dr. Herbowo: “Saya Nggak Ingin Orangtua Keluar Ruangan Masih Bingung”

Menyebut nama dokter Herbowo, beberapa mommies pasti langsung mengenalinya. Iya, di forum bagian doctor & hospital list, nama pria bernama lengkap Herbowo AF Soetomenggolo kerap disebut-sebut beberapa mommies disana.

Saya, yang kebetulan dokter anaknya praktik di RSIA yang sama dengan dr Herbowo, jadi penasaran seperti apa sih sosoknya? Kok yang pada cerita tentang beliau, bagus-bagus semua.  Ternyata ayah dari seorang gadis kecil bernama Eowyn Anastasia dan Eoghan Soetomenggolo buah pernikahannya dengan Astrein Steiny ini memang seorang dokter yang menyenangkan. Simak penuturannya berikut…

Cerita dong awal ketertarikan menjadi dokter spesialis anak?

Saya tertarik soalnya masalah anak itu kompleks sekali. Perubahannya cepat. Bisa cepat membaik, bisa juga cepat memburuk. Belum lagi masalah tumbuh kembang yang tentu saja nggak ada pada pasien dewasa. Karena makin sulit jadi rasanya lebih menarik untuk dipelajari. Apalagi sejak dulu saya senang main sama anak kecil.

Ayahnya dokter Herbowo berprofesi sama, apa nggak ada rasa takut berada dibayang-bayang ayah atau malah menjadikan ayah sebagai figur panutan?

Di bawah bayang-bayang ayah tiap hari saya rasakan kok. Tapi diambil sisi positifnya aja, tiap hari selalu berusaha lebih baik supaya suatu saat nanti orang lain bisa melihat saya apa adanya. Untung ayah saya orang yang terbuka. Dia nggak pernah menggurui saya dalam hal apapun, termasuk soal pekerjaan. Ayah saya lebih senang melihat saya berusaha sendiri dan beliau senang berdiskusi sama saya tentang kasus-kasus yang sulit. Kadang kita cari bareng-bareng jawabannya di literatur untuk kasus yang membingungkan. Soal panutan jelas beliau panutan saya. Harapan saya suatu saat bisa jadi seperti beliau untuk anak saya.

Banyak yang mengakui bahwa dokter Herbowo tergolong dokter yang sabar dan penuh perhatian sama pasiennya. Kalau dengan anak sendiri begitu  juga nggak? :D

Mudah-mudahan selalu bisa sabar dan perhatian ke siapapun bukan ke anak sendiri saja.

Di forum kita nih, banyak sekali yang review tentang bagaimana dokter Herbowo menangani pasien. Apa sih yang membuat dokter bisa begitu sabar menghadapi orangtua dengan banyak pertanyaan tentang anak, atau panik karena anak sakit?

Saya cuma nggak ingin orangtua keluar dari ruangan praktek masih dalam keadaan bingung atau panik karena hal seperti itu malah akan membuat anak ikut panik atau takut dan malah memperburuk penyakit anaknya. Perlu diingat semakin anak merasa stress maka semakin sulit juga penyembuhannya. Semakin nyaman maka anak dapat beristirahat dengan baik dan makin cepat sembuh.

Sebagai dokter anak, sering berhadapan dengan orangtua panik saat anak sakit. Kalau dokter sendiri, pas anak sakit panik nggak?

Sering sekali kok ketemu orangtua yang panik. Wajar kalau anak sakit kita panik. Kadang kalau anak saya sakit juga rasanya bingung dan pusing. Tapi selalu saya katakan dalam hati berulang-ulang untuk tenang dan sabar karena kalau saya saja panik bagaimana dengan orang disekitar saya.

Apakah dengan mempunyai balita jadi berpengaruh pada perlakuan ke pasien, dok?

Jelas. Yang ada di pikiran saya selalu kalau pasien ini anak saya, kira-kira apa yang terbaik buat dia.

Sekarang sedang gencar istilah RUM (Rational Uses of Medicine). Bagaimana dokter menanggapi hal tersebut?

Sebenarnya hal ini kan sudah dari dulu ada. Hanya gencarnya baru sekarang-sekarang ini saja.  Perlu diingat bahwa RUM bukan berarti semua obat jelek dan tidak sebaiknya diberikan, tetapi obat sebaiknya diberikan secara rasional dan bila diperlukan saja.

Sekarang arus informasi kan sudah semakin deras ya, jadi banyak orangtua yang sudah  pintar saat menghadapi anak sakit. Bagaimana pendapat dokter mengenai hal tersebut?

Saya makin senang kalau orang tua makin banyak membaca. Jadi bisa sekaligus tukar informasi. Tapi perlu diingat banyak informasi yang menyesatkan dan salah di Internet. Sebaiknya bila membaca sesuatu tanyakan atau konfirmasikan ke dokter anak anda supaya bila terdapat kesalahan bisa dibetulkan.

Memang ada keadaan yang aman sehingga anak dapat diobservasi dulu di rumah tetapi banyak juga keadaan yang mengharuskan anak untuk dibawa ke rumah sakit. Paling aman coba hubungi rumah sakit atau dokter anak anda dan tanyakan mengenai kondisi anak anda.

Dokter dikenal rajin menjawab pertanyaan pasien via email, bbm atau sms (dan terakhir kayanya mulai aktif twitter nih, hehehe). Tujuan dari membuka semua akses sebenarnya apa sih dok?

Dunia maya sudah semakin maju. Banyak sekali informasi yang menyesatkan. saya berharap dengan informasi yang dibagikan bisa sedikit membantu mengarahkan orangtua dengan memberikan info yang benar. Lagipula ilmu itu milik semua orang kok. Jadi nggak ada salahnya untuk terus dibagikan.

Ada cerita seru seputar pengalamannya dengan pasien nggak dok?

Kalau ini nggak usah dijawab ya. Rahasia pasien kan, hehehe…

Harapannya dokter Herbowo untuk dunia kesehatan, terutama kesehatan anak apa?

Harapannya tentu saja tingkat kesadaran kita tentang penyakit semakin baik. Nggak ada gunanya kita mengobati penyakit kalau kita tidak berusaha mencegahnya. Obat bukan segalanya.

——————

Kesan yang saya rasakan pertama kali adalah: beliau sangat mudah ‘dijangkau’. Buktinya, dalam sepersekian detik, email saya langsung dibalas! Berarti saya telah membuktikan review banyak mommies bahwa dokter Herbowo bisa dikontak kapanpun :)

Nah Moms, sudah pada follow twitter dr. Herbowo (@drherbowo) belum?