Book Review; Finance for Kids

Beberapa waktu lalu, suami saya membawa pulang buku serial finance for kids. What? Ibunya saja masih belajar, ini lagi anak usia dua tahun suruh bacanya buku seperti itu? Kok serius sekali?!

Setelah saya buka-buka, ternyata buku ini bagus banget! Apalagi memang diterbiatkan oleh aslinya yaitu Bursa Efek Indonesia. Isinya mengajarkan anak tentang menabung, investasi serta hal-hal lain yang berhubungan dengan keuangan. Semua ini tentunya dijabarkan dengan gaya bahasa anak-anak lengkap dengan ilustrasi yang menggemaskan.

Dalam satu pak, ada 4 buku. Buku pertama judulnya My First Piggy Bank, bercerita tentang Sally yang memiliki celengan tapi nggak pernah diisi. Suatu hari Sally dan sahabatnya mengalami kecelakaan, sepatunya sobek dan tas sahabatnya rusak. Lalu Sally minta dibelikan sepatu baru oleh si ibu, ibunya menolak karena pada saat itu tidak mempunyai budget untuk itu dan meminta Sally untuk menabung. Esok hari, sahabatnya memakai tas baru, yang ternyata dibeli dari uang jajannya selama ini yang selalu ia masukkan ke celengan. Contoh yang gampang sekali bukan untuk memberi gambaran tentang pentingnya menabung?

Tiga buku lainnya juga nggak kalah menarik, ada cerita tentang anak yang mempunyai punya tabungan dan mulai berdagang, dan ada juga cerita tentang seorang anak yang menganut paham don’t put your egg in one bowl. Pokoknya seru banget.

Menurut saya, buku ini sangat cocok untuk mommies yang ingin mengajarkan anaknya mengenai uang, menabung, berdagang atau bahkan investasi. Langit suka sih sama buku ini, walaupun mungkin belum mengerti benar maksud dari buku tersebut. Tapi pelan-pelan sudah saya ajarkan untuk memasukkan koin-koin (biasanya kembalian belanja) ke celengannya. Biarin deh, sedikit demi sedikit kan siapa tau lama-lama menjadi bukit :).

Nah kalo Mommies sudah mengajarkan apa aja ke anak nih dalam hal nabung menabung? Share yuk di sini :)


27 Comments - Write a Comment

  1. Hi mommiess..
    Mau jawab pertanyaan tentang pembelian buku “Finance for Kids” yang mommies tanya di atas.
    Buku “Finance for Kids” ini tidak untuk dijual bebas. It’s FREE for limited edition. :)
    PT Bursa Efek Indonesia menerbitkan buku ini dengan tujuan menanamkan prinsip dasar berinvestasi kepada putra/i Indonesia sejak usia dini.
    Selain itu, tujuan utamanya pasti mencerdaskan anak bangsa. :)
    Buku ini hanya bisa didapatkan di BEI dan event2nya.
    Just wait for the next events yaa moms. :)

Post Comment