Melestarikan Batik Untuk Anak Cucu :)

Kalau ditanya cinta batik, ya pasti cinta lah..:). Selain cinta dan bangga sama sejarahnya, dengan proses pembuatannya, serta dengan philosophy dibalik motif batik,  juga sekarang cinta sama model-modelnya yang modern. Anak-anak saya juga sudah saya biasakan memakai batik (hiks, kalau saja mama saya dulu rajin memakaikan saya baju batik, pasti kecintaan saya pada batik sudah muncul dari dulu), suami pun rajin memakai batik setiap hari Jumat walaupun itu tidak diwajibkan kantornya.

Sejauh ini, kecintaan saya memang baru sebatas senang memakainya sih dan sama sekali nggak berpikir bagaimana menjaga kwalitas warna dari batik-batik cantik saya itu. Sedih juga kan kalau warnanya jadi pudar :(. Dulu sih saya pernah beli lerak di Mirota Batik, tapi entah dimana keberadaan benda itu sekarang :D.

Batik kan memang bukan bahan biasa ya, proses pembuatannya beda, bahan yang digunakan juga beda, jadi udah pasti butuh penanganan khusus dalam mencucinya. Makanya saya seneng banget pas tau Kao mengeluarkan Attack Batik dan berkampanye bersama dengan Edo Hutabarat. Biasanya saya cenderung skeptis kalau sebuah merk mengeluarkan line khusus, karena takut kalau itu hanya taktik marketing aja..:p. Tapii..kalau sudah di approve sama Edo Hutabarat, the product must be that good. Karena nggak mungkin dia mau menjual ‘soul’ nya untuk sesuatu yang dia tidak percaya. Bahkan katanya Edopun menggunakan Attack Batik untuk mencuci batiknya yang sudah berusia 20 tahun. Wow!

Kenapa Attack Batik bagus untuk batik? Katanya sih karena kandungannya lebih ramah lingkungan (tidak banyak chemical) dan tidak mengandung banyak fosfat. Lalu, kalau sudah pakai Attack Batik, mencucinya bagaimana?. Berikut tipsnya:

  • Rendam kain batik dengan air hangat yang sudah ditambahkan cairan Attack Batik
  • Kucek secara perlahan (kalau kainnya baru saja ya, kain lama sebaiknya tidak dikucek). Jadi jangan dicuci dengan mesin ataupun disikat.
  • Bilas di air dingin
  • Jangan diperas
  • Jangan dijemur pas di bawah terik matahari
  • Ketika menyetrika sebaiknya dilapisi kain tipis terlebih dahulu
  • Hindari pemprotan minyak wangi ke kain

Attack Batik bisa didapat di supermarket terdekat dengan harga Rp 20,000 saja.  Oh iya, ada websitenya juga di Batik Cintaku.

Selamat berbatik ria ya Mommies, mudah-mudahan batik-batik kita tidak akan pernah pudar warnanya supaya dapat diturunkan ke anak cucu, pasti mereka lebih bangga memakainya karena nilai sejarahnya besar sekali. Dan mudah-mudahan juga kecintaan kita pada batik tidak akan pernah luntur =)


17 Comments - Write a Comment

Post Comment