musicpreg2

Kenalan dengan Musik Sejak dalam Rahim

Dunia kita sepertinya nggak jauh-jauh dari musik. Siapa yang nggak suka musik? Saat kerja, nonton film, makan di restoran, atau bahkan di dalam mobil atau angkutan umum pun kerap kita dengar musik berkumandang.

Musik alamiah pertama yang manusia dengar adalah detak jantung saat dalam rahim. Iramanya yang teratur, memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi bayi. Dengan nadanya yang teratur, makanya ibu hamil atau bayi sering disarankan mendengarkan untuk mendengar musik klasik yang notabene iramanya mirip dengan detak jantung.

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa anak yang sejak dalam kandungan diperdengarkan musik, memperlihatkan perkembangan bahasa dan memori yang lebih pesat sejak balita. Percaya atau tidak, musik dapat memberikan ketenangan, meningkatkan aktifitas gelombang otak dan membangun jaringan-jaringan otak.

Sejak Langit dalam kandungan saya rajin mendengarkan musik. Bukan musik klasik sih, karena saya memang kurang suka sama musik klasik, bikin ngantuk! Hehehe… Saya percaya, musik apapun yang didengarkan, selama ibunya nyaman mendengarkan maka janin akan nyaman juga, makanya saya pilih jenis musik kesukaan saya yaitu brit-pop, hehehe…

Mungkin hanya sebuah kebetulan, tapi saya perhatikan Langit memang cenderung lebih pesat perkembangan bahasanya. Ia juga cepat sekali menyerap jika saya perdengarkan lagu baru, cukup 2-3 kali mendengar sebuah lagu biasanya ia sudah bisa menyanyikannya kembali (yah, mungkin ada beberapa kalimat yang salah tapi biasanya nadanya benar).

Gimana cara mendengarkan musik yang tepat bagi janin?

Tempelkan earphone pada sisi kiri dan kanan perut ibu dengan volume yang cukup diatur untuk janin saja. Waktu yang bagus adalah di malam hari sekitar pukul 8, saat bayi masih beraktifitas hingga ia tertidur di dalam rahim. Atau bisa juga ibu/ayah/anggota keluarga lain yang menyanyi loh!

Musik tepat diperdengarkan saat janin berusia 3 minggu karena di usia itu telinga mulai terbentuk dan akan semakin sempurna pembentukannya saat usia 24 minggu.

Selain memiliki nilai positif untuk meningkatkan kecerdasan, janin juga memiliki kemampuan mengingat atas apa yang ia dengar. Sekelompok ilmuwan dari Inggris memutarkan sebuah lagu pada janin usia 20 minggu. Kemudian, 2-3 minggu setelah lahir, mereka menguji respon bayi tersebut. Hasilnya, bayi mampu mengingat jenis musik yang pernah diperdengarkan dan menjadi tenang ketika musik tersebut di putar kembali. Hal ini merupakan bukti bahwa pada janin telah berkembang ingatan jangka panjang (long-term memory).

Nah karena ingatan jangka panjangnya ini, maka nggak ada salahnya kalau kita selalu mendengarkan hal-hal positif kepada anak sejak masih didalam rahim. Caranya? Ya itu tadi bisa dengan menyanyi atau mengaji (bagi yang muslim), membacakan cerita atau hanya sekedar bercakap-cakap dengan janin.

Bagaimana dengan mommies? Suka mendengarkan musik ke perut juga nggak waktu hamil?

*Gambar diambil dari sini


32 Comments - Write a Comment

  1. Saya juga termasuk yang mengenalkan musik sejak janin masih dalam kandungan. Awal-awal kehamilan, saya malah ikutan goyang, biar kelak si bayi suka dance.. Hihi. Jenis musik yang diperkenalkan juga bervariasi, biasanya kalo janin lagi aktif, pasang musik yg nge-beat dan iramanya agak cepat, pas janin nggak terlalu aktif, saya puterin lagu-lagu klasik dan lagu-lagu lembut. Membantu banget lho! Di trimester ke-3 waktu udah mulai sulit tidur dan janin makin aktif di malam hari, saya pasang musik lembut, biasanya dia ikutan terbawa dan jadi lebih tenang :)

  2. ameeel

    “Hasilnya, bayi mampu mengingat jenis musik yang pernah diperdengarkan dan menjadi tenang ketika musik tersebut diputar kembali.”

    Betul banget Lit! Dulu pas hamil Rakata, laki gw demeeeen banget pasang lagu band Netral… dan sekarang, tiap denger lagu Netral, si Rakata kayak diem mikir gitu… dia lagi nyoba inget-inget kali ya… kok kayak kenal lagunya, mungkin gitu pikir dia :D

    1. nenglita

      hahaha! ini lagi emak2 yg demen metal :))

      gw dulu selain britpop, kebetulan pas hamil kerjaan gw lagi supervisi program tv kan, jd seriiing banget sampe lembur karena di editing/ preview aja. hasilnya? engg, langit klo nonton tv non kartun serius bener macam ngerti :)) *ngaruh apa nggak sih ya*

  3. waktu hamil anak I,Gw gak tlalu ngerti pengaruh kita dengerin musik dikala hamil sm anak kita lahir nanti apakah ada pengaruhnya.seingat gue Hamil anak pertama, waktu itu baru 3 bulan gw nonton Soundernaline 2004 dan gw diri pas persis sbelah Speaker, plus dengerin Lagu2 Britpop, musik klasik malah jarang alhasil abang Axl punya kecendrungan selera musik yg sama sm gue…dr umur 1 taon dia seneng banget sm Nidji ampe skrg, trus dia juga suka lagunya SID (Superman Is dEAd) yg Jika kami bersama.
    Kalo anak ke 2 gw ngenalin musik campuran, tp di awal kehamilan gw kbagian tugas di acara Live Pop Dangdut,(sbelah speaker juga klo lg tugas) tp ada plus nya gw sering dengerin pengajian dr handphone alhasil Ade cxyl lebih bersemangat klo diajak sholat drpd abangnya..bahkan nangis2 minta beliin sajadah warna pink… kalo soal kemampuan dan daya ingat anak ke 2 kayaknya lebih baik dari anak 1(gk maksud ngebandingin lo..)
    Walupun minat anak kadang2 sm musik dewasa alhamdulillah mereka banyak hafal lagu anak2,abis hari gini kayaknya gk ada yang peduli sm musik or lagu untuk anak2 ya…gak kayak jaman kita kecil dulu untungnya nyokap gue suka ngajarin lagu2 gw msh kecil ke anak2 gw… trus mereka di rumah sering setel DVD lagu anak2 juga.

  4. Bwahaha kalo gue dicolek sama Anang pas hamil trus anak gue sempet suka lagunya Anang, gimana tuh? :D

    Tapi gue dulu yg termasuk rajin sih pasang musik klasik pake earphone persis kayak di foto di atas itu. Biasanya sambil guenya kerja di kantor supaya dia gak begitu begajulan di perut, soalnya kalo gue duduk tenang biasanya gerakan2nya dia hebohhh banget. Tp bener sih, pas Aluf masih bayi dia lumayan anteng dan tidur nyenyak kalo gue setelin CD2 klasik gitu. Pas masih newborn sih itu, sekarang sih selera musiknya udah variatif, dari lagu anak2, Ben Folds sampe Nidji dan Sherina huhuhu

  5. Hanzky

    Gue termasuk yang nggak dengerin musik klasik ke anak nih..sama kaya elo Lit, karena guenya juga nggak doyan :D. Pas udah pada lahir ya standard lah ya pada suka lagu2 disney, barney, lagu2 kebangsaan sampe lagu2nya Opick :D. Kalo Jibran nih yang gue bingung mau ngenalin lagu apa yaa? Untuk anak 7 tahun?..*lho kok malah curcol* :p

  6. kl gw ga pk musik. Tp cd murrotal quran. Hasilnya alhamdulillah anak gw 2th skrg gampang bgt hafal surat2 pendek juz amma dan penggalan2 ayat quran dr iqro 5 n 6. Pdhl dia cuma dengerin anak2 yg pd ngaji d rumah..

  7. wah….ternyata emang beneran ada efeknya ya ke baby! aku juga sejak kehamilan masuk 10 minggu udah mulai rajin naro earphone di perut. pas akhir 15 minggu kemarin, tiba2 pas lagi santai dengerin lagu, si baby kayak bereaksi gitu, kayak kedutan. mungkin dia juga ikutan excited ya kalo dikasi denger lagu. aku sih masih selang-seling antara album baby mozart, ayat-ayat Al Quran, plus lagu smooth jazz. Cuma belakangan ini aku lagi seneng banget dengerin lagu2 jadul era 80-an atau Super Junior. Hmm….jangan2 ntar selera musik si baby jadi ikutan jadul lagi? hehehehehe :D

Post Comment