Cara Cepat Mengatasi Muka Capek dan Kusam

Foundation sebenarnya adalah salah satu makeup yang wajib dimiliki oleh semua wanita. Dengan instan, foundation dapat menyulap wajah kita yang terlihat capek menjadi kinclong. Pasti sering dong kejadian dimana perlu pergi ke kantor atau arisan, tapi terpaksa bergadang semalaman karena anak sakit? Ini nih saat yang paling tepat untuk melirik foundation demi menyelamatkan penampilan kita :)

Pasti kalau mendengar kata ‘foundation’ yang terbayang ribetnyakan? Kalau saya perhatikan, banyak sekali wanita lebih memilih memakai alas bedak two way cake atau powder foundation ketimbang jenis yang cair atau yang lainnya karena bentuknya yang praktis. Coverage yang ditawarkan bagus dan pemakaiannya gampang, hanya tinggal menyapukan produk dengan menggunakan spon yang biasanya sudah disediakan.

Tapi sejujurnya saya paling tidak suka hasil pemakaian dari two way cake dan powder foundation karena terlalu tebal dan biasanya cakey. Dulu, sebelum punya anak saya punya waktu lebih banyak untuk berdandan dipagi hari. Ritual makeup saya panjang. Untuk muka saja saya bisa pakai primer, foundation cair baru kemudian bedak tabur. Tapi setelah punya anak Raysa, keseringan waktu berdandan jadi sangat singkat, jadi sudah tidak mungkin untuk memakai foundation cair yang perlu waktu lebih lama untuk dibaurkan supaya tidak kelihatan seperti ‘topeng’.

Nah, sebagai alternatif sebenarnya saya lebih suka BB Cream dan Mineral Foundation, karena pemakaiannya gampang dan hasilnya juga bagus dan saya bisa mendapatkan hasil yang terlihat ringan maupun sedikit lebih tebal untuk acara lebih formal.

1. BB Cream

BB Cream dikenal sebagai makeup dan skincare, jadi selain bisa menutupi noda-noda di wajah dan juga dapat memperbaiki kondisi kulit jika dipakai dalam waktu lama. Biasanya juga BB Cream sudah memiliki Sun Protection Factor. Produk BB Cream terakhir yang saya dan Affi coba adalah Maybelline BB Cream dan dengan harga Rp 35,000 kami cukup puas dengan hasilnya! Maybelline BB Cream ini bisa meratakan tone kulit kita jadi terlihat lebih cerah dan juga membuat kulit muka jadi lebih glowy.

Hasil dari BB Cream ini juga tidak terlalu tebal, tapi cukup untuk mencerahkan muka dan menyamarkan noda di muka. Cara pakainya juga gampang kok. Kalau mau menggunakan jari, keluarkan sedikit produk Maybelline BB Cream dari tubenya (besarnya sekitar biji kedelai), kemudian taruh dibeberapa titik seperti dahi, hidung, pipi kanan dan kiri (taruh di beberapa titik di daerah ini) dan dagu. Kemudian tepuk-tepuk jari kita kemuka untuk meratakan produk BB Cream dan sedikit-sedikit diusap-usap ringan.

Sebenarnya untuk hasil saya lebih suka kalau meratakan BB Cream ini dengan menggunakan brush, ambil brush apa saja yang ukurannya besar dan gunakan brush sebagai pengganti jari kita untuk meratakan BB Cream. Setelah itu, set BB Cream dengan loose powder. Jangan salah loh, pemakaian BB Cream ini cepat sekali nggak repot.

Ini ada foto sewaktu Affi menggunakan BB Cream, kelihatankan mukanya kinclong :)

2. Mineral Makeup

Produk yang kedua yang saya sukai adalah Mineral Makeup. Karena selain cocok untuk kulit yang sensitif, produk ini juga coveragenya cukup bagus bisa tipis hingga tebal. Jadi kalau lagi banyak bekas jerawat bisa nutupin. Walaupun bentuknya seperti bedak tabur, sebenarnya foundation dari Mineral Makeup ini tetap fungsinya foundation jadi tidak setipis loose powder hasilnya. Di foto yang saya pajang disamping ini, saya hanya memakai mineral makeup loh untuk foundationnya. Hasilnya cukup baguskan?

Penggunaannya juga praktis banget, tinggal pakai brush dan dengan gerakkan memutar applikasikan produk kemuka. Tapi waktu mengambil produk dari wadahnya dengan menggunakan brush, jangan lupa ketuk dulu brushnya ke wadahnya supaya tidak mengambil bubuk terlalu banyak sehingga menghasilkan makeup yang terlalu medok :p

Biasanya Mineral Makeup Foundation yang dijual dipasaran sudah dijual berikut dengan brush yang sudah mencukupi demi kegunaann sehari-hari. But if I could choose, I would prefer to buy a separate one, which is another story altogether :)

Yang cukup gampang ditemukan adalah Maybelline Smooth Mineral Foundation, L’oreal True Match Mineral Foundation dan MAC Mineral Loose Foundation, sesuai urutan harga dari yang paling murah sampai mahal, walaupun saya lupa tepatnya berapa harga masing-masing produk tersebut.

L’oreal True Match dan MAC Mineral Loose Foundation

Dibawah ini ada cara pemakaian mineral makeup yang saya ambil dari website Maybelline.