Es Krim Rhubarb Pink

Diawali dari hunting sereal Froot Loops dan Marshmallow buat persiapan treats ulang tahun anak, saya mencari kedua benda ini sampe Kemchick dan Ranch Market Kemang. Dan di dua tempat itu semuanya nggak punya barang yang saya cari *Oh dimanakah saya bisa menemukannya*. Nah, sebagai ibu-ibu sejati yang sering belanja nggak penting, jadilah saya kelilingi semua rak di Kemchick. Sampai di bagian sayuran, saya nemu batang-batang merah seperti seledri tanpa daun yang ternyata bernama Rhubarb Australia. Lalu saya teringat, di beberapa buku masakan dan es krim yang saya punya, ada beberapa resep yang melibatkan sayur/buah yang namanya Rhubarb. Akhirnya, masuk juga deh di keranjang belanja walaupun nggak ngerti mau diapain…pokoknya beli dulu lahhh *impulsive buyer*.

Dari info yang saya dapatkan di buku “Super Baby Food” – Ruth Yaron, Rhubarb mentah nggak boleh dimakan karena rasanya aseeeemmmm buanget, daunnya pun nggak akan pernah ditemui di supermarket karena racunnya fatal. Ih ngeri dong dong dong. Tapi, kalo udah dipajang di rak sayuran supermarket ternama dan nggak berdaun, nggak mungkin lah beracun *semoga*. Baunya sih emang aneh, antara bau tanah, apek dan sangit.

Dan ternyata oh ternyata, setelah diolah emang enyak banget rasanya. Hampir mirip dengan strawberry, rasanya asem manis dan warnanya merah marun cantik gitu! Setelah dicampur cream dan yogurt, warnanya jadi pinky!

Nah, saya akan share hasil percobaan saya ini. Dijamin enak!

Resep Es krim Rhubarb ini saya dapatkan dari buku “500 Ice Creams & Sorbets” – Alex Barker, menghasilkan kurang lebih 1 Liter es krim

Bahan:

  • 450gr Rhubarb, potong kecil-kecil.
  • 115gr gula halus (bisa dikurangi kalo nggak doyan manis)
  • 1-2 sdt ekstrak vanili (cair)
  • 1/2 sdt bubuk kayu manis
  • 280ml whip cream, kocok
  • 280ml plain yogurt kental

Cara memasak:

  1. Masukkan Rhubarb, gula halus, vanili ke dalam panci, tutup dan panaskan dengan api kecil selama 8 menit. Aduk sesekali hingga Rhubarb empuk dan hancur seperti selai. Matikan api, haluskan potongan-potongan yang masih ada dengan blender 5 detik saja/saringan. Masukkan bubuk kayumanis, aduk. Sisihkan.
  2. Campurkan whip cream yang sudah dikocok dengan yogurt plain, tambahkan Rhubarb. Aduk.
  3. Kalau punya mesin pembuat eskrim, tinggal masukkan adonan dan gunakan alat seperti yang sudah diinstruksikan.
  4. Kalau pakai cara manual, taruh adonan dalam mangkok yang cukup lebar, bekukan dulu selama 4-6 jam di freezer. Lalu cacah-cacah/tusuk-tusuk dengan garpu supaya kristalnya pecah, mixer sebentar lalu bekukan lagi selama 4 jam. Lakukan sebanyak 4 kali, baru pindahkan eskrim ke wadah penyimpanan.
  5. Eskrim Rhubarb pinky siap disajikan!

Selamat mencobaaaa!


27 Comments - Write a Comment

  1. waktu itu saya pernah beli fruit loops di foodhall kelapa gading untuk ultah anak saya juga. Sis bisa buat aktivitas di pesta dengan itu. Caranya pakai tali elastis bersih, trus ajak anak meronce. Masukan saja tali ke dalam lubang fruit loops. Setelah selesai, kalung atau gelang fuit loopsnya bisa dimakan, yummy!

    1. Alhamdulillah akhirnya udah dapet tuh si FrootLoops sama marshmallownya di Grand Lucky… Idenya OK banggetttt!!! Sayangnya aku ga ngerayain dirame2in gitu, rencana cuma bagi makanan dan goodie bag di kelasnya dia doang :D emaknya gak pandai planning party -_-

Post Comment