Kidex, Pesta Mainan Anak Indonesia

Awalnya, kami sekeluarga mau pergi makan malam merayakan ulang tahun suami. Tapi si sulung, Abang Axl, penasaran dengan acara Kid Expo (KidEx) yang diselenggarakan PT Global Cipta Inovasi. Ya sudahlah … berangkatlah kami ke sana. Booth yang tersedia di acara yang berlangsung dari tanggal 1-3 April 2011 itu adalah sebagai berikut:

  • Robotic Activity Corner, disponsori oleh World Robotic Explorer Jakarta
  • Family Movie Theatre
  • Family Photo Wall
  • Family Food Court
  • Official Merchant Store
  • Indoor Play Land
  • Show Stage
  • Mommy & Kids  Area
  • It’s All About Kids Product Sale
  • Edutainment Area
  • Community Area

Harga tiket masuk KidEx untuk usia 2 tahun ke atas adalah Rp.15.000, dari tiket itu bisa ditukar makanan dan kupon undian.

Di stand Kidzania, ada aktivitas menghias wafer. Ceritanya anak-anak kerja di pabrik Tango, diberi 3 buah wafer dan krim yang bisa mereka kombinasikan dengan meises dan choco chip. Setelah selesai mereka diberi gaji berupa voucher senilai 10 yang bisa dibelanjakan di stand Kidzania.

Dari sekian banyak booth yang ada di KidEx ini yang menarik perhatian saya, suami, dan tentu Abang Axl adalah “Robotic Activity Corner”. Di sini anak-anak mulai usia 3 tahun diajarkan untuk merakit robot. Robot-robot tersebut sudah diprogram dalam laptop. Untuk merakitnya, setiap anak diberi 1 buah tool kit berisi piranti robot, plus 1 buah laptop untuk petunjuk merakit. Kalau terbiasa bermain lego atau rubik, merakit robot menjadi lebih mudah dan cepat. Saat itu anak saya merakit robot bareng temannya, mereka berdua bekerjasama dan setelah selesai,  robot tersebut digerakkan di atas panggung. Wah,  abang senang dan bangga bukan main! Menurut saya, merakit robot ini sangat mendidik dari segi ilmu pengetahuan seperti mekanika, koordinasi, psikologi, dan komunikasi.

Robotic Activity Corner ini di selenggarakan oleh Robotic Explorer World, sebuah rumah robot yang diklaim sebagai yang pertama di Jakarta dan bahkan dunia! Hebat ya, Indonesia punya rumah robot. Karena melihat si abang suka banget, saya pun sempat bertanya tentang rumah robot ini. Sayangnya tiket masuk rumah robot ini tergolong mahal, yaitu Rp.150.000, jadi tidak bisa semua kalangan menikmatinya. Bahkan untuk menjadi anggota pun dikenakan biaya tahunan antara 3 – 8 juta rupiah. Rumah robot ini sudah dibuka sejak Desember 2010 jadi mommy yang mau bawa anaknya mempelajari robot lebih lengkap lagi bisa langsung ke Thamrin City.

Untuk jadwal KidEx selanjutnya temanya beda lagi. Ini jadwalnya:

KidEx, pestanya anak Indonesia

  1. KIDEX 2011 – Kids Toys & Games Expo: 1 – 3 April 2011
  2. KIDEX 2011 – Kids Health & Education Expo:  1 – 3 Juli 2011
  3. KIDEX 2011 – Kids IT Expo:  2 – 4 Desember 2011

Sampai jumpa di Kidex berikutnya ya, moms!

*Dikirim oleh Dhalia Handayani (@dhalia_h), ibu dari Abyan Aqshal Adliva (5 tahun) dan Chesilda Gezira Adliva  (2 tahun)


3 Comments - Write a Comment

Post Comment