Cara Cepat Mengatasi Muka Capek dan Kusam

by: - Thursday, December 23rd, 2010 at 11:26 am

In: Mommies Gear Product Review 74 responses

0 share

Foundation sebenarnya adalah salah satu makeup yang wajib dimiliki oleh semua wanita. Dengan instan, foundation dapat menyulap wajah kita yang terlihat capek menjadi kinclong. Pasti sering dong kejadian dimana perlu pergi ke kantor atau arisan, tapi terpaksa bergadang semalaman karena anak sakit? Ini nih saat yang paling tepat untuk melirik foundation demi menyelamatkan penampilan kita :)

Pasti kalau mendengar kata ‘foundation’ yang terbayang ribetnyakan? Kalau saya perhatikan, banyak sekali wanita lebih memilih memakai alas bedak two way cake atau powder foundation ketimbang jenis yang cair atau yang lainnya karena bentuknya yang praktis. Coverage yang ditawarkan bagus dan pemakaiannya gampang, hanya tinggal menyapukan produk dengan menggunakan spon yang biasanya sudah disediakan.

Tapi sejujurnya saya paling tidak suka hasil pemakaian dari two way cake dan powder foundation karena terlalu tebal dan biasanya cakey. Dulu, sebelum punya anak saya punya waktu lebih banyak untuk berdandan dipagi hari. Ritual makeup saya panjang. Untuk muka saja saya bisa pakai primer, foundation cair baru kemudian bedak tabur. Tapi setelah punya anak Raysa, keseringan waktu berdandan jadi sangat singkat, jadi sudah tidak mungkin untuk memakai foundation cair yang perlu waktu lebih lama untuk dibaurkan supaya tidak kelihatan seperti ‘topeng’.

Nah, sebagai alternatif sebenarnya saya lebih suka BB Cream dan Mineral Foundation, karena pemakaiannya gampang dan hasilnya juga bagus dan saya bisa mendapatkan hasil yang terlihat ringan maupun sedikit lebih tebal untuk acara lebih formal.

1. BB Cream

BB Cream dikenal sebagai makeup dan skincare, jadi selain bisa menutupi noda-noda di wajah dan juga dapat memperbaiki kondisi kulit jika dipakai dalam waktu lama. Biasanya juga BB Cream sudah memiliki Sun Protection Factor. Produk BB Cream terakhir yang saya dan Affi coba adalah Maybelline BB Cream dan dengan harga Rp 35,000 kami cukup puas dengan hasilnya! Maybelline BB Cream ini bisa meratakan tone kulit kita jadi terlihat lebih cerah dan juga membuat kulit muka jadi lebih glowy.

Hasil dari BB Cream ini juga tidak terlalu tebal, tapi cukup untuk mencerahkan muka dan menyamarkan noda di muka. Cara pakainya juga gampang kok. Kalau mau menggunakan jari, keluarkan sedikit produk Maybelline BB Cream dari tubenya (besarnya sekitar biji kedelai), kemudian taruh dibeberapa titik seperti dahi, hidung, pipi kanan dan kiri (taruh di beberapa titik di daerah ini) dan dagu. Kemudian tepuk-tepuk jari kita kemuka untuk meratakan produk BB Cream dan sedikit-sedikit diusap-usap ringan.

Sebenarnya untuk hasil saya lebih suka kalau meratakan BB Cream ini dengan menggunakan brush, ambil brush apa saja yang ukurannya besar dan gunakan brush sebagai pengganti jari kita untuk meratakan BB Cream. Setelah itu, set BB Cream dengan loose powder. Jangan salah loh, pemakaian BB Cream ini cepat sekali nggak repot.

Ini ada foto sewaktu Affi menggunakan BB Cream, kelihatankan mukanya kinclong :)

2. Mineral Makeup

Produk yang kedua yang saya sukai adalah Mineral Makeup. Karena selain cocok untuk kulit yang sensitif, produk ini juga coveragenya cukup bagus bisa tipis hingga tebal. Jadi kalau lagi banyak bekas jerawat bisa nutupin. Walaupun bentuknya seperti bedak tabur, sebenarnya foundation dari Mineral Makeup ini tetap fungsinya foundation jadi tidak setipis loose powder hasilnya. Di foto yang saya pajang disamping ini, saya hanya memakai mineral makeup loh untuk foundationnya. Hasilnya cukup baguskan?

Penggunaannya juga praktis banget, tinggal pakai brush dan dengan gerakkan memutar applikasikan produk kemuka. Tapi waktu mengambil produk dari wadahnya dengan menggunakan brush, jangan lupa ketuk dulu brushnya ke wadahnya supaya tidak mengambil bubuk terlalu banyak sehingga menghasilkan makeup yang terlalu medok :p

Biasanya Mineral Makeup Foundation yang dijual dipasaran sudah dijual berikut dengan brush yang sudah mencukupi demi kegunaann sehari-hari. But if I could choose, I would prefer to buy a separate one, which is another story altogether :)

Yang cukup gampang ditemukan adalah Maybelline Smooth Mineral Foundation, L’oreal True Match Mineral Foundation dan MAC Mineral Loose Foundation, sesuai urutan harga dari yang paling murah sampai mahal, walaupun saya lupa tepatnya berapa harga masing-masing produk tersebut.

L’oreal True Match dan MAC Mineral Loose Foundation

Dibawah ini ada cara pemakaian mineral makeup yang saya ambil dari website Maybelline.

Share this story:

Recommended for you:

74 thoughts on “Cara Cepat Mengatasi Muka Capek dan Kusam

  1. Pingback: Mommies Daily
  2. Pingback: desi pujilestari
  3. Pingback: Anatasia Ersam
  4. Pingback: Mrs. TW
  5. Pingback: Ikha kusumadewi
  6. Pingback: novi mama allafta
  7. Pingback: Fashionese Daily
  8. Pingback: mira a
  9. Pingback: Ervina Sumitro
  10. Pingback: butikbunda dot com
  11. Pingback: wirasakti ibrahim
  12. Pingback: Mommies Daily
  13. wow, thanks amalia for the info! senang sekali diriku..hihihi..jadi pengen nyobain maybelline bb cream…btw padahal dirumah ada tuh l’oreal true matchnya, tapi kurang pinter makenya :p

    1. Maaf yah baru bales, BTW makeup-an tuh kayak naik sepeda aja. Makin banyak latihan makin jago. Dicoba2 ajah dirumah dulu. Yang paling enak emang aplikasinya pake gerakkan memutar (brushnya)

  14. *tutup muka* baru ngeh kalo BB cream itu buat muka… aku pikir pas denger iklan radio yg cm sepintas itu buat krim anti baubadan. Pantes bingung, ngapain maybelinne bikin krim bau badan -_-

      1. katakan padaku sekarang juga… BB yang ini singkatan dari apa? kok banyak banget yang ngeluarin? *biasa cuman oles yogurt buat maskeran*

    1. BB itu sebenernya asalnya singkatan dari Blemish Balm Cream, tapi pada prakteknya sekarang nggak ada hubungannya dengan jerawat :p

      BTW Yoghurt bagus loh buat bikin muka cerah dan memberi moisture lebih ke kulit kering :)

  15. gw pake bb cream niiiih… udah setahunan deh, dulu pake yg korea2an, terus skg ada caring gw udh coba juga. tapi si maybelline belum nih.
    berasanya sih, mukanya lebih ‘dandan’ tapi juga ga tebel gemana gitu kaya mo kawinan. jadi menurut gw, pas lah buat emak2 yang sellalu merasa nggak punya waktu buat dandan (atw kaya gw yang ga bisa dandan, hihihi)

      1. Blemish Balm Cream asalnya. Sekarang emang udah terkenal dengan BB Cream ajah secara singkatan dan nggak ada kaitannya dengan jerawat2an deh :p

  16. I vote for BB Cream! Awalnya dapet lungsuran BB Cream Skin Food Aloe dari Lita (makirit bok, hehehe..). Eh tau-tau cocok sampe sekarang. Hemat pula. Pake dikit, bisa diratakan ke seluruh wajah. Tahan lama juga, jadi gak perlu bolak-balik oles lagi. Muka jadi keliatan agak dandan, tapi gak setebal mukanya artis sinetron.

    Oh ya dulu gue sempat pake Mineral Foundation. Berhubung gue kurang sabaran orangnya, capek ya proses pakenya, kurang praktis IMHO. Dan karena bentuknya bubuk, jadi deh tiap pake itu bubuknya bertebaran kemana-mana. Mana sekarang udah punya Nadira. Dia nggak bisa anteng liat emaknya dandan, maunya ikutan terus. Alhasil, brush-nya diambil lah, foundie-nya dijambret lah, rempong to the max. So for now I’ll stick to BB Cream aja deh :-)

  17. yappppp aku suka dua2nya…kalau pake yang mineral, aku ga bedakin lagi, karena berasa barusan bukan make foundie..hehe. tapi kekurangannya ribet, itu brush kudu dikeluarin dari tempatnya, ntar masukin lagi..(gue belinya yang maybelline) TFS mba amalia, salm kenal juga. hehe :)

  18. wow mencerahkan sekali sharingnya..secara dr msh gadis smpe udah pny anak ga demen dandan. sampe2 suami komentar “dandan dikit kek!” huaaaa (eh maap jd curcol) :p kayaknya buat aku yg pemula dandan gini better pake BB Cream kali yah..mau coba aaahhhh..TFS yah, Mbak Amalia. salam kenal :)
    BTW, pemakaian kosmetik ini ngaruh ga yah ke ASI? ada tmn ku blg, takutnya bahan kimia yg ada dlm kosmetik diserap sm tubuh si mommy..

    1. Sineeya, kalau Mineral Foundation dikenal aman ingredientnya makanya untuk kulit yang sensitif dianjurkan untuk memakai Mineral Foundation. Memang ada beberapa ingredient yang harus dihindari orang hamil (tapi harus dicek lagi apa sama dengan yang harus dihindari Ibu menyusui). Nanti untuk lebih lengkapnya mungkin bisa ditulis di artikel lain kali yah :)

  19. aku pake bb cream dari missha (korea line make up) enak bgt muka jadi smooth glowing gitu tinggal ditambah loose powder erha true matte then i am good to go (urutannya-sunblock dokter-bb ceam-loose powder), aku lagi under treatment dokter muka yang pake ngelotok2 gitu, so far bagus aja pake si bb cream missha asal abis itu bersihinnya menyeluruh ya pake cleansing milk/oil.

    1. Della, katanya memang yang perawatan dokter malah cocok pake BB Cream. Di Forum Female Daily banyak banget pembahasan tentang BB Cream kalau tertarik mau coba merk lain.

  20. Wow bener2 artikel yg mencerahkan buat saya. Secara sy orgnya paling males dandan, apalg stlh lahir anak ke-3, udh ga dandan lg kalo pergi2. Walhasil muka sy yg item ini jd tambah kusam. Walau misua ga komplain tp ngeri jg kalau tiba2 dia ngelirik ke yg lbh kinclong ☺. Ga sabar pingin cepat2 beli maybeline BB cream.

    Thanks ya,
    Salam kenal ya, Amalia

    1. Hi Arum sorry for the late reply. Kalo pakai BB Cream nggak usah pakai foundation lagi. Tapi coveragenya tipis, kalau mau yang tebal lebih baik pakai foundation saja.

  21. bisa mutihin ga?
    berminyak g saii?
    q plg mls kalo awalnya aja klytan ptih trus klo ud siang jd berminyak n item lagi
    pakai bedaknya pa say?
    klo pake yang clear smooth padat tu q bnyk bgd komedonya
    makasi eaa

    1. Arum, nggak bisa mutihin product ini. Biasanya kalau mau cari yang ada whiteningnya lebih baik pakai skincare.

      Lebih baik kalau pakai foundation yang warnanya senada sama muka biar nggak kaya pakai topeng. Kalau shade kamu medium, lebih baik pakainya tipis-tipis saja biar nggak keputihan.

      Kalau produk ini nggak bisa menahan minyak. Lebih baik ditengah hari di touch up lagi bedaknya. Bedaknya lebih baik pakai yang bedak tabur karena kalau pakai bedak padat akan terlalu tebal hasilnya.

  22. hua hua nua …. baru bacaaaa….. keren nih… kewreeen, dari dulu penasaran sm BB cream cuma takut aja gak cucok buat kulit eikeh yg berminyak. Soalnya pake foundie lsg jerawatan, ni muka emang ndeso banget deh, pake mekap tebelan dikit lsg jerawatan :(( beli ahhhhh…. atooo MD mo bikin kuis berhadian BB cream? *ngarep* *emak gratisan8 *banci kuis*

    1. dith aku udah pake yang maybelinne. emang ngurangi minyak ya, tapi kalo bekas luka *duile kayak korban kekerasan* alias menghitam karena pigmentasi tetep ga kepegang sama BB cream. Tetep harus pake foundie atau bahkan concealer

  23. Amalia,
    Biar siangnya muka ga berminyak kan hrs ditouch up lagi pake bedak. Bedaknya lebih baik pakai yang bedak tabur kira2 bedak merk apa yg oke buat muka normal kayak aku ya?
    Thks

  24. waaaa… kamu dah pake ya dep? bole dong colek dikit buat ciciper huahahahah *tetep ngarep gratisan*
    eh eniwei baswei, BB cream itu ada bbrp merk to? yg lokal dan terjangkau aja deh, kaya pac, pond’s ato revlon gitu bikin juga gak?

  25. wah ini artikel inspiring banget..begitu baca, pas jalan di C4 tuing tiung otomatis langsung ke counter kosmetik nyari si mineral foundation… emang top markotop deh.. setelah pake sunblock ku trus si mineral, gak perlu pake bedak lagi, udah keliatan cerah… ampuh banget buat emak2 kayak gw yang males dandan sblm ngantor (karena hrs ber-ojek n ber bis ria) n baru dandannya pas di kantor dgn kecepatan kilat… two thumbs up 4 this article!!

  26. hidup mineral foundation! sangat cucok u orang kyk gue yg males dandan ribet :P

    kalo mau pesta baru gue kasih foundation cair tp cuma di bagian bawah mata n hidunf..selebihnya, pake mineral foundation aja..

  27. mbak,,,,gimana kalo kulit yang kering?
    bagusnya make yang mana,,,,,aq ga tau tentang make-up karena jarang n ga pernah pake make-up,n juga ga tau cara merawat kulit wajah yang bener,,alhasil di umur ku yang 21 ni kulit muka ku sedikit kering,,,,,n ditempat kerja aq ngerasa minder aja n pengen coba merawat wajah biar bisa sedikit lebih cerah n kencang,,,,
    minta masukan na dunkz mbak,,,,,,,
    makasih ya mbak,,,,,
    ditunggu sarannya

  28. @ dini

    bb cream malah tadinya buat kulit yang berjerawat. tapi sekarang udah buat macem2 kaya antiaging, jerawat, dll
    aku pake bb cream diatas krim pagi dokter so far no problemo
    cobain aja beli ukuran sampel, dijamin ga nyesel ^__^

  29. Pingback: leni s
  30. Pingback: suci melanie
  31. Pingback: Mommies Daily
  32. Pingback: eline setiawan
  33. Pingback: Yuni
  34. Pingback: intanasrinurani
  35. Pingback: Dharmesta

Leave a Reply