Book Review; Finance for Kids

Beberapa waktu lalu, suami saya membawa pulang buku serial finance for kids. What? Ibunya saja masih belajar, ini lagi anak usia dua tahun suruh bacanya buku seperti itu? Kok serius sekali?!

Setelah saya buka-buka, ternyata buku ini bagus banget! Apalagi memang diterbiatkan oleh aslinya yaitu Bursa Efek Indonesia. Isinya mengajarkan anak tentang menabung, investasi serta hal-hal lain yang berhubungan dengan keuangan. Semua ini tentunya dijabarkan dengan gaya bahasa anak-anak lengkap dengan ilustrasi yang menggemaskan.

Dalam satu pak, ada 4 buku. Buku pertama judulnya My First Piggy Bank, bercerita tentang Sally yang memiliki celengan tapi nggak pernah diisi. Suatu hari Sally dan sahabatnya mengalami kecelakaan, sepatunya sobek dan tas sahabatnya rusak. Lalu Sally minta dibelikan sepatu baru oleh si ibu, ibunya menolak karena pada saat itu tidak mempunyai budget untuk itu dan meminta Sally untuk menabung. Esok hari, sahabatnya memakai tas baru, yang ternyata dibeli dari uang jajannya selama ini yang selalu ia masukkan ke celengan. Contoh yang gampang sekali bukan untuk memberi gambaran tentang pentingnya menabung?

Tiga buku lainnya juga nggak kalah menarik, ada cerita tentang anak yang mempunyai punya tabungan dan mulai berdagang, dan ada juga cerita tentang seorang anak yang menganut paham don’t put your egg in one bowl. Pokoknya seru banget.

Menurut saya, buku ini sangat cocok untuk mommies yang ingin mengajarkan anaknya mengenai uang, menabung, berdagang atau bahkan investasi. Langit suka sih sama buku ini, walaupun mungkin belum mengerti benar maksud dari buku tersebut. Tapi pelan-pelan sudah saya ajarkan untuk memasukkan koin-koin (biasanya kembalian belanja) ke celengannya. Biarin deh, sedikit demi sedikit kan siapa tau lama-lama menjadi bukit :).

Nah kalo Mommies sudah mengajarkan apa aja ke anak nih dalam hal nabung menabung? Share yuk di sini :)


27 Comments - Write a Comment

  1. Lita…teganya dirimu, Langit baru bangun tidur udah disuguhin buku2 keuangan, tuh sampe garuk2 kepala dia saking pusingnya..hihihi. Ini buku keren banget sih Lit, belinya di manaaa??

  2. wah bagus tuh bukunya, ikutan nanya belinya dmn ya?
    kl Laras jg lg gw ajarin nabung, jd kebetulan gw ikut program tabung peduli sedekah utk sahabat dr salah satu lembaga zakat. kita diksh celengan kecil gitu, trs silahkan diisi seikhlasnya brp pun jumlahnya, nanti kl dah penuh atopun engga, bisa dibalikin lg ke lembaga tsb. hasilnya buat bantu sekolah anak2 yg ga mampu ato bantu merenovasi sekolah di daerah tertentu yang udah rusak.
    Laras seneng banget kl kita ajak masukin uang ke celengan itu, kita ajarin dan bilang ke dia, kl itu namanya nabung/nyelengin dan hasilnya buat bantu kakak2 sekolah. harapan gw seh, dr dini Laras dah ngerti nabung jg sekalian berbagi. btw, gw ga bermaksud riya ya :D (Astaghfirullah), cmn sekedar berbagi cerita dan pengalaman aja hehehe

    1. wah… mulia bgt yaa… tujuannya untuk sedekah.. kok aq malah ngajarin nabung di celengan buat beli aiped (ipad) ya? hehehehe….

      aq celengannya bikin dr tabung karton bekas wadah snack.. bikin sendiri trus dimasukin recehan..

  3. ameeel

    “Nah kalo Mommies sudah mengajarkan apa aja ke anak nih dalam hal nabung menabung?”

    huaaaaaa… tutup muka dan kuping ah dapet pertanyaan ini.. boro-boro ngajarin anak nabung, lah wong gw ama laki gw aja nggak suka nabung :D

  4. jd pengen ke gramedia deh mau beli jg aahh :D
    aku udah mulai ngajarin ke anak ku (16m) buat nabung. aku ksh dia 2 celengan heheheh biasanya sebelum tidur malam, aku suka ngasih uang koin-an buat ditabung. klo aku cuma ksh 2-3 koin, kadang si dedek suka “nagih”.. dia korek2 tas emaknya trus nunjuk2 dompet :D kadang sambil masukin ke celengan, dia bersuara “plung” hihihih abis itu dia intip deh tuh lobangnya hahahahah
    pengen banget biar si dedek nantinya “bersahabat” dgn uang. ga kayak emak bapaknya.. nabung sih nabung. tp besoknya udah ditarik lagi LOL

  5. Bisa beli di toko buku biasa yak? Thanks ya infonya buat Lita,
    Di rumah mmg lg menganjarkan Zia 3th menabung, kmrn ultah minta mainan dibolehin dg syarat nabung dulu (ofkors tabungannya gak kebeli mainannya, kita talangi :P). Yg penting dia tahu tabungan itu ada tujuannya, gw dan hubby memulai itu krn takut nanti klo Zia gedean dikit asal tunjuk mainan/gadget mengira uang dtg dr pohon uang :).
    Langsung cari aaah ini buku :).

    1. nenglita

      betuull!! andai ada pohon duit mah.. :))
      tapi setuju, gw juga dulu diajarinnya gitu, gw mau sesuatu ya kumpulin uang dulu. kalo nggak cukup ditambahin, seidaknya ada usaha gitu, mendapatkan sesuatu nggak segampang itu :D

  6. Hi mommiess..
    Mau jawab pertanyaan tentang pembelian buku “Finance for Kids” yang mommies tanya di atas.
    Buku “Finance for Kids” ini tidak untuk dijual bebas. It’s FREE for limited edition. :)
    PT Bursa Efek Indonesia menerbitkan buku ini dengan tujuan menanamkan prinsip dasar berinvestasi kepada putra/i Indonesia sejak usia dini.
    Selain itu, tujuan utamanya pasti mencerdaskan anak bangsa. :)
    Buku ini hanya bisa didapatkan di BEI dan event2nya.
    Just wait for the next events yaa moms. :)

Post Comment