Lemon ChocoChip Cookies

Sebelum mulai, saya ingin memberi tahu kalau dasar resep ini saya dapat dari Periplus Cookbook dimana rata-rata resepnya pakai satuan Cup untuk mengukur bahan. Saya punya alat pengukur cup yang banyak dan bisa didapat di toko-toko bahan kue atau toko alat rumahtangga seperti Ace, Rumah Kita.

Tapi kalo nggak nemu, here’s some hints :

  • 1 CUP = 250 ml (cairan)
  • 1 CUP = 125 gr (tepung terigu biasa/swa muai (selfraising flour), tepung maizena, bubuk coklat)
  • 1 CUP = 250 gr (gula kastor/gula bubuk)
  • 1 CUP = 185 gr (palmsuiker halus, gula semut)
  • 1 CUP = 100gr (oatmeal)
  • 1 CUP = 125gr (kacang, mete, almond, kenari yg sudah dicacah)

Sumber: Periplus CookBook

Bahan:

  1. 150 gr mentega tawar (unsalted butter)
  2. 1/4 cup gula palem (palmsuiker)
  3. 1/3 cup gula kastor/gula halus
  4. 1 kuning telur
  5. 1 sdt essens lemon / parutan kulit 1 buah lemon (lemon rind : parut hanya bagian kuningnya, jangan sampai kena putihnya karena rasanya pahit)
  6. 1.5 Cups Tepung Swa-Muai aka Self Raising Flour (bisa dibeli di toko bahan kue. Sebetulnya bisa bikin sendiri, tapi jangan tanya gimana cara bikinnya, saya sungguh nggak tahu, mending beli jadi. Merek yang umum “Haan”)
  7. 1 Cup Choco Dots / Choco Chips (the more, the merrier… actually)

Cara Membuat:

  • Panaskan Oven kemudian alasi loyang panggangan dengan kertas biskuit (ini kertas khusus buat manggang kukis supaya nggak lengket dan bisa menyerap kelebihan butter. Bisa juga pake cara tradisional dengan mengoles mentega serata mungkin lalu taburi teigu), sisihkan.
  • Kocok dengan mixer: kuning telor, mentega, gula kastor dan gula palem sampai mengembang dan krimi, tambahkan essen lemon/parutan kulit lemon, kocok sampai tercampur rata.

  • Masukkan tepung pelan-pelan sampai habis, aduk aduk dengan spatula, aduknya kayak dibalik-balik gitu ya. Jangan diublek-ublek, katanya sih bisa bikin bantat *tapi kalo ga percaya ya diublek aja.. nyobain bener apa enggak.. hahaha*

  • Masukkan 2/3 bagian chocolate chips, aduk-aduk. Pastikan adonan nggak berasa lengket di tangan tapi nggak teralu padat juga.

  • Mulai pembentukan, ambil 1 sendok teh adonan, bulat-bulatkan pakai tangan. tata di loyang, beri jarak cukup karena adonan akan menyebar.

  • Kalau sudah tertata, tempelkan sisa chocolate chips di atas bulatan-bulatan itu.
  • Masukkan oven dan panggang sekitar 20-25 menit atau sampai merekah dan kecoklatan.
  • Angkat cookies, dinginkan di rak kue. Setelah dingin, baru simpan di dalam wadah kedap udara. Bisa disimpan sampai 2 minggu, kalo belom habis duluan tentunya :)

TIPS:
Chocochip ini bisa dibuat dengan rasa orisinil yaitu vanilla. Ganti saja essen lemon dengan essen vanila. Atau kalau pengen agak-agak kue oma-oma, bisa tambahkan parutan kayu manis.


5 Comments - Write a Comment

Post Comment