Empeng; Berikan atau Tidak?

Duh, apa sih bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk si empeng ini? :D Terus terang nama empeng ini agak ganggu ya. Sudah namanya ganggu, kehadirannya pun lumayan kontroversial. Kalo dalam bahasa Inggris sih disebutnya antara lain pacifier, dummy dan binky. Kalo saya biasa menyebutnya binky, biar lucu aja..selucu yang memakainya..hihihi.

Banyak para calon ibu yang dari awal sudah berjanji pada dirinya sendiri bahwa tidak akan pernah memberikan empeng pada anaknya, saya salah satunya :p. Tapi ketika pilihannya adalah  baby + empeng = saya tidur nyenyak, jelas saya langsung berterima kasih kepada siapapun yang pertama kali menciptakan empeng ini.

Memutuskan untuk memberikan empeng kepada bayinya atau tidak adalah hak seorang ibu, kalau bayinya memang pada dasarnya easy baby dan tidak terlihat punya hasrat yang lebih untuk mengenyot (for a lack of a better word!). Nah kalo ternyata bayinya agak susah tidur tanpa mengenyot, nggak ada salahnya kok diperkenalkan pada si empeng ini. Walaupun memang ada sisi negatifnya dari pemakaian empeng, sisi positifnya ternyata justru lebih banyak.

Contoh sisi postifinya:

  • Bayi memang mempunyai kebutuhan untuk mengenyot, bahkan ketika masih di dalam perut pun mereka sudah mulai mengenyot jempol atau jarinya. Saya pernah liat hasil ultrasound yang bayinya sedang mengenyot, jadi keinginan itu adalah sesuatu yang natural sekali.
  • Empeng memberikan sensasi nyaman yang membuat bayi menjadi kalem dan tenang. Jadi kalau digendong dan diayun-ayunkan saja belum cukup, mungkin perlu ditenangkan dengan empeng. Karena merasa nyaman tadi, bayi jadi lebih gampang tidur yang berarti kita sebagai ibu juga bisa tidur lebih lama = Happier Mommies!
  • Empeng mencegah suddent infant death syndrome, inilah yang membuat American Academic of Pediatrics mengeluarkan fatwa yang menganjurkan para ibu untuk memberikan empeng pada anaknya. Kenapa empeng dapat mencegah SIDS? Karena empeng itu cukup bulky, dapat mencegah benda-benda seperti selimut dan bantal untuk menutup hidung karena sudah tersanggah lebih dulu oleh si empeng ini. Begitu juga kalau pada tiba-tiba tengkurap, hidungnya jadi tidak akan bersentuhan langsung dengan kasur.
  • Empeng bisa dibuang nantinya. Coba kalo jempol, mana bisa dibuang, kan? :D. Lagipula, empeng lebih tidak merusak pembentukan gigi daripada jempol yang cenderung membuat gigi maju.

Kalau negatifnya?

  • Suka bikin ribet aja!. Kalo jatuh ke lantai, mau nggak mau kita harus cuci dulu dan kalo bisa rendam dengan air panas. Kalo ketinggalan di rumah? Bisa balik lagi atau ke supermarket terdekat untuk beli yang baru!. Susah juga untuk mencari si empeng ini ditengah kegelapan malam, karena biasanya udah nyempil diantara bantal dan selimut.
  • Ada kemungkinan menyebabkan infeksi kuping. Jibran cukup sering mengalami infeksi kuping, tapi itu karena dia tinggal di negara empat musim. Jehan belum pernah mengalami infeksi kuping sekalipun walaupun sudah menggunakan empeng selama 2 tahun. Lagipula, saya lebih memilih resiko infeksi kuping daripada sids yang menyeramkan itu.
  • Katanya sih bisa mengakibatkan nipple confusion, kebetulan Jibran dan Jehan sama sekali tidak mengalaminya.

Nah, kalau sudah memutuskan untuk memberikan empeng, sebaiknya:

  • Jangan diberi tali dan digantungkan di leher!. Memang sih bisa mengurangi kejadian jatuh ke lantai, tapi bisa membahayakan sekali kalo terikat di leher. Coba cari yang di clip di baju dan yang talinya pendek, jadi tidak bisa dilingkarkan ke leher.
  • Diberikan pada saat mau tidur aja, jangan pas lagi main pun diberikan empeng karena bisa memperlambat kemampuan berbicara. Ya iya lah bagaimana mau berbicara kalo mulutnya selalu disumpel empeng, kan?
  • Sering-sering di sterilisasi, rendam dengan air panas.
  • Jangan pernah memberikan empeng yang sudah rusak atau bolong. Bahaya sekali kalau karetnya tertelan.

Oh iya, mencari empeng yang cocok untuk bayi kita juga susah-susah gampang lho karena bentuknya berbeda-beda dan tentunya setiap bayi punya preference nya masing-masing. Mungkin ada yang sukanya empeng yang putingnya bulat, atau yang rata bahkan ada juga yang tipe orthodontic. Jangan lupa juga untuk belikan yang sesuai dengan umurnya. Dan yang paling penting lagi, carilah yang BPA free dan aman untuk bayi. Klik untuk melihat daftar merk empeng yang aman.

Bagaimana dengan Mommies disini? Adakah alasan-alasan khusus kenapa memberikan, atau tidak memberikan empeng pada bayinya?


97 Comments - Write a Comment

  1. Pingback: Mommies Daily

  2. LOL Gw inget waktu pertama kali gw ama laki gw ngasih empeng ke Ben.
    Umur 3 minggu kalo gak salah. Ceritanya udah bersumpah gak mau ngasih empeng, tapi ni anak nuangeeessss.. muluk. Akhirnya: “Ben, we’re so sorry we have to do this to you..” Zleepp.. masuklah tu empeng ke mulutnya, dan dunia tidak lagi gonjang-ganjing.

    So yeah, kira gak mau ni anak jadi tergantung sama empeng, tapi they do need a pacifier. Like I do need my A Mild (obat cranky super gw). They dont go to college with empeng in the mouth anyway.

  3. Kalo gw takut buat ngasih empeng, gara-garanya dulu gw punya sepupu yang dari bayi dah dikasih empeng, alhasil jadinya kecanduan deh, ampe dia SD tuh empeng selalu dibawa kemana-mana, kalo ada kesempatan dia pasti ngempeng. Begitu gede udah agak malu kali ya jadi ngempengnya ya kalo pas gak ada orang atau mau tidur hehe…

    1. Ya ampun sampe SD? ..hehehe..tapi akhirnya jadi malu sendiri kan yah. Memang sih bisa bikin kecanduan, makanya sebaiknya dikasih pas mau tidur aja. Kalo udah terlalu besar gitu sih dibuang aja empengnya..:D, palingan betenya 2-3 hari aja kok…

  4. han, kalau dah dapet triknya spy jehan mau lepas pacifier, kasihtau yaa! itu ajah yg ditakutin, kalau ga mau lepas :) masa sih bisa menghambat perkembangan bahasa/bicara? kalau mitos yg bilang bs merusak gigi anak itu memang hanya mitos ajah. so far, kami senang, pacifier yg bantu kara untuk bisa tidur sendiri, jadi ibu dan bapaknya ngga harus “ngelonin”.

    1. Gue belum berusaha untuk ngelepas binkynya dari Jehan sih, soalnya dia nggak terlalu dependent on it, bisa tidur tanpa binky juga sebenernya. Tapi di foto itu tuh waktu lagi di Paris, di kereta dan jam 10 malem..jadi emang udah ngantuk dan lebih cepet tidur pake binkynya.

      Iya Gas bisa menghambat perkembangan bicara kalo itu binky nyumpel terus di mulut, gimana mau bicara kalo buka mulut aja susah..hehe.

      Kalo Jibran dulu juga lepasnya pas 2.5 taun, gara2nya dia mau skateboard miniaturnya Adit, dan gue bilang boleh dibawa pulang asal tukeran sama binkynya..hihihi. Padahal binkynya gue bawa pulang sih tapi nggak gue kasih kedia, biar belajar konsekwensi juga. Sempet ngamuk2 kalo mau tidur tapi cuma 3 harian aja kok..:).

  5. Dundan, maaak..numpang ngakak baca komentar elu deh..
    anak2 gw sih kebeneran waktu kecil gak ada yg mau ngempeng, gak ngerti deh..anak nya yg gak mau apa karena dulu di susuin ASI terus 2 tahun, jadi males minta empeng..

  6. hihihiih…gw dulu masi ngempeng sampe gede(umur 3 taunan). ngempengnya pun ga cuma mau bobo, tp pas main juga. knapa gw tau? karena hampir smua foto pake empeng! empengnya uda jelek bgt bopeng dimana2, akhirnya berhenti ngempeng karena disembunyikan. uda nangis gulung2 tetep ga dikasiin. gw masi inget bgt momen itu :lol:. tp kalo bikin lambat berbicara dan sisi2 negatif itu kayanya enggak sih. buktinya gw baik2 aja :D

  7. Setuju 90 % sm artikel ini:)dr pengalaman anak pertama (skrg 2thn 8bln),wktu itu masih idealis,ga boleh ngasi empeng.n terus terang klo liat anak dikasi mpeng aku suka kasian sm anaknya,n ibunya terkesan malas:)cm ya itu,jdnya anak hrs digendong2 dulu bru bs tidur,dan terbiasa setiap kebangun harus lgs disusuin.jadinya smpe umur 2thn,ghaly sgt tergantung dgn sy.klo tidur,wlo uda ngantuk bgt,hrs ktmu ‘susu ibunya’ dulu,bru ketiduran .(Kecuali lg di car seat atau lg digendong).dan yang parah,ketika disapih (usia 22bulan karena sy hamil anak kedua),susah bgt nenangin dia ketika terbangun di mlm hari.klo siang ga terlalu mslh krn mmg uda jrg nyusu siang2.jd selama hampir 2minggu,malem2 di masa nyapih bnr2 kacau kalo ghaly kebangun.klo lg jalan2 dan ga smpt tidur siang,bs rewel,n maunya cuma sama ibunya.yg lain ga laku deh:)
    Nah,dr pengalaman ini,dan melihat pengalaman sepupunya ghaly yg ngempeng smpe umur 12 bulan, buat anak kedua sy kasi empeng:) knp?spti poin di atas,anak itu butuh comforter,yg bisa membuatnya nyaman.n lagipula umur baby msh dlm fase oral.daripada ngenyot jari (bs sampe kapan tuh krn ga bs dilepas..:p), mendingan kasi mpeng,insya Allah umur 12bulan sy lepas.paling2 nangisnya cuma 2hari.hehe.

    Itupun,sy kasi mpeng hanya klo keynara mau tidur,dan klo terlihat gelisah.bisa dilihat dr bahasa tubuhnya.setelah tertidur,mpengnya dilepas,ditengkurepin.n prinsip sy,mpeng jangan membuat ibunya menjadi malas:)jd sy selalu kasi mpeng klo keynara sudah kenyang nyusu,bajunya kering,popok kering.untungnya keynara jrg bgt nangis jg,jd ya mpeng mmg cm dikasi klo mau tidur.itupun mpengnya smpe skrg msh hrs dipegangin terus krn msh suka lepas2 (keynara skrg pas 3bulan).jd mmg ngasi mpeng tp ttp sy ga bs tinggal bgitu aja:)

    Klo sy lihat dia sudah mengantuk sekali tp tdk gelisah,tinggal ditengkurepin,dikasi lagu instrumen lullaby,ga sampe 5 menit biasanya keynara uda tidur:) mgkn mmg sy beruntung ya dikasi anak kedua yg bener2 anteng ini:) krn dulu ghaly bnr2 tiap mlm kerjanya nyusuuuu aja :)n digendong2. Yg ini ampir ga perna digendong2.tp bukan berarti sy tidak pernah memeluk keynara. Jd ada baiknya,klo kita ngasi mpeng,kan biasanya anak jd ga bau tangan tuh,krn kebiasa tidur lgs di box-nya. Tp di wktu dia tdk tidur,ya tetap sering dipeluk,diajak main,dan tatap mukanya ketika ngasi mpeng,misalnya:)soalnya sy sendiri suka gatel buat liat2 twitter pas lg megangin mpengnya key sblm dia ketiduran:D. Jd selama mpeng dipakai secara bijak kynya insya Allah lncr2 aja smpe proses ngelepasnya ntar. Jangan smpe pas dia anteng,lg pengen ngoceh,dan lg main dikasi mpeng juga :) jd lbih mudah ngelepasnya:) mudah2an yaa:)

    1. Iya bener, kalo dipaksa lepas empeng palingan rewelnya nggak sampe seminggu kok, kan kalo udah besar memang kebutuhan ngenyotnya udah berkurang. Setuju juga bahwa empeng itu bukan pertolongan pertama..jadi ketika nangis, harus dicheck dulu apakah laper, diapernya basah atau ada hal lain yang bikin dia kurang nyaman…kalo udah dicheck semuanya baik-baik aja baru deh dikasih empeng. I guess the rhythmic sounds and movement from sucking the pacifier calms them down.

  8. ada temen gw yg ngasih empeng ke anaknya karena menurut dia anak kecil dengan empeng itu keren :D hihihi…
    gw pernah kasih empeng ke Langit pas dia sekitar 4 bulanan, udh kerja ka ya, jadi berasa butuh tidur agak tenang. eh, nggak mau! yaudah, menyerahlah diriku. pas umur 7 bulanan, cobain lagi kasi empeng waktu malam2 dia kebangun terus sumpel empeng, eh diem dan tenang sampe besok pagi. tapi keadaan ini cuma bertahan seminggu, abis itu dia sadar kali ya diboongin sm ibunya kalo kebangun malam2, hehehe…
    yaudah, anaknya ga mau ga dipaksain lagi deh :)

  9. Dulu anak gw yang pertama sangat tergantung sama empeng sampe dia umur 10 bulan, abis itu alhamdulillah bisa lepas. Pas mau lepasin empengnya sempet susah dan ga tega dulu, karena setiap mau tidur pasti dia nyari empeng nya dulu, tapi gw n laki gw bertekad klo dalam 2 minggu anak gw harus bia tidur tanpa empeng, alhamdulillah berhasil. Intinya sih klo mau ngelepas empeng harus membiasakan diri dulu sama tangisan2 yang kadang sampe kejer krn dia nyari empeng nya, klo kita nya teguh pendirian dh ngga ngasih empeng, insya allah lancar riatual pelepasannya.
    Nah kesalahan ke-2 gw terjadi sama anak yang ke-2, pernah gw tanya sama salah satu DSA ttg penggunaan empeng, dokter itu bilang klo empeng ngga baik dan sering kali membuat anak sakit krn ngga steril, dia malah bilang mending ‘nyonyo’ aja pake jempol. yasudah gw biarkan anak gw ‘nyonyo’ eeeeehhhhhhhh, malah jadi nightmare bt gw, sampe skr anak gw yg umurnya 3th susaaaaaahhh bgt disuruh ngga ‘nyonyo’ udah segala macem ramuan yg pait2 gw olesin di jempol nya dengan suksesnya dia selalu masukin jempolnya tanpa ngerasa pahit, atau dengan bangga nya dia bilang ‘nyonyo nya udah ngga pait, udah dd cuci *tepokjidat*’
    huuuuaaaaa!!!! ternyata bener kata Hani lebih gampang ngelepasin empeng daripada ‘nyonyo’ :(
    Ada yang mau sharing gmn caranya ngeberhentiin ‘nyonyo’?
    #maaf jadi curcol :D

    1. Nah enggak mungkin kan jempolnya digunting dan dibilang rusak?..:D. Lucu banget siih anakmu…pasti dirimu antara bete karena usahanya gagal tapi bingung karena harusnya menghargai usaha anak yang udah berhasil bikin nyonyonya nggak pait lagi. Di forum ada deh kayanya diskusi tentang ini, yuk main2 ke forum…

      1. iya banget han… pas denger dia bilang nyonyonya udah ngga pait lagi, dilema antara pengen ketawa krn dia udah bisa cari solusi bt dirinya sendiri dan kesel karena anaknya lebih pinter :p
        iya nanti gw browsing2 deh di forum, thanks han..

  10. alhamdulillah gw ga pernah kepikiran ngasih anak gw empeng, bukan krn idealis atau nggak, tp gak kepikiran aja, bahkan kl ngeliat anak dikasi empeng, gw ga pernah kepikiran ibunya males atau apa, intinya emng ga tau empeng itu apa, thought it was just an accesorries or something hehe, gdubrak bgt deh..

    mungkin secara general empeng itu bisa aja bukan berbentuk “empeng”, krn basically si empeng itu cmn alat, tp kebutuhan nyari comfortnya anak2 itu yg mesti kita telusuri, as for my mid, “empeng”nya dia itu pabrik susu gw pas masi menyusui, skrg juga abis disapih, kl mau tidur dia mesti megang pabrik susu gw dulu, arrrghhh help, pdhl kl ga ada gw dia bisa2 aja tuh tidur langsung.

    1. Salah satu contoh bahwa ignorance is a bliss..hehehe, kalo nggak tau kan jadi nggak kepikiran, apalagi kalo anaknya memang nggak butuh ‘bantuan’ untuk tidur atau tenang..:D. Soal pabrik susu dipegang2..kita senasib sama Depe juga di bawah tuh….

  11. Wuah lega ada yg sharing tentang empeng. Awalnya sih saya juga sempet ngerasa bersalah waktu ngasih anak saya empeng di usia 3-4 minggu. Alasannya memang si kecil baru bisa tenang & tidur pules kalo mulutnya mengenyot. Sampe pernah saya susuin terus2an biar bisa tidur nyenyak, akhirnya malah dia gumoh buannnyaaaakkk banget. Padahal udah disendawain juga. Nah setelah kita kasih empeng, berasa tertolong banget. Apalagi akhir2 ini si kecil suka angkat2 selimutnya ke muka kalo mau bobo. Dengan adanya empeng yg ngeganjel mulutnya, beneran terbukti kalo selimut ga bikin hidungnya ketutup selimut :)

    1. Kenapa ngerasa bersalah? Karena faktor lingkungan juga kali ya..? Soalnya banyak kan orang2 yang mempertanyakan keputusan kenapa anak kita dikasih empeng, ditambah embel2..”Ntar susah loh ngelepasinnya, ntar giginya tonggos lho”..oh well….

  12. hannnniii..tengkyu for artikel ..gw suka bgttt !!!

    rasanya pengen gw print cetak segede billboard hihihihi…

    bny bny bny bgt yg kontra ama si benda ajaib empeng ini waktu gw ngumpet2 dan akhirnya ketawan “ngempengin” si zahra ..

    dan gw berfikir, gw pasti kaum minoritas yg tega kasih anaknya empeng..
    yg dibilang ibu males lah gak mau refot, yg dibilang gigi tonggos lah…yg dibilang ntar bingung puting…bla bla bla bla….

    baca artikel ini….bahagia !

    tnyata gw bukan ibu yg pemalas kok dan gw juga bukan ibu yg mau simple nya aja..
    alhamdulillah bny gunanya juga ni empeng :)

    dan gw gak perlu malu lagi kalo lagi difoto anak gw lagi pake empeng ! :) karena * bny bgt yg komen kalo foto lagi pake empeng… anak lo ngempeng ya..kok gini..kok gitu..jangan..bla bla bla.. capee dehhh *

    thank u han for artikel dan thank u buat penemu empeng !

    1. Sama-sama dear..:). Gue malah baru denger loh kalo ada asosiasi ngasih empeng = ibu pemalas..hiihh..enak aja. Nggak perlu takut lagi berarti ya MamZa, anggep aja yang suka komen2 nggak enak itu memang kurang pengetahuannya tentang si empeng ini…:)

  13. Setuju banget sama, Hanzky.

    Kadang gue malah nyesel kenapa pulak gue sok-sokan anti binky padahal Zara menunjukkan gejala suka ngenyot. Alhasil jadi seperti ini, susaaaah banget lepas jari dia. Gue paham sekali dengan anak ngenyot dia menemukan kenyamanannya.

    Dalam sesi imunisasi + konsul dengan Bunda Wati (KMC), gue menyampaikan kegundahan hati gue dgn soal nyonyot ini. Bunda bilang, “lebih mudah ngelepas empeng daripada jari. Ibu sabar dan latih terus, yaa..”

    Wakwawww.. Yahhh beginilah jadinya.. Gigi Zara yg satu ga rata, jarinya kadang sampe bauk.. :( pernah tangannya gue basuh air rebusan kayu apaaa gitu. Pahit. Dia ngambek, tp berhasil seharian ga nyonyot, hihihihii.. Ohya, sepupu Zara, 3 thn, pas usia 2 thn berhasil lepas empeng, prosesnya semingguan.

    So, mommy-mommy baru, IMO, kalo anaknya menunjukkan gejala suka nyonyot, kasih aja binky alias empeng. Ga dosa kok dan ga bikin gagal jd ibu :)

    Moga2 Zara bisa segera lepas jarinya.. Huhuhuhuhuu..

  14. Hehehe,
    Berarti gw masuk kategori yang bertekad ga ngasih empeng dan berhasil ga ngasih ya.

    LAna itu selama 6 bulan rewelnya minta ampuuunn..
    Nangis teruuusss..
    Tidur tiap 10 menit kebangun..
    Ada yg bilang rumah gw berhantu lah, suruh kasih garam di rumah lah, dsb
    Hehe.
    Tidur kurang, tiap kebangun musti buru2 kasih asi biar diem,
    Tapi ya gue tetep bertekad ga kasih empeng biar dia diam dan pulas.

    Tapi kalo ditanya alasan khusus, ya gada juga sih.
    Emang kekeuh ga pengen aja kali.
    Walaupun kalo liat pacifier yg stylish, suka ber what if juga kalo Lana pake lucu kali ya :)

  15. Gw demen empeng, demen liatnye maksutnye. Abis bentuknya lucu2.
    Tapi anak gw dulu biar kata netek cuman sebulan, dia gak mau dikasih empeng. Mau diapain juga pokonya ga mau. Ya sutra, batal deh koleksi empeng :(

  16. Saya ngasih empeng ke anak waktu umur dia 2 atau 3 bulan. Nangiiiiiis melulu dan dinenenin nggak mau karena udah kenyang. Yang ada kalo dipaksa dia muntah, dan itu adalah kerepotan ekstra.
    I think it’s oke. Setelah 3 bulan dia udah lepas sendiri. Ga enak kali, kurang empuk dan nggak anget.. Hahhahaha…

    Sekarang pilih mana? kasi pacifier apa diempengin nenen tiap malem.. hahahah.. sejak anak menyapih saya (yep dia menyapih saya di umur 2 tahun persis!). Dia jadi punya “empeng”, penenang, yaitu: merogoh nenen emaknya. Dan itu kadang ga cuman kalo mau bobok. Kalo pas dia takut dia akan minta gendong dannnn.. pegang nenen. Kadang suka malu sih, kalo tiba2 pas duduk berdua di tempat umum, dia deketin saya dan elus blus bagian depan. Hahhahahahah…. Pacifier anak saya ya masih nempel sama mbokne, semoga cepat lepas.

    1. Hahahaha ya ampun Depee…gue seneng banget baca komen lo karena ini diaaa yang gue alamin sekarang!. Gue kira Jehan aja nih yang suka merogoh-rogoh tangannya, ternyata gue ada temennya..hihihi. Dia merogohnya sih pas mau tidur aja ketika nggak sambil nyusu, kalo sambil nyusu suka mau sambil pegang2 juga tapi nggak gue kasih. Kayanya gue mesti pake baju turtle neck deh biar nggak bisa dirogoh dari atas!

      1. jadi pengen ngaku dosa… dulu sampe sd masih suka pegang nenen mak. berhenti karena malu.
        Sekarang beralih suka megang nenen suami. beda rasa tapi mendingan lah *glek*

  17. Gw jg ga pengen ngasi empeng,mungkin krn byk kontranya ya?Tp pernah pas 3bln gt anak gw dikasi empeng,saran dr temen gw plus gw udh teler berat krn anak gw bgn terus tiap menit(brasanya bgitu….), eh dilepeh ajah gitu. Antara syukur ama skt hati ha..ha..krn mutusin beli empeng itu udh pake mikir lama….:) Gw baru tau ada cap ibu pemalas kalo makein empeng,serius gitu?

  18. wow, rame sekali bahasan empengnya..

    Tifa (13m 25d) sampe detik ini belum dikasih empeng.. emang saya & papapnya pingin ga ngasih empeng.. tapi hampir aja pertahanan goyang.. akibat ga dikasih empeng tifa suka ngemutin bibir bawahnya (ga pakek ngisep jempol) sambil nempelin punggung tangannya kebibir.. nah pas usia 10bulanan, dia kalo tidur harus nyari tangan saya buat dipeluk dan dijadikan guling sambil tetap dengan kebiasaan ngemut bibir bawahnya..

    hahaha, karena suami kasian makanya dia sempat nanya mau dikasih empeng aja? tapi saya toh juga ga keberatan tangan saya dijadikan guling tiap malam.. malahan saya seneng banget bisa “dipeluk” semalaman ma tifa.. walaupun konsekuensinya bangun salah posisi leher lah :D

    tapi memang kayanya empeng cuman salah satu alat yang bisa bikin bayi tenang pas tidur :p

  19. heahaha, lucu commentnya dundan ;D

    anyway, bener Han, perlu ditambahin juga kali negatifnya, yaitu susah buat ngelepas empeng ini kalo anak udah terbiasa. soalnya rasa amannya dia ada di empeng.

    kl saya cenderung, lebih baik tidak ngempeng. dan memang history di keluarga ga prnah ada yg pake empeng. tp dgn artikel ini, jd bisa memahami ibu yg memberi empeng ke anaknya ;)

  20. Lita, samaan sama gw..anak gw udah mau 8 bulan sekarang..tp dari awal ga pernah mau di “sumpel” empeng ini.
    Langsung di dorong2 lagi sama mulutnya gitu. Haduh padahal gw tu terinspirasi dari cerita nyokap, waktu gw kecil dulu setiap cranky lanagsung diem klo di kasih empeng (dasar emak males..hehe)
    Ga tau deh gw musti lega atau malah susah karena anak gw ga mau dikasih empeng

  21. Wah rame amat nih:)mohon maaf ya klo ada yg tersinggung soal asumsi aku dulu,soalnya dulu perna bahas sm bbrp tmn n perna bc klo ada asumsi ky gtu di bukunya Dr sears:)dulu selain krn smpt berpikiran gtu,soalnya ghaly pas aku cobain kasi empeng dulu jg nolak2 terus n malah nangis.pdhl yg ada klo diterusin nyusunya,dia jd muntah krn kekenyangan. Jd slh 1 gunanya mpeng mnrt gw ya buat nyetop anak nyusu klo uda keliatan kekenyangan drpd mlh mubazir kluar semua :)
    Anyway,bnr bgt,ngasi mpeng atau ga itu pilihan msg2 ibu,n tiap ibu pasti punya alsn msg2 yg sama benernya.jd ikutin feeling aja,untungnya klo keynara sih lgs mau wktu dikasi mpeng n bikin lbh cpt ktidur,jd ya okelah gpp.selama bs dicegah agar tdk terlalu tergantung:) wlo di rmh dr dulu ga ada yg pernah ngempeng,tp aku pkr ga mslh.ikutin insting aja :)
    Oiya,klo soal stlh disapih jd megangin susu ibunya,hehehe itu pengalaman aku bgt n asli wlo awalnya lucu lama2 annoying loh:) krn lg di tmpt umum jg klo lg nangis,dia bru nyaman stlh nyentuh itu.jdnya rewel klo situasi lg ga nmemungkinkan:) skrg gantinya,ghaly megangin tai lalet di atas bibir sblm tidur,n klo lg ga nyaman di tmpt umum.n jujur aja,kdg2 bete di intilin ky gtu:) suka iri sm ibu2 yg anaknya bs lbh mandiri:)tp yah sudahlah nmnya jg anak sendiri,jd dijalanin aja :) klo uda wktunya dia jauh dr kita ibunya yg kangen malahan:)

  22. Jadi inget, sebelum melahirkan dulu, sempet nepsooong banget beli empeng. Alasannya, lucu sih :-D Tapi gara-gara liat keponakan (Langit anaknya Lita) gak mau dikasih empeng, jadi parno. Takut rugi ah udah beli, eh gak dipake.

    Akhirnya emang Nadira gak pernah dikasih empeng sih. Sekalinya pas dia umur 4-5 bulan coba dikasih empeng bekasnya Langit yang udah dicuci bersih, dia napsu. Tapi bukan dikenyot, melainkan digigitin. Ya sudahlah, gak jadi deh dibeliin empeng. Skrg dia ngempeng nenen emaknya aja, sambil grepe2 nenen emaknya, percis kayak Wawa-nya Depe :-D

    1. Baby_ZK

      Sama banget sama ira, Zahra juga gue kasih empeng pas 6 bulan gara2 mau naik pesawat, takutnya rewel. tp dia malah gigit2 gak mau. Tapi entah berpengaruh atau nggak kalo nangis cukup di-nenen-in aja trus dia tenang. Mungkin anak beda2 ya.. aku pikir pemakaian empeng juga masih bisa dipertimbangkan asal gak merusak gigi :)

  23. Areli kebetulan ga ngempeng, pernah di_kasih empeng pas umur setahun, cuma di-gigit2 aja terus di taruh sendiri di meja sama dia.. hehehe… Dan juga ga menghisap jempol nya, tapi mengempeng di gw selama 2 tahun 3 bln.. untung nya sekarang udah “lepas” :)

  24. kalau empeng, gw gak pernah pake sih. kalau ditanya kenapa, emang gak kepikir aja mau ngasih empeng – kaya gajahsesamestreet lah. tapi gw ngasih ASI kan emang gak pernah sampe 2 tahun, setelah gak ngasih ASI anak2 minum susu pake botol. ya itu kali empengnya mereka ya ? hehehe. soalnya walau bisa minum susu dari gelas selama siang hari bangun, dan kalau ngantuk banget bisa juga tidur tanpa minum susu dari botol, tapi teuteup, kalau sambil nge-botol lebih cepet tidurnya. *dan sekarang lagi berusaha nyetop tidur sambil nge-botol*

  25. jadi inget anaknya temen saya (halo Monica!), dia juga ‘mengempeng’ pada sesuatu: Tali bra emaknya. Suatu hari si emak harus melakukan pekerjaan rumah tapi si anak cranky. Jadilah, maknya pake beha yang talinya bisa dilepas2 dan dia kasi sebelah tali beha itu ke anaknya. Anaknya anteng lho… instantly :-D

  26. beruntunglah yg di kasi empeng lgs mau :))
    anak gw umur 3 minggu apa ya, sok2an di kasi empeng ga mauuu =))
    di lepehin muluuu..

    emak gw udah ribut bener nyuruh kasi empeng biar anteng..

    alhasil anaknya ngempeng emaknya ampe 2th blass.. alias nenen..

    skr udah kelar d sapih dr umur 3th, jadi sulit tidur gitu dia.. kayanya keilangan empengnya deh..

    oh iya han, ponakan gw ada yg ngempeng jempol.. ampe skr masih loh..
    yg satu kelas 2 smp, yg satu kelas 1 sma..

    parah yak :p

    ama emaknya ga dilarang2 pula wkwkw..

  27. Anak gw Kika….justru ga pernah ngempeng….gw juga bingung, justru emaknya yg kegatelan beli empeng berbagai rupa (gara2 liat anak org klo ngempeng kok jd diem, damai, aman sentosa)…tp begitu gw masukin ke mulutnya…bukan lsg ‘zleeeepp’ tp lsg ‘pleehh’ alias dilepehin en dibuang dr mulutnya….awal2 gw pikir oh mgkn dia ga suka yg model kyk gini, so belilah berbagai model dr berbagai brand. Tp tetep…semuanya dia lepehin… dan Kika jg ngga ngempeng jari or ngemut jari…. is that normal?

  28. kynya sih klo anaknya mmg ga mau ngempeng n ga ada kecenderungan mau ngenyot jempol gpp deh:) normal2 ajaaaa, ky anak pertama ku dulu, empeng dilepeh2…n jg ga pernah nge yot jempol.beda sm adenya

    cm ya gtu jd comforternya cuma pabrik susu ibunyaa n aga rwel klo blom kena pabriknya lgs pas ngntuk :)

  29. gue juga awalnya mikir ketimbang pake empeng, monggo ngempeng emak aja. ehh taunya malah kekenyangan ampe muntah -_-”
    baca sana sini ternyata bole2 aja pake empeng asal udah disapih sebelum 6 bulan. sebelum anak kenal bonding sama sesuatu. yasud, akhirnya kasi daahh.

    dan ternyata ngasih empeng ngga gampang juga ya. ada masa belajarnya gitu. pertama dikasi empeng dilepeh, kudu telaten dibelajarin baru bisa mancep.
    cuman gimana2 emang ada anak yg doyan ada yg engga sih. si sulung ngga sebrapa doyan, cuman dia hobi muntah jadi gue seling empeng. si tengah ada gejala ngenyot, jadi ketimbang lengket ama jempol susah nyapihnya mendingan gue kasi empeng dulu. umur 9 bulan udah bisa disapih sih tapi. si bungsu ga sebrapa keliatan gejala ngenyot, dan dia ngga hobi muntah, jadi gue jejelin aja. eh tau2 udah gede ga sempet dikasi empeng heheheh.

  30. Gue pernah coba kasih empeng ama Maika pas umur 2 bulanan. Soalnya waktu itu Maika rewellllll banget, nangis melulu, maunya digendong terus. Dikasih nenen ga mau, dicobain sufor pake botol ga mau, malah makin ngamuk. Akhirnya gue coba empeng, ngamuk bokkk.. Dicoba beberapa merk empeng, ternyata tetep dilepeh sambil ngamuk. Hasilnya ampe 3 bulan rewel bener, tapi abis 3 bulan tau2 anteng aja sendiri, tetep ga tau apa sebabnya.
    Nah soal kebutuhan mengenyot, karena gue sekarang sedang berjuang nyapih Maika yg udah ampir 26 bulan, rasanya koq jadi nyesel ga kasih empeng? Hadoh, kebutuhan mengenyot Maika dalam bentuk nenen ini rasanya koq mulai bikin frustasi. Terakhiran ini malah makin addict nenen, karena gue sering ‘nolak’ kasih nenen :(
    Malem kalo kebangun, cuman nenen yg bisa bikin diem.. *curcol*

  31. Kl gw mgkn “idealis” ga mau ngasi empeng ke Laras krn takut ama efek2 yg gw baca di milis2. Gw jg takut kl Laras bingung puting, pokoknya ga brani bgt ambil resiko itu. Jd dulu yg namanya produk empeng gw simpen biar ga ketauan ama nyokap, soale kl Laras nangis, emak gw suka bawel bgt nyuruh gw ngasi empeng, bisa aja pas gw meleng ntar emak gw lsg ngasiin ke Laras, jdnya gw umpetin deh hehehe.

    Dan emang, Laras jg ngalamin tuh masa2 cranky, nangis ga jelas n pgn ngenyot mulu, alhasil gw jd krg tidur. Tp ya krn parno gw terhadap empeng lebih besar, jd gw biarin Laras empeng PD gw n nenenin sambil bobok. Begitupun kl lg di luar rumah alias pergi2, lsg gw ksh empeng alami kl Laras rewel n ngantuk. Semakin gede, Laras jg punya kebiasaan grepe2 n merogoh2 PD gw kl lg nenen. Berarti sama aja ya rata2 semua anak gitu, punya kenikmatan tersendiri gitu kl merogoh2 PD emaknya hehehe

Post Comment