Kurir ASI; Untuk Ibu Bekerja Yang Menyusui :)

Pertama kali mendengar tentang kurir ASI, saya nyaris bertepuk tangan. Bagaimana tidak, dulu jaman saya masih memerah ASI dan sempat kejar tayang, saya kelimpungan memikirkan cara untuk mengirim ASI ke rumah hingga akhirnya saya menyewa tukang ojek langganan!.

Setelah mencari info sana sini dan sedikit Googling,  saya mendapatkan sebuah nama jasa kurir PT. ARGA NIRWANA EXPRESS. Setelah berkenalan langsung dengan pemiliknya, Fikri Nauval saya pun mendapat cerita dari beliau mengenai hal ihwal dibalik kemunculan jasa kurir ASI. Berikut penuturan Mas Fikri.

Bisnis ini awalnya adalah dari pengalaman pribadi. Istri saya adalah wanita karir, saat anak pertama dan kedua, istri saya gagal memberikan ASI eksklusif untuk buah hati kami. Ketika anak ketiga lahir dan saya sudah memiliki perusahaan jasa kurir, saya mulai memanfaatkan kurir-kurir saya untuk mengambil ASIP di kantor istri untuk kemudian mengantarkannya ke rumah. Alhamdulillah, anak saya  jadi bisa mendapatkan ASI eksklusif.

Tapi bagaimana dengan ibu-ibu lain? Saya kemudian melakukan survey kecil-kecilan ke beberapa mahasiswa dan pelajar mengenai masa depan mereka. Hampir 100% menjawab bahwa mereka ingin menjadi wanita karir atau melanjutkan sekolah lagi. Apa yang terjadi jika semua perempuan ingin kerja kantoran? Masa cuti tiga bulan mungkin bisa dikejar untuk ASI eksklusif, lalu sisanya bagaimana kalau mereka sudah kembali bekerja? Banyak kasus yang hanya terkejar hingga 4-5 bulan pertama, sisanya kalau kehabisan terpaksa mereka ‘menambal’ dengan susu formula.

Ya memang, banyak ibu yang sambil bekerja pun tetap mampu mengejar stock ASIP untuk si kecil. Tapi bagaimana kalau yang nasib ASI-nya pas-pasan? Perah hari ini untuk besok seperti istri saya? Dari jawaban-jawaban mereka saya mengambil kesimpulan pribadi bahwa generasi yang akan datang terancam akan semakin menurun tingkat pemberian ASI eksklusif-nya.

Dari situ akhirnya saya membuat satu divisi khusus kurir ASI, menambahkan divisi-divisi yang sudah ada. Selain ini adalah peluang yang bagus untuk kami karena  belum ada kurir yang dapat melayani pengambilan dan pengiriman ASI sekaligus, ini juga adalah bentuk kepedulian kami akan pentingnya pemberian ASI ekslusif.

Alhamdulillah pelanggan kami sudah mulai banyak. Padahal kami belum melakukan promo besar-besaran lho. Dalam satu hari kami bisa menjemput ASI sekitar 15 – 20 titik yang biasanya minta di jemput pada waktu yang bersamaan yaitu 11 – 2 siang. Saya makin semangat, karena ini berarti banyak ibu yang peduli akan pentingnya ASI bagi buah hati mereka.

Walaupun kedengarannya bisnis ini terlalu lancar, tapi nggak sedikit yang memandang sinis pada kami. Yah, kami anggap ini hanya satu masalah kecil, yang penting tujuan kami baik kok.

Yang membedakan ANExpress dengan jasa kurir biasa adalah; semuanya dipersiapkan secara khusus. Kami juga telah melakukan riset tentang bagaimana mempertahankan kualitas ASI selama perjalanan. Karena itu para kurir ASI kami dilengkapi dengan:

  • Tas khusus dengan lapisan bahan yang membuat ASI tetap pada kualitasnya
  • Ice gel yang dapat tahan dingin hingga 4 jam
  • Lakban untuk tutup botol ASI agar lebih steril lagi.

Jadi sekarang para ibu dapat bekerja dengan tenang dan tidak perlu stress memikirkan bagaimana mentransfer ASIPnya ke rumah, apalagi kalau harus lembur di kantor atau ada meeting lanjutan hingga larut malam. Mudah-mudahan apa yang kami sediakan dapat memberikan angin segar untuk para ibu menyusui dan membantu para ibu untuk memberikan yang terbaik untuk anaknya :).

Hebat ya, Mas Fikri ini. Para mommies yang mau menggunakan jasa Kurir ASI harus mem-booking kurir terlebih dahulu maksimal 1-2 jam sebelum waktu pengambilan dengan menghubungi kantor ANExpress di 021-7663413 /021-70640917.

Biayanya pun menurut saya relative murah kalau memikirkan manfaat ASI untuk si kecil. Jakarta – Jakarta Rp 25, 000 dan Jakarta – Depok/Bintaro/Bekasi Rp 35,000



39 Comments - Write a Comment

Post Comment