Kunjungan Mikail ke Dance Academy

Semenjak Mikail bisa berjalan di umur 13 bulan, Mikail suka sekali bergoyang mengikuti musik. Dan ketika dia mulai lancar berbicara di umur 21 bulan, Mikail suka sekali menyanyi dan menari. Terbersit di hati kami untuk mendaftarkannya ke tempat professional untuk menyalurkan hobinya.

Setelah browsing sana-sini dan mencari informasi dari teman-teman, ternyata ada banyak sekali dance academy di Jakarta. Dari mulai ballet, hiphop, modern dance, sampai traditional dance pun ada. Mulailah kami mencari-cari dance academy yang tempatnya tidak terlalu jauh dan memiliki kelas untuk kategori umur Mikail.

Ternyata kebanyakan dance academy memulai kelas untuk usia 5-6 tahun, alasannya karena di usia 3 tahun belum bisa menerima arahan. Mungkin ada benarnya ya, sekarang saja Mikail belum bisa fokus melakukan satu aktifitas terlalu lama. Kami jadi ingat pernah trial untuk kelas melukis, Mikail cuma bisa bertahan 10 menit saja!

Akhirnya di suatu hari ceria, kami memutuskan untuk berjalan-jalan, memperkenalkan pada Mikail seperti apa professional dancing itu, apa yang orang lakukan di dance academy, dan seperti apa jadinya kelak ketika mereka dewasa. Yah, kira-kira seperti konsep pengenalan karir di Kidzania.

Kami memulai dari United Dance Studio yang berlokasi di Kemang. Sebelumnya kami menelpon, bertanya tentang kelas-kelas dis ana. Kami juga meminta ijin dulu supaya bisa masuk ke kelas, melihat kakak-kakak yang sedang latihan. Walaupun tidak ada kelas untuk umur Mikail, tapi mereka sangat ramah mengijinkan kita untuk melihat-lihat aktifitas di kelas. United Dance Studio tidak terlalu besar, ada 3 ruang latihan di sana. Master studio dipakai untuk dancer dewasa yang sudah di kelas advance. Sementara dancer-dancer pemula memakai kelas yang lebih kecil di lantai atas. Saat kami datang, sedang ada latihan modern dance untuk anak usia 6 tahun. Saya berdecak kagum melihat kemahiran dan keluwesan anak-anak ini menari. Dan hebatnya lagi, mereka dapat menghapal semua gerakan latihan dengan mudahnya.

Mikail terlihat sangat excited melihat kakak-kakak yang menari, terutama dia kenal lagunya; Whip my hair – Willow smith. Kalau tidak saya pegangi, pasti Mikail sudah ikut ke dalam barisan lompat-lompat dengan gayanya sendiri :D. Setelah itu, kami juga diajak berkeliling melihat-lihat kelas yang lain, melihat foto-foto sambil menjelaskan ke Mikail apa yang mereka lakukan, betapa senang mereka melakukan profesi mereka, dan betapa keras mereka harus latihan setiap minggunya. Mikail terlihat menyimak sambil berkali-kali mengulang perkataan Mbak yang menjelaskan.

Biaya kursus terbilang lumayan, sekitar Rp 300,000 – Rp 400,000 tergantung jenis dance class yang diikuti. Kelasnya 1x saja dalam seminggu. Saya lebih melihat aktifitas luar kelas ini sebagai tempat untuk mengekpresikan jiwa anak, melepaskan kepenatan setelah bersekolah.

Selesai dari United Dance Studio, kami tadinya mau melihat Namarina Ballet school di daerah Menteng. Tapi karena sudah hampir jam makan malam, akhirnya kami ke Yamaha Music School di Pacific Place.

Karena kami juga sudah menelpon sebelumnya, kami juga diperbolehkan untuk mengikuti kelas yang berdurasi 1 jam itu. Di kelas usia 3 tahun, anak-anak lebih banyak diajarkan tentang bunyi alat musik, dan mengikuti irama musik. Untuk anak yang lebih mengenal musik, kegiatan di kelas terkesan kurang menantang hehehe. Lain kali, saya akan mengajak Mikail ke Farabi music school untuk membandingkan kurikulumnya.

Yamaha Music School memiliki kelas untuk anak dan remaja. Untuk anak-anak, kelas dimulai dari usia 3 tahun. Kelasnya 1x seminggu, dengan biaya Rp 300,000-an untuk weekdays dan Rp 400,000-an untuk weekend. Ada juga kelas khusus untuk mempelajari alat musik untuk anak 6 tahun keatas.

After all that, karena belum bisa masuk kelas dance, kami memutuskan untuk meneruskan kelas gymnya Mikail di Wiggle Jiggle. Disana pun anak-anak diajarkan structured gym untuk motorik kasarnya. Dan khusus buat Mikail, coachnya menambahkan latihan yang lebih advance seperti kopstand dan handstand, by request dari saya, untuk menghindari bahaya kalau mencoba di rumah. Dan untuk menambahkan wawasannya pada musik, kami berencana untuk memanggil guru piano untuk datang kerumah.

Ini beberapa alamat dance academy yang kami kunjungi kemarin:

Yamaha Music School
Pacific Place Mall
Jl. Jend.Sudirman
Jakarta 12190
Telp. 021-57973580

United Dance Studio
Jl. Bangka XI No. 3A-1, Kemang Utara, Jakarta Selata
Telp. 021-7198821
HP: 08176914444 (Adhisty – owner)
www.uniteddanceworks.com

Wiggle Jiggle Structured Gym Class
Connecting tower A-B, 1st fl Sudirman Park Apartment
Jl. KH. Mas Mansyur
Telp. 021-57942782

Semoga berguna ya, moms!

*Dikirim oleh Nana Andriana (@momsnmine) ibu dari Mikail (2 tahun)


12 Comments - Write a Comment

Post Comment