Komimo: Sekolah Dengan 5S

0 share

Waktu Adam umurnya masih 3,3 tahun (sekarang 3,10 tahun :D), saya sibuk jajan informasi seputar sekolah/TPA/Preschool/Playschool. Salah satu yang bikin saya kepincut adalah KOMIMO Playschoolnya Kak Seto. Mungkin karena ada embel-embel Kak Seto ya. Siapa sih yang nggak kenal sama beliau?

Karena posisi rumah kami di daerah Ceger – Jakarta timur, berjodohlah Adam dengan KOMIMO Playschool Cilangkap yang berjarak hanya sekitar tujuh menit. Atau kalau mau sedikit ngebut, lima menit juga sampai :p.

Senang sekali waktu tau di KOMIMO Playschool bisa trial dulu dan free of charge pula, secara Adam waktu itu termasuk kategori yang loadingnya lama kalo ketemu dengan suasana baru (sekarang Alhamdullilah sudah mendingan). Waktu ngobrol di telepon dengan orang Yayasan Mentari Indonesia yang membawahi KOMIMO Playschool  katanya bisa trial sampai tiga kali.

Benar saja, trial hari pertama: Adam sibuk di Playground, main perosotan dan naik turun tangga, tentu saja sambil ditemenin sama salah satu pengajarnya. Hari kedu : masih juga nggak mau masuk kelas. Miss-nya pun melakukan rayuan maut agar Adam mau masuk kelas, tapi Adam kekeuh nggak mau dan memilih untuk mengobservasi lingkungan baru dari teras sekolah. Hari ketiga: ada kegiatan tempel-tempel, tapi karena Adam betah di teras sekolah, akhirnya kegiatan tersebut dipindahkan ke teras sekolah.

Untung para gurunya pada sabar-sabar, kalau nggak sabar pasti sudah pada di setrap sama Kak Seto :p. Salah seorang gurunya pernah bilang sama saya, para pengajar dan staf di KOMIMO diwajibkan Kak Seto untuk memiliki 5S yaitu sabar, sabar, sabar, sabar, sabar. Kalau belum sabar juga ditambahin deh `S`-nya , sampai sepuluh kalau perlu. Hiks, saya langsung serasa ditampar karena termasuk yang mempunyai cadangan S sedikit.

Pada saat saya sudah hampir nyerah karena Adam nggak mau ikut kegiatan dan masuk kelas, eh.. salah satu orang dari yayasan mendatangi kami dan bilang.. “Ibu, Adam boleh trial berapa kali kok, sampai ibu merasa yakin dan  Adam siap”. Wah..lega sekali…*Acungin 4 jempol* Alhamdulillah pada pertemuan keempat, Adam sudah mau masuk kelas

Padahal saya sudah hopeless dan tanya-tanya sama sekolah lain:

  • Sekolah A – hanya memberikan waktu/bulan khusus pada saat trial, itu pun hanya satu kali saja.
  • Sekolah B – bisa trial tapi ada biaya kurang lebih sekitar Rp 300,000.

Selain guru-gurunya yang memiliki cadangan sabar lebih dari cukup, yang membuat saya yakin dengan KOMIMO Playschool adalah kurikulumnya karena KOMIMO   berkerja sama dengan ACSC (Australian Child Studies Center). Dari segi fasilitas juga tidak meragukan.  Ada empat kelas, ya itu KB-K, KB-B, TK-A dan TK-B. Satu kelas diisi tidak lebih dari 10 anak dan rasio guru dan murid adalah 1:5. Ruang kelasnya menggunakan AC, ada ruangan audio visual dan mobil antar jemput sekolah. Kalau pulang sekolah di mobil jemputan ada satu orang guru yang mendampingi murid sampai di rumah lho, jadi lebih menenangkan. Ada juga pemantauan tumbuh kembang, konsultasi psikologi serta pemeriksaan kesehatan.

Untuk kegiatan ada mini trip, field trip, dll. Setiap bulan kita selalu dapat ‘Newsletter/Surat Kabar Sekolah’, isinya selalu ada tip dari Kak Seto dan jadwal kegiatan dalam sebulan penuh, jadi kita sebagai orang tua tau kegiatan apa saja yang berlangsung selama sebulan penuh. Misalnya pada tanggal 1 kegiatannya bercocok tanam, tanggal 3 ada konsultasi psikolog, tanggal 6 ada pemeriksaan kesehatan anak, tanggal 10 acara makan bersama di sekolah, tanggal 17 agendanya bermain  pasir-musik-balok-menari, kurang lebih seperti itu.

Oh iya di KOMIMO Playschool juga ada Komite KOMIMO atau PTC (Parents Teacher Club), dan kebetulan saya saat ini menjabat sebagai Ketua PTC. Saya pribadi sih..*bukan karena jadi ketua PTC lho..:D* cukup puas Adam dengan KOMIMO Playschool. Banyak peningkatan yang baik sekali dari Adam seperti kalau pulang sekolah langsung buka sepatu dan bersih-bersih tanpa perlu diingatkan. Mungkin karena sebelum pulang sekolah mereka harus menyerukan ‘Janji Pulang Sekolah’ yang isinya seperti ini, “Janji Pulang Sekolah: sampai di rumah, buka sepatu-buka kaos kaki -ganti baju-cuci kaki-cuci tangan-cuci muka-makan siang-gosok gigi- nurut nasehat ayah dan ibu-tidak lupa tidur siang”. Senang dan terharu sekali ketika melihat anak-anak dengan kompaknya menyerukan janji itu. Alhamdulilah Janji Pulang Sekolah berhasil diterapkan Adam, walaupun urutannya nggak sesuai hihihihi..

Untuk yang tertarik dengan KOMIMO Playschoo, ini dia biaya pendaftaran pada saat Adam masuk di kelas KB – Besar, Tahun ajaran 2010/2011 :

  • Formulir                               Rp. 100,000,-
  • Uang pangkal                      Rp. 3,000,000,-
  • Uang Perlengkapan           Rp. 950,000,-
  • Iuran/Bulan                         Rp. 300,000,-
  • Total                                      Rp. 4,350,000,-

KOMIMO Playschool
Jl. Sumur Bungur No. 86
Setu Cipayung – Jakarta Timut
Telepon. 021.33009766 – 84591311.
Websitenya: Komimo Cilangkap

Karena kita sudah bayar uang kelengkapan, jadi kalau ada kegiatan seperti mini trip, field trip, acara nasional, porseni atau kegiatan sekolah, anak-anak sudah bebas dari biaya, terima beres saja gitu. Hehehe…

Yang saya petik dari pencarian sekolah untuk Adam kemarin, belum tentu sekolah yang bagus dan mahal itu cocok buat anak. Yang penting cari informasi seputar sekolah yang mau dituju, didukung para pengajarnya yang ramah pada anak, bagaimana metode yang diajarkan, apakah aktifitasnya variatif, lingkungan sekolah yang kondusif, menanamkan fondasi belajar yang menyenangkan dan yang utama anak kita nyaman sekolah disitu. Semoga sharing saya berguna buat para momies yang udah mulai pada sibuk cari sekolah anak-anaknya ya!

*Dikirim oleh Swesty Akbar (@SiMukaPucat), ibu dari Kemas Adam Al’Malik Wiratama (3 tahun 10 bulan)

Share this story:

Recommended for you:

25 thoughts on “Komimo: Sekolah Dengan 5S

  1. Pingback: Mommies Daily
  2. wahhhhh.. thx infonya! akhirnyaaaaaa, ada juga review buat penduduk daerah sekitar TMII macam gw ini, heheheheh…
    thx ya mak, soalnya emang agak susah nih nyari sekolah bagus di wilayah sini :)

    1. mel, biasanya KB-A 2 tahun, KB-B 3 tahun, diatasnya TK A 4 tahun, TK b 5 tahun. begono biasanya :)

    2. KB-A umur 2 tahun? wah.. bisa dong tahun ini disekolahin.. sekalian les bahasa prancis, korea, dan mandarin lah *ambisius*
      :p

  3. Pingback: Mommies Daily
  4. Pingback: the shufu herself
  5. Morning moms…
    Seru bgt sharingnya. Sy memang cari sekolah kreatip,yg banyakan maen kratip n gak menuntut anak harus bisa calistung dll. Dari dulu emang pengin bgt masukin Ayesha (3th) ke Komimo. Masalahnya,di komimo apa semuanya sudah ada mobil anatar jemputnya ya? Krn anak sy sehari2nya di Daycare. Sy di daerah duren Tiga. Mohon info n sharingnya ya… Thanks.

  6. Pingback: Mommies Daily
  7. Pingback: Iba Wuriyani
  8. Pingback: Mommies Daily
  9. Pingback: Mommies Daily

Leave a Reply