyusui anak dan mengurus sendiri anak-anak mereka. Temen-temennya banyak yang kayak gitu, jadi cukup buat bikin a certain image in his head of women like you.

    Great job, you two! Oh, and happy birthday to Kakak Jehan. Stay pretty, smart and healthy ya Cantik! :)

    1. Hanzky

      haduuh perempuan kosmopolitan..padahal nulis artikel ini pake daster lho ra..haha. Tapi gue juga pernah kaya suami elo ra..kaget waktu tau bahwa seorang ibu muda yang sering gue temuin, yang rambutnya panjang dan selalu seperti baru keluar dari salon, yang selalu pake makeup lengkap dengan dandangan gaya ternyata….konsultan laktasi. Mungkin dia yang perlu dikenalin ke suami elo Ra..hehehe.

  3. Happy birthday Jehan..semoga selalu sehat, pintar dan bahagia.

    Congrats ya Han..gw juga pengalaman nyusuin si sulung 2,5 tahun, gak pake gerah, gak pake kesel, gak pake nasehat2 itu karena gw mau aja. sesuai waktu ternyata berhenti sendiri. Kalau dibilang bakal manja anaknya, ya engga juga, sulung nya gw cukup mandiri ( usia 13 th sekarang).

    Justru dulu yg gw concern omongan temen2 kantor yg selalu bilang nanti bakal turun itu si buah dada karena kelamaan nyusuin anak. Tapi sampe hari ini (usia 40 tahun) Alhamdulillah ternyata tetap steady di tempatnya, kendor dikit biasalah….thank you push-up bra..hehehehe

    1. Hanzky

      Congrats to you too udah nyusuin sampe 2.5 tahun. Hihi..push-up and wonder bra yaa. Tapi kalo agak kendor itu bukan karena menyusui sih harusnya, kecuali selama ini menyusui dengan posisi yang salah ya. Kehamilan itu lah yang membikin onderdilnya agak turun sedikit..hehehe…

  4. Hepi b’day jehaan *wlopun g kenal hahah tp ttp bangga liat mommy yg 1 ini hebaaaat! Sampe 3tahuuun! Woow..kehabisan kata2 heheh. Ank saya 4bln lg bru 2taun,tp dia nya msi addict sama nenen bundanya hehehe
    Tp yaa biarin ajalah wlopun keinginan saya extended breastdfeeding kdg2 bnyk yg komen2 negatif tp brusaha utk gak mendengarkan aja deh *wlopun kdg2 geraaaah sx!
    Tp menyadari bnyk emak2 yg bsa menyusui lbh 2taun gini jd semangat lg hehehe.
    Trims mommy..sehat2 terus yaaaa ciuuum buat jehan cantik

    1. Hanzky

      Iyaa banyak kok yang menyusui lebih dari 2 tahun, coba deh di Googling..tapi banyak yang diem2 aja karena ya itu..ngerasa dihakimi oleh orang-orang di sekitarnya. Aww thank you ciumnya..kisses back at you :)

  5. nenglita

    aaaah, baca ini gw jadi nyesel nyapih Langit pas 2 tahun han :( bener juga ya, pengalaman menyusui kan cuma ibunya aja yg bisa ngasih, sementara orang lain nggak. mandi, tidur, main, semuanya bisa sm org lain, but not breastfeeding :(
    happy birthday jehan!

  6. waahh…selamat ulang tahun, Jehan cantiikk… :*
    hebaat..masih bisa menyusui…love the thought, “I feel good about the choice I made, so it doesn’t matter what anyone else is thinking”.. :)

  7. “Every mom has her own breastfeeding story and it’s been a beautiful journey, why would you want to end it with unnecessary stress?” —> setuju sangat!! Saya juga kalo udah denger kata ‘menyapih’ atau ada yang tanya ‘gimana sih cara menyapih?’ kok langsung pusing..! Hehe sekarang ini saya baru 1 tahun menyusui Neo, tapi masih tetap seru dan semangat dianya..begitu pun saya :D
    btw Happy Birthday buat Jehan ya mom.. Cantik banget sih tu di fotonya.. :)

  8. Duuuh.. sedih memang mau menyapih anak.. Apalagi kalo ngeliat Raia sangat menikmati dan rileks pada saat menyusui. Tapi melihat kemanjaannya yang semakin menjadi sampai males makan karena mending susu ibu, sepertinya saya harus mulai menyapihnya. 26 April kemarin Raia ulang tahun ke 2. Jadi, kalo pagi sampai sore “dilarang” minum susu ibu. Tapi dasar Raia pintar, kalo udah malam langsung minta peluk dan minta susu. Katanya,”..udah malem, mau susu ibu..” :)
    Kalo malam hari, saya akan terus menyusui Raia sampai dia bosan. And I will miss breastfeeding moments eventually. Beautiful moments…

  9. Han, gue ada temennya! Maika sampe sekarang 33 bulan masih nenen juga. Walo sekarang udah cuman nyusu malem aja dan pas bangun bobok. Kadang2 pas mau bobok siang juga, tapi ga selalu.
    Suka capek emang jelasin ke orang2 kenapa gue masih nyusuin Maika? Lebih sering gue ga mau jawab, toh percuma juga..
    Gue pernah sekali berusaha menghentikan acara menyusu Maika dengan paksa. Gue curhat ama Lita juga tuh.. Karena waktu itu rasanya gue udah ga rela susuin Maika, marah2 bawaannya.. Berhasil 2 hari doank, hasilnya? Maika depresi, gue nangis melulu, plus stress.. 2 hari itu boro2 gue bobok tenang, yang ada gue nangis karena sedih liat Maika stress. Rudy ikutan sedih liat anak dan istrinya depresi. Akhirnya ngobrol dari hati ke hati ama Rudy jam 4 pagi! Dan kami memutuskan akan membiarkan Maika nenen sampe akhirnya Maika memutuskan berhenti sendiri.
    Hati lega sesudah diskusi dan memutuskan meneruskan acara nenen. Sekarang kalo ada yang tanya (protes tepatnya), Rudy pun siap membantu gue :)
    Masih ada masa gue capekk.. Ga mau nyusuin, dan rasanya Maika ga akan bisa berenti nenen, tapi Rudy selalu bilang “Maika udah ngerti koq, dia akan ambil keputusan sendiri”
    Beda ama elo Han, gue sih semangat sekali tiap ada yang cerita ttg sapih menyapih.. Hehehehe… Tapi lebih semangat kalo ada yang nyusuinnya panjang kayak gue.. Hihihi..

    1. Hanzky

      Ya ampun Nopai sampe ngobrol hati ke hati sampe jam 4 pagi :))..Kalo Oki pasti males banget diajak ngobrol sampe pagi tentang susu menyusu deh..hehehehe. Terharu ih jadinya kalo Rudi mendukung gitu Pai. Apalagi elo kan juga belum tau pengen ngasih ade ke Maika apa enggak…jadi daripada nanti akhirnya nggak ngalamin precious moment seperti ini lagi, mendingan dibiarin aja dulu sampe Maika yang memutuskan. Dan yang penting she is growing into a happy, healthy and confident child so that’s mean you’ve been doing the right thing :).

    2. nenglita

      Waah, jd elo belum berhasil pai *minta dikeplak* Gpp lah pai, kadang2 kan ada yang berhasil di kita tp ga berhasil di org lain, begitu juga sebaliknya. Mungkin gw beruntung aja kali di bidang sapih menyapih itu :D

  10. Yayyy! Ngga sendirian tyt… Ken udah 2 thn 2 bln dan I was getting worried ttg sapih-menyapih. Apalagi tiap kali disinggung soal ini ke Ken, dia makin insecure dan kyanya gak rela banget klo sesi menyusuinya diakhiri. I had planned on natural weaning, sempet goyah dan mempertimbangkan untuk menyapih paksa, but now i’m glad i didn’t. Soooo relieved :)
    Thanks Mba Hanzky & happy birthday to Jehan :)

  11. Jehan happy birthday yaa! Wow you got a full 3y breastmilk as gift :D

    *ngacung* baru ini dapet kesempatan bener2 extended breastfeeding tanpa ada yg ngejar2 :D
    d1 sapih 20bln krn d2 lahir sebulan kemudian.
    d2 sapih 26bln krn d3 lahir 4bln kemudian.
    d3 skr 25bln, gw blon ada rencana apa2. dulu pas d2, masuk 2th gue udah mulai softweaning. ngga nawarin tapi klo diminta tetep ngasih. klo yg sekarang, yg ada gw sodor2in gw jejel2in malah wahahahah. padahal nenenin yg ini termasuk yg paling berat jalannya pake gatel2 lah, lecet berat lah.

    soal kemandirian jg ngga ngaruh rasanya. d2 cenderung lebih mandiri malah, padahal nyusunya lebih lama setengah tahun dari d1.

    belon ada yg nyinyir ke gw sih soal masih terus nyusuin. paling nanya2 biasa doang. kalopun ada paling gw jawabnya “wong dua2nya seneng kok” :D
    malah rasanya ngentengin banget klo pas tantrum ato sakit (baik macem demam ato jatuh, kepentok dll), soothingnya gampang!

    nopai,
    kemarenan gw baca, tapi lupa dimana. ternyata naturally sebenernya human children self wean at 4-5yo :D

    1. Hanzky

      Iya bener, kalo lagi sakit, atau lagi traveling gitu kebantu banget deh sama nyusuin. Dan ibunya juga jadi bisa istirahat kan, kapan lagi tiduran leyeh2 sambil ngecek twitter..hehehe…..

    2. Astagaaaa.. Pantesan Maika kalo gue tanya, mau berenti nenen umur berapa? Dia jawab “umur 5!”
      Sekarang Maika udah mulai suka baby, ditanya mau dede bayi? Dia jawab mau. Trus gue bilang “Maika musti berenti nenen dulu, soalnya nanti dede bayi musti nenen” eh Maika jawab “Nanti dede bayi nenen sama Maika aja, Mam.. Jangan sama Mama”

  12. Happy Belated Birthday Jehan *maap baru baca* :p
    Congratz jg buat Hani & Jehan yg sukses kegiatan menyusuinya yang sampe 3th.
    Terharu ya dan akhirnya saat si big baby dah gak minta/nen lg, jadi merasa kehilangan moment itu jg..ya ga seh? :D.
    Laras nen sampai umur 34 bulan dan mudah2an jg nanti kalo ada adiknya, pengen bisa sukses jg menyusui sampe si adik siap nyapih sendiri :)

  13. affi

    Iyaaa kalo masih sama2 enjoy sih, terusin aja. Every mother-daughter relationship is unique, including their breastfeeding experience, so there is no one “rule” that can apply to all.

    Happy birthday lagi ya Jehan cantik. Kangen deh liat cemberutnya kalo cemilannya gue mintain :D :D

  14. btw gw & adek gw juga nyusu sampe umur 2 tahunan
    kata nyokap jadi hemat, ga pernah beli susu kaleng haha..siyal, alesannya bukan krn manfaat asi tp pengiritan! :D

    gw ga setuju ah klo nyusu lebih dr 2 tahun dibilang jd manja, buktinya gw sama adek gw ngga manja sama nyokap, malah manjanya sama alm. bokap :)

  15. happy belated jehan..
    senengnya ada teman yang samaan.. anakku alma dah 35 bln dan masih semangat minta nenen kalau mau bobo..nah sekarang gw dah hamdun lg 2 bln..jadi bingung mau disapih atau biar dia sendiri..pas dibilang ga boleh nenen karena nenenya utk ade bayi..eh dijawab, nenennya untuk alma, ade minum susu aja.. :P

  16. wowww..hebatt mbak..4 thumbs up… !!! ini baru duo keren, anaknya masih mo nenen dan emaknya masih dengan penuh cinta memberikan..hehehe… sayang sekali my baby rania (17 months now) sudah menolak dengan sendirinya di 14 motnhs… meski terus sy sodorkan dia menolak..pdhl neneknya sdh menyurh menyapih saat 12 bulan, tp teteup sy dengan tenangnya bilang, ” gak usah, nanti saja, sampai anaknya tidak mau dengan sendirinya”..laaa ternyata di 14 bulan dia bener2 gak mau dgn sendirinya..good job mbak..

  17. hebat Jehan! lebih hebat lagi emaknya hihihi..
    alhamdulillah ya Han. mgkn karena kitanya juga berpikiran positif, dan santai (who need more stress? ya kan) jadinya hasilnya jg positif, dan si anak bisa weaning sendiri tanpa dipaksa…
    gw pun bisa weaning, Alif, si #3, tepat 2 thn 1 bulan…dia sendiri yang gak mau! (Legaaa :D) tapi skrg2 ini kalo ditawarin masih mau, ya sekedar buat comfort aja…sebelum tidur, walaupun tidur gak dinenenin juga bisa. malah kalo tidur siang, dia suka pergi sendiri kekamar, trus usrek2 sendiri buat tidur…hihiihi what a nice kid! :D

    happy belated bday Jehan!

  18. wow.. sungguh terkesima baca ceritanya :D salute buat mamaknya jehan ;) happy belated birthday, Jehan cantiiikkk :)
    Kayla (20m) alhamdulillah smpe saat ini masih nenen :D biasanya sih dia minta nenen klo mau tidur mlm + baru bangun tidur pagi2. nah klo gw lg dirumah (biasanya sih weekend), baru deh klo mau tidur siang suka manja2 minta nenen. gw sih kasih2 aj. toh ga ngerepotin (tinggal angkat baju :p) kadang2 klo kayla lg minta nenen, suka gw becandain “masa udah gede msh nenen? :p tp tetep kok gw kasih.

    klo omongan org lain soal kayla msh nenen sih, belom ada yg komplain. tapiiiii, gw sedih aj klo org lain suka ga percaya bahwa gw msh ksh nenen ke kayla – karna mereka meragukan ASI gw msh keluar apa gak!! (emang sih nenen gw kecil bgt – eh maap jd curcol x_x) tp ga slh kan klo gw tetep ksh ASI – yaaaa walaupun ASI-nya keluar cuma sedikit sih.. hehehehhe
    stlh baca critanya mbak Hanzky, jd smakin pengen tetep nyusuin si unyil smpe dia sendiri yg minta berhenti.

  19. mommy, tanya dunk..kalo smp dua bahkan tiga tahun itu, diperkenalkan susu lainnya gak,seperti UHT? kalo ya,dari umur berapa? aku juga lagi berjuang trus smbl menikmati perjuanganku tentunya, nyusuin evan (18bulan18hari). sejauh ini aku belum pernah ngenalin susu lainnya. dulu pernah, krn bb-nya kurang disaranin dokter tambah susu formula,hehe,tp evan ga suku (thank God:-) ). pls infonya ya,dan doakan supaya aku dan evan bisa seperti mommy n jehan. tx in advance:-)

  20. wow..thanks untuk ceritanya mom…saya juga yang termasuk g pengen cari tau cara menyapih, yang pertama menyapih sendiri 2th 2 bln, karena saya hamil, dan yang sekarang kedua 2th 1bln, masih “nenen”..dan sepertinya kami menikamti moment menyusui itu..smoga bisa seprti kakak Jehan…

  21. Pingback: m

Post Comment