Tips untuk Mencegah Timbulnya Stretch Marks

by: - Monday, October 11th, 2010 at 10:25 am

In: Mommies Pregnancy 47 responses

0 share

Untuk Ibu hamil mungkin banyak kekhawatiran yang lebih penting daripada sekedar memusingkan stretch marks. Tapi sebagai perempuan, sedikit banyak pasti terbersit kekhawatiran mengenai bentuk tubuh yang berubah pada saat atau setelah kehamilan. Salah satunya yang menghantui lama setelah kelahiran itu sendiri adalah stretch marks!

Hal ini mungkin hampir tidak bisa dihindarkan. Bayangkan saja, badan kita membesar sedikit demi sedikit selama 9 bulan untuk menjadi rumah bagi bayi kita. Banyak yang badannya melebar hampir dua kali lipat dari asalnya. Jadi wajar dong, kalau pada saat badan kita kembali ke bentuk semula *ngarep banget ini sih ya ?* , ada sedikit hadiah dari sisa hasil perjuangan kita selama berbulan-bulan yang indah itu.

Apa sih stretch marks itu?

Stretch marks sebenarnya bisa dibilang bekas luka pada kulit yang menghasilkan kulit yang agak kasar dengan sedikit semburat kasar dan warnanya agak sedikit lebih tua dari kulit kita sendiri. Hal ini disebabkan oleh terjadinya perobekkan dermis atau lapisan kulit dan seiring dengan waktu bekas luka tersebut bisa tersamarkan tapi tidak dapat menghilang seluruhnya.

Penyebab dari timbulnya stretch marks itu sendiri sebenarnya karena terjadinya peregangan pada kulit yang terjadi pada waktu yang sangat pendek. Bisa disebabkan oleh pertumbuhan atau penambahan berat, dalam hal ini karena pertumbuhan bayi dalam rahim sehingga rahimpun merengang untuk mengakomodasi pertumbuhan bayi. Biasanya stretch marks baru muncul pada bulan ke 6 atau 7 kehamilan (atau trimester ketiga) dimana kulit kita lagi melar-melarnya.

Bagaimana cara meminimalisir timbulnya stretch marks?

Kalau ngubek-ngubek thread ini, pasti nemu banyak sekali krim dan hasil ramuan sendiri yang direkomendasikan dan disinyalir manjur untuk meminimalisir atau bahkan mencegah timbulnya stretch marks. Kalau kita rajin dari awal kehamilan sampai akhir memakai krim atau ramuan tersebut, banyak kok Mommies yang berhasil lolos dari jeratan stretch marks, atau paling nggak lulus dengan sedikit stretch marks :)

Tapi ingat yah! Harus disiplin. Dan dimulai dari semakin dini semakin baik.

Krim ini dipakai di daerah yang sedang/akan melar, seperti perut, paha, lengan dan pantat – tapi mungkin lebih baik lagi kalau dipakai dilebih banyak tempat. The more the merrier :) Kulit yang lembab akan meminimalisir timbulnya stretch marks pada saat terjadi peregangan.

Krim yang mengandung Vitamin E bisa membantu mencegah timbulnya stretch mark. Cocoa butter juga disebut sebagai salah satu ingredient yang dikenal sangat moisturizing, oleh karena itu banyak juga ibu hamil yang mencari krim yang mengandung kandungan tersebut.

Pantangan yang paling penting adalah jangan digaruk! Pasti tergoda banget deh untuk menggaruk kulit kita selama hamil karena terasa sangat gatal, yang kemungkinan besar disebabkan oleh keringnya kulit yang sedang melar dan semakin digaruk katanya akan semakin ‘terluka’ kulit kita dan menyebabkan stretch mark yang makin banyak. Biasanya kalau sudah terasa gatal saya akan mengoleskan krim ke daerah yang gatal tersebut.

Krim yang biasa dipakai untuk melawan timbulnya stretch marks?

Yang paling gampang ditemui dan sering dianjurkan waktu saya hamil dulu sih Stretch Marks Creamnya Mothercare & Mustela. Banyak juga yang memakai body lotion atau body butter yang mengandung cocoa butter dari merk Palmer’s atau The Body Shop. Untuk body butter sendiri sebenernya sudah sangat moisturizing jadi cukup membantu kelembapan kulit kita.

Ada juga malah yang memakai minyak zaitun untuk mencegah datangnya stretch marks. Memang minyak zaitun ini kalau dipake berasa sekali lembabnya, tapi yang mengganggu adalah rasanya oily dan sticky banget. Saya sih lebih memilih produk jadi seperti olive body butter dari The Body Shop atau Mustika Ratu.

Ada juga produk yang saya dengar ampuh banget buat mencegah atau membantu menyamarkan stretch marks dari Strivectin SD Stretch Marks Cream, tapi harganya yang lumayan (sekitar 2 juta), bikin agak mikir-mikir juga sih untuk membelinya :)

Ramuan untuk stretch marks

Kalau ramuan dibawah ini sudah terbukti keampuhannya. Sudah dicoba sendiri oleh Debbie, Beauty Editor di sister site kami Fashionese Daily. Katanya perut sama lengannya Debbie bebas dari stretch marks, dan di bagian paha yang tidak pernah diolesi oleh ramuan ajaibnya dia ini memang timbul stretch marks.

15-20 tetes Rosehip dicampur dengan carrier oil (carrier oilnya pakai dari Sari Ayu yang soy based)
atau

15 tetes Tangerine/Mandarin + 50 ml carrier oil
atau

5 tetes Mandarin + 5 tetes Neroli + 5 tetes Lavender + 50 ml carrier oil
Dioleskan di perut dan lengan setiap sehabis mandi pagi dan malam biar nggak stretch mark. Harus mulai pada minggu kedua, jangan sampai menunggu sampai perut membesar.

Untuk aromatherapy oil yang dipakai Debbie, dia wanti-wanti supaya pakai yang pure! Debbie memakai Spa Essentia (botolnya biru) yang bisa dibeli di Century. Tapi ingat, ada beberapa aromatherapy oil yang tidak boleh dipakai oleh Bumil seperti: Clary-sage, savory, sage, rosemary, cypress, kayu manis, basil, pennyroyal, hyssop, myrrh, adas (fennel), peppermint, thyme, origanum, melati, juniper, marjram, rose (mawar).

Mudah-mudahan berhasil ya, Mommies =)

*image taken from Wellness Kliniek, Mustela

Share this story:

Recommended for you:

47 thoughts on “Tips untuk Mencegah Timbulnya Stretch Marks

  1. Pingback: Mommies Daily
  2. Pingback: Hesti Wulandari
  3. Pingback: Julia R. Purbaya
  4. Pingback: MamaBunny
  5. Pingback: Anty Baehaqi
  6. Pingback: lita iqtianti
  7. Pingback: Noe Irianty
  8. Pingback: mira a
  9. Dear moms n moms to be..
    Sharing nih ya..slain pk merk2 diatas yg harganya lumayan bikin kulit jd makin kering (lebay)..aq biasa pake lotion vivelle virgin coconut oil+white tea+olive oil, yg warnanya ijo dan harganya ga nyampe 15K..brasa dikulitnya adem,pas bgt klo lg gatel2nya..asal jgn sampe digaruk aja. aq mulai pake dr semenjak hamil 3mos sampai skrg (38weeks) alhamdulillah ga keluar tu strecth mark..

  10. Iya,stretch marks biasanya br keluar setelah kehamilan.. Apalagi kalo perut udah ngempes&warna kulit balik normal..
    Br d keliatan garis2 putih&merahnya.. Kata dokter kulit itu jg pengaruh hormon(makanya keliatan bgt)nanti juga menyamar sendiri..
    Tp ga akan pernah hilang 100% jd bnr2 lbh baik di cegah drpd di perbaiki..

  11. gw ga muncul SM selama hamil, setelah melahirkan baru deh keliatan :(( untung ga banyak cuma di deket bekas operasi aja. gpp deh, bukti telah mendatangkan kebahagiaan ke muka bumi :D *alibi*

  12. Lita, gw jg pas hamil ga keliatan tuh ada SM nya, udah bahagia aja.
    akibat bahagia, jadi ga teratur ngolesin krimnya.

    Eh pas hari ke-2 lahiran, waktu masang gurita baru deh tuh keliatan… banyak banget pula, hiiiksss.. dan terutama belakang lutut.. ko bisa ya. emang kulit disitu meregang juga ??

  13. aku rajin pake stretchmark cream sejak minggu2 awal kehamilan, ditungguin gak nongol2 tuh stretchmark, seneng dong… eh tau2 pas bulan ke-8 pagi2 aku nemuin semburat2 kemerahan di perut, dan makin hari makin banyak & ga ilang sampe skrg :D. yah masih untung lengan & paha gak ikutan kena jajahan si stretch mark ini meski ga diolesin stretch mark cream. *sok positive thinking*

  14. Wah kl pengalamanku ko agak berbeda y, dr awal kehamilan dh pakai mustella souble action eh pas mulai 4 bln malah keluar garis2 merah n smp skr 5 bln mkn byk huhuhu…gmn y sebaiknya?? Emg ak makenya suka g rutin,dan hanya di pagi hari stlah mnd kl mw berangkat ngantor…kira2 solusinya apa y utk menghilangkan garis2 kemerahan yg mulai muncul? Mengingat kehamilanku msh 4 bln lg…

  15. Pas hamil, gue sangat-sangat addicted mengoleskan segala macam ramuan ke kulit spy gak stretchmark. Mulai dari Palmer’s, body butter TBS sampe minyak zaitun asli dari Arab. Sama kayak Hani, gue udah girang gak ada SM. Tau2 pas mau brojol, pada nongol deh, hiks.. Untung sih gak banyak-banyak banget. Beberapa di perut bawah (less than 10 SMs) dan di paha dalam. Alhasil skrg gak pede pake celana hipster dan rok mini :-D

  16. Kalo aq selama hamil ini diolesin Cussons first year new mum yg stretchmark cream..
    Lumayan lohh perut ku belom ada guratan2 stretchmarknya..
    Walaupun sbnrnya pakenya jg ga rutin, kdg2 aja n kalo inget *mls2an*
    hehehhe..

  17. Gue sendiri malah males-malesan ngolesin krim pas hamil. Makanya jadi banyak stretch marks. Jadi pengalaman pribadi tuh bilang harus disiplin, kalau nggak nyesel deh stretch marksnya jadi banyak :)

  18. Pingback: dian wardhani
  19. pengalamanku sejak sebelum hamil udah rajin pake body butter Olive-The Body Shop di area, dan memang ada hasilnya perut mulus gak ada garis2 menakutkan kecuali dikit di pinggul karena sering kelupaan makenya hehehe

    Yang jadi masalah tuh di bagian payudara biar udah pake body butter tetap aja muncul garis2 hitam tapi kata dokter karena hormon bakalan hilang setelah melahirkan, eh lewat 6 bulan gak ilang-ilang juga…browsing sana-sini eh ketemu mah produk TBS juga Skin Focus Bust Firmer, manjur banget deh serum ini mana wanginya enak dan aman buat ibu menyusui.

  20. Pingback: Mommies Daily
  21. Pingback: dian iwas
  22. Pingback: Mommies Daily
  23. Pingback: Evi Ashardi
  24. Pingback: yuliana mokhtar
  25. Pingback: Ayu
  26. Pingback: Michelle Fairish
  27. Pingback: Mommies Daily
  28. Pingback: Maya farida hanim
  29. Pingback: MiraYunita
  30. Pingback: Veronica Citra A.
  31. Pingback: Minda M. Sebayang
  32. Pingback: Kusuma Ningrum

Leave a Reply