Apakah Keputihan Pada Saat Hamil Berbahaya?

by: - Tuesday, November 2nd, 2010 at 8:36 am

In: Expert Corner Mommies OBGYN Pregnancy 8 responses

0 share

Hi Dokter Indra,

Saya saat ini sedang hamil 32 minggu. Sewaktu belum hamil, saya beberapa kali mengalami keputihan tapi jarang. Menginjak kehamilan minggu ke 28 atau bulan ke 7, saya mengalami keputihan yang makin banyak. Saya takut berbahaya bagi janin sekarang dan pada saat kelahiran bayi nanti. Apakah saya harus ke dokter untuk konsultasikan mengenai hal ini.

Apa yang bisa di sarankan kepada saya?

Terima kasih.

-Fauziah Sartika

Dear Fauziah,

Prose kehamilan dapat memicu terjadinya sekret vagina yang berlebih akibat peningkatan hormon Estrogen dan hormon lain pada saat hamil.

Peningkatan hormon Estrogen diperlukan agar mulut rahim perlu mencapai kematangan pada tingkat tertentu. Makin tua kehamilan maka sekret tersebut akan meningkat dan pada saatnya nanti mulut rahim yg sudah matang tadi akan mempermudah proses persalinan.

Tentu pada saat pemeriksaan kehamilan kedokter sebaiknya diutarakan keluhan ini, agar dokter dapat menditeksi ada tidaknya infeksi didaerah genital luar. Karena infeksi didaerah genital luar (vagina atau mulut rahim ) dapat memicu terjadinya ketuban pecah, dan bisa terjadi prematuritas atau infeksi dalam rongga ketuban.

Mudah-mudahan hal ini tidak terjadi pada ibu dan janin didalamnya. Amin.

Salam Dr. Indrawati Dardiri

Share this story:

Tags:

Recommended for you:

8 thoughts on “Apakah Keputihan Pada Saat Hamil Berbahaya?

  1. Pingback: Mommies Daily
  2. Pingback: Dinni Destiani
  3. Pingback: Sammikka's mom
  4. wah gw banget nih, keputihan saat hamil di usia kehamilan 7 bulan keatas. bener2 parah keputihannya, sampe gw dikasih obat sama obgyn yg kudu dimasukin ke vagina *sigh* dan satu lagi nasehat obgyn yg gw inget banget, saat berhubungan suami istri, wajib pake kondom :D katanya untuk mencegah bolak balik sumber penyakit keputihannya, hehehe…

  5. Pingback: lita iqtianti
  6. duuhh.. aku bangeeet neehh.. di kehamilan minggu ke20 ini keputihannya makin banyak apalagi kalau kecapean, jadi sekarang kalau ngantor selalu bawa ganti karena ga berani pake pantyliner’s konon katanya pantyliners malah memacu keputihan jadi makin banyak :(

  7. Sebelumnya pernah keputihan di kehamilan minggu ke 24 hampir menjurus warna ke kehijauan, kata dokter faktor air dirumahku lagi jelek. Eh skrg, aku keputihan lagi di minggu ke 32 tapi bening sih. Takutnya air ketuban. Warna ketuban itu apa sih? aku jd agak takut. :(

Leave a Reply