Mungkinkah Saya Hamil? Padahal Saya Sudah Pakai IUD!

Dear dr Indra,

Saya Ibu dari 1 anak dan berusia 23 tahun, saya memakai spiral atau IUD Nova T, tapi di bulan September ini saya belum dapat haid juga.  Sedangkan dibulan Agustus kemarin, saya dapat haid banyak dan saya takut hamil lagi karena anak saya masih 4 bulan. Mohon jawabannya ya dok.

Terima kasih.

- Ria Indriani

Dear Ria,

Intra Uterin Device (IUD) merupakan alat kontrasepsi yang banyak menjadi pilihan di Indonesia. IUD merupakan salah satu alat kontrasepsi yg memiliki keunggulan karena tidak menuntut kedisiplin tinggi dan mempunyai efek perlindungan terhadap kehamilan yang hampir sempurna yaitu mendekati 98%. Tentu semua kontrasepsi tidak ada yang mempunyai efek perlindungan yang 100%, karena beberapa alasan medis.

Karena IUD umumnya bukan merupakan kontrasepsi hormonal ( walau adajuga yang mengandung hormon ) maka efek terhadap haid khususnya gangguan siklus, maka haid akan datang sesuai dengan siklus tetapi biasanya lebih panjang hari haidnya dan lebih banyak jumlahnya.

Mengenai keterlambatan haid yang terjadi pada akseptor IUD pasca melahirkan, bisa diakibatkan mungkin karena pasien menyusui atau laktasi, terutama ASI eksklusif. Jadi hal ini tidak mengapa terjadi. Tetapi bisa juga terjadi karena kegagalan IUD seperti yang tersebut diatas.
Jadi saran saya, sebelum ibu mengunjungi dokter mungkin dapat segera mengecek hormon kehamilan yang ada pada air seni, dengan test kehamilan yg mudah dan dapat dilakukan sendiri.

Demikian penjelasan dari saya, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Salam, Dr. Indrawati SpOG

* Gambar diambil dari http://effectivecontraception.com


41 Comments - Write a Comment

  1. kumet, kakak gw baru mens lagi pas anaknya umur 13 bulan *kalo ga salah* harusnya sih ga ush khawatir ya, either belum aktif lagi sistem reproduksinya atau yaaaa… hamil *loh, malah nakut2in, hihihi*

  2. wah jadi inget, ada 2 teman gw secara bersamaan dah pake IUD eh hamil. mereka semua hamil dgn IUD di dalem, terus pas abis operasi (caesarian), IUD nya dikeluarin dan modelnya sudah tidak beraturan :D. kt teman gw yang satu, dia sih gara2nya dipijit di bagian perut, dan mgkn itu yg nyebabin geser IUDnya…

  3. yup this is what happened to me..bln april saya pasang spiral nova T. akhir agustus saya telat mens. saya coba testpack, and yes, its positive..tp sygnya saya keguguran..mau ga mau spiral dicabut krn bidan blg mencegah hal2 yg ga diinginkan di kemudian hari..smpe saat ini saya blm pake KB lg..mau spiral lg, tp hrs tunggu maks enam bln..

  4. ‎​ãw..ãw..ãw..ãw. Mmg tyt terbukti, mau KB apapun jg,kl Allah Swt menghendaki jadi maka jadilah.hmm..pake IUD aja msh bs hamil.
    Pdhl rencana stlh anak keduaku lahir,insyaallah,aq mau psg IUD.yach,mgkn pasang IUD smbl pasrah aja deg,kl emg tetep dkasih y berarti rezeki,n g blh ditolak.tul g mommies? ;)

Post Comment