Tip dan Trik Menghadapi Remaja Masa Kini

Anak gadis saya, Carmelia Jessica Rachel (Cici),  sebentar lagi akan masuk universitas!. Beruntung sekali kami cukup kompak. Cici sering menemani saya pergi kemana-mana, dan saya sering menjadikan Cici sebagai ‘kelinci percobaan’ dalam hal make up ataun skin care, hehe.

Saya sering sekali mendapat pertanyaan, kok bisa akrab sekali dengan Cici? Konon kan katanya menjaga anak perempuan lebih sulit dibanding menjaga anak lelaki. Kebetulan saya punya keduanya, tapi adiknya masih kecil, baru tujuh tahun. Jadi sekarang saya fokus cerita tentang bagaimana saya menghadapi anak perempuan yang dibilang ABG bukan tapi dewasa juga bukan dulu ya.

Sejauh ini sih saya nggak memiliki kesulitan dalam  mendidik Cici. Saya membebaskan Cici untuk punya akun-akun di jejaring social media semacam Friendster, Facebook atau Twitter. Kenapa saya berani membebaskannya? Karena saya memberikannya  dengan kepercayaan serta tanggung jawab dan meminta dia untuk menjaga komitmen atas apa yang dia lakukan.

Komitmen ini misalnya untuk uang saku dan pulsa yang selalu saya berikan jatah. Jadi kalau uang saku atau pulsanya habis sebelum waktu yang ditentukan, ya Cici nggak bisa seenaknya minta isi lagi atau minta tambah uang sakunya.

Untuk seputar tanggung jawab dan kemandirian, saya selalu mengajarkan Cici dan adiknya untuk melakukan pekerjaan rumah tangga. Apalagi saya nggak pake jasa pembantu rumah tangga. Ini bukan berarti saya memberdayakan anak lho, saya hanya ingin anak-anak saya nggak ‘parno’ dengan pekerjaan rumah tangga. Hal inilah yang diajarkan orang tua saya dulu, dan dalam pandangan saya suatu hari nanti anak-anak saya juga akan tumbuh dewasa dan menjadi suami atau istri orang.  Jadi menurut saya, terampil dalam melakukan kerjaan rumah tangga itu penting. Yang kecil pun (cowo, tujuh tahun) kebagian tugas yang ringan-ringan seperti cuci piring, cabut rumput, cuci sepeda, sampai cuci beras..he..he..

Saya dan suami selalu berusaha memiliki kesepakatan saat di depan anak. Dan tentunya kami buat kesepakatan ini senyaman mungkin untuk anak, tergantung situasi dan kondisi yang dihadapi. Saya dan suami berusaha untuk tidak menampilkan perbedaan pendapat di depan mereka. Percaya deh, ini sangat penting! Salah satu yang hingga saat ini nggak boleh dilanggar adalah, pulang sekolah harus tepat waktu. Kalaupun telat, harus ada alasan yang masuk akal. Kami juga selalu bilang ke anak-anak, “Tolong hargai keringat oran gtua untuk menyekolahkan kalian”. Puji syukur anak-anak kami selama ini nggak pernah mengingkari peraturan yang satu ini.

Selain itu, untuk menghadapi anak remaja ini juga ada triknya sendiri. Kalau yang saya lakukan sehari-hari nih misalnya :

  • Mengerti kesukaannya

Bukan berarti sekarang Cici lagi ngefans sama Lady Gaga, terus saya harus berpenampilan seperti dia ya! Tapi setidaknya kenali siapa sih yang lagi digandrungi, supaya saya nyambung kalo ngobrol dan bisa mengambil nilai positif dari tokoh yang lagi dia kagumi itu.

  • Bangga atas apa yang anak-anak lakukan

Misalnya Cici kebetulan mendapat beasiswa di sekolahnya, tentu saya dan suami bangga. Atau ketika Cici dan adiknya membantu pekerjaan rumah, jangan lupa ucapkan terima kasih dan sebelum memintanya melakukan sesuatu, katakan “tolong”. Nggak sulit kan?

  • Menjadi sahabat anak-anak saya

Saya membaca majalah yang mereka baca, kebetulan saya dan anak-anak sama-sama doyan baca buku. Kami sering sharing mengenai buku. Kenal dengan sahabat-sahabatnya, tanyakan kabar sahabat-sahabatnya sehingga ia merasa dihargai (tau sendiri kan buat remaja, teman itu segalanya deh!). Dari sini, saya jadi dapat banyak masukan yang memudahkan kita untuk punya bahan obrolan selayaknya seorang sahabat.

Oh iya, sejak Cici SMP saya bikin catatan lho tentang teman-teman, sahabat, guru-guru, hingga kejadian seputar dunia remaja buat ‘kebetan’ hehehe…

  • Habiskan waktu bersama.

Karena Cici perempuan, jadi saya sering menghabiskan waktu berdua dengan Cici dengan cara… nyalon bareng! Hehehe…

Asik kan punya anak remaja?

*Dikirim oleh Natalia Henny, Ibu dari  Carmelia Jessica Rachel, 16 tahun dan Lambertus Jason Daniel, 7 tahun.


20 Comments - Write a Comment

  1. Ah si emak.. Ga heran gayanya abg gitu, ternyata dia ‘terpengaruh’ gaya kawula muda dr cici haahahaha! Sampe pake gebetan bok! Hebat! :)
    Gw jg mau ah bikin gebetan gitu.. Jd nyambung ya sama anak..
    Great job mak!

  2. Mak, gw pikir elu mau sharing soal skin care, ternyata2 manstabb trik2 dan tipsnya, ntar mau gw praktekin ke anak gw, TFS. Bisa juga yaa ternyata gaya nulis yg ga ke-abg2-an hehehe :D

  3. weddeeeww..malyyuu abieezz guee..
    busset dah hanseep2..ngabsen semua..pantes aje ntuh pos sepii..begitu manusia possil alias sepuhnya keluaaarr..he..he..
    terimakasih bgeeet bwt penghormatannya semua..emaks2..*aseli malyyu bgeet* this is my perst teem..

    Maniiieezz
    pasti bisa,dear..banyaak jln ke rome ,say..kite bedue ga demen putu2an..he..he..susye bgeet daahh klo giliran mutu daaah..

    Ai
    AMiieenn..ga susah kok,say..

    Maaaakk Naraa
    kangeeeennnn..muaaaccchhh…

    Mandey
    ya beginilah nasebku..he..he..salam kenal yaa..klo mau tau penampakan aselinya? coleek lita deh..

    Litaaa
    ..bener2 malyyuu abieeezzz guee..seumur iddop gue.. perst tem nih shiuuww penampakan gue ..ga PD soalee..malyyu ma umoorr,mamaaakkss

    Maak ruuff..
    gebetaannnya maknyoos dahhh..tp gue bukan tommy rappeel yaa..wkwk..

    mutti
    guw ma wo yoo..maap klo salah..

    gelasorange..
    pa kbr,darleenk? luoong tem no see yaa..ddooww bukan doong..manusia possil sih iyaaakk..wkwk..nuhuuunnn pisaaan, teteeeh

    ilalaank..
    jiaah ..kaluuu skin kareee bukan di mareee,maak..pan udeh ada rumahnye di sebelah,maak..laen lagee nttuh..
    thanks bgeet,maakk

    all pouur uuuu biiiggg en warmeszzt huggzz..nuhuunn pisaaan..muaacch.

  4. Ampun dah, mak kluk2 reply nya gaul pisan. Kayanya emang semangat awet muda dari sononya nih. :D Tfs, moga2 saya sama Najwa kelak bisa sekompak itu. Cita2? Nyalon bareng teteuuup… (Masih lama ya kayanya? Secara baby Najwa baru 5 bulan. :D)

Post Comment