Baju & Sepatu (Baru?) untuk Lebaran

Mommies, di rumah masih mengikuti tradisi lebaran beli baju baru dan sepatu nggak? Menurut kalian, sebenarnya kapan saat yang paling tepat untuk membelinya? Sebenarnya kalo sudah masuk bulan puasa harga pakaian kan sudah mulai naik yah. Sementara kalau kejauhan, modelnya masih belum pas untuk suasana lebaran dan masih model yang kemarin-kemarin juga.

Sejak kecil saya dan adik-adik memang nggak dibiasain beli baju atau sepatu baru waktu lebaran. Untuk mendapatkan barang baru ya harus menunggu kalau yang lama kekecilan atau rusak. Sekarang kebiasaan itu saya turunkan kepada anal-anak saya. Baju muslim yang masih bisa dipakai, nantinya akan dipakai juga waktu lebaran. Jadi tidak usah beli baru karena saya membelinya sewaktu saya tahu anak-anak mau ada pesantren Ramadhan di sekolah mereka. Sementara baju muslim Darris hanya satu set yang masih muat, nah kalau sudah begini bolehah beli satu set lagi dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari yang seharusnya, supaya masih bisa dipakai sampai 2 tahun kedepan.

Lain halnya dengan Dellynn, karena dia sudah membeli dua set baju pada saat waktu mau mulai tahun ajaran baru (tahun ini Dellynn pertama kalinya bersekolah di TK), jadi khusus untuknya tidak ada baju baru sama sekali. Niatnya waktu itu sih untuk jaga-jaga di minggu pertama sekolah siapa tau seragamnya belum jadi, yang ternyata benar loh seragamnya belum ada yang jadi satupun. Tapi baju muslimnya sendiri sampai sekarang belum terpakai sih soalnya akhirnya Dellynn ke sekolah pakai kaos lengan panjang, jilbab dan jins supaya menghemat cucian :p

Oh iya, Darris dan Dellynn kebetulan bersekolah di sekolah Islam, jadi memang sehari-hari seragamnya model baju muslim. Maka dari itu, sebelum lebaran sudah lengkap persediaan baju muslimnya.

Begitu juga dengan sepatu, belinya bukan menunggu lebaran tapi menunggu saat diskon (Sama nggak, Mom?). Sampai sekarang saya masih suka terbengong-bengong kalau membaca tag harga sepatu anak (Apalagi sepatu bayi!). Kok bisa yah harganya lebih mahal dari sepatu ibunya? Sementara kalau sepatu untuk ibunya bisa dipakai selama 3 tahun, untuk anaknya sampai berumur 3 tahun saja mungkin sudah bisa berganti sepatu 5-6 kali, malah mungkin bisa lebih *sambil buang catatan belanja biar nggak ingat dan bikin sakit kepala*.

Untungnya beberapa sepatu Darris masih bisa diturunkan ke Dellynn atau bahkan Devan, sebisanya saya menyimpan sepatu yang masih layak pakai untuk dipakai sampai jebol. Karena kan sayang kalau sepatu baru dipakai sebentar dan masih bagus kondisinya tapi trus harus dibuang karena anak kita sudah bertambah besar.

Nah kebeneran sekali nih, beberapa waktu lalu ada bermacam-macam sepatu di diskon di satu toko di kota saya yang waktunya bertepatan dengan habisnya liburan sekolah. Jadi, kesempatan banget pada saat itu langsung dibeli sepatunya dan sekarang dompet ditutup rapat-rapat nggak beli apa-apa lagi. Kecuali mungkin oleh-oleh untuk orang di kampung kalau mudik yah.

Kalau Mommies yang lainnya bagaimana? Kapan biasanya momen beli baju baru dan sepatu baru untuk anak? Apakah juga menunggu diskon seperti saya *maklum banci diskon* atau memang karena lebaran jadinya harus beli baju barunya saat itu juga? Atau malah lebaran nggak harus ada barang baru?

Ditunggu yah sharingnya :)

 

 

image source


19 Comments - Write a Comment

    1. nah, kadang suka diinget tuh kalo mereka pada tau pas belinya. kok baju yg kemaren ngga ada di lemari? padahal emang sengaja disisihin buat kalo dah momennya ato yg lama udah kekecilan.
      ngga keliatan anaknya ato gimana? sharing dong tipsnya..

  1. Entah ikut aliran siapa, anak gw paling susah diajak beli baju. Apalagi lebaran, ditawarin apa aja ga pernah mau. Padahal ibunya sekali2 ingin ikutan euphoria lebaran. Jadi ya sutralah pasrah, cari kegembiraan lebaran dari hal lain aja, hihihihi.

  2. Aku beli baju & sepatu anak (dan baju & sepatuku, hihi…) selalu pas diskon saja & sesuai kebutuhan. kalo pas diskon tapi pas lagi ga punya duit dan ga butuh2 banget ya ga beli (sambil berdoa semoga kuat imannya, nggak terjerumus dlm godaan). tapi kalo pas diskon dan kebetulan lagi ada budgetnya padahal lagi ga butuh banget sih biasanya aku beli aja. aku beli 1 size lebih besar, jadi bisa disimpan dulu sampai nanti kalau sudah perlu dipakai :)

  3. Kalo untuk anak-anak, lebaran kuusahain beli baju baru.. dan merayakannya dengan menu istimewa.. beli cake, sweets dan sebagainya.. karena kan kita sudah tidak merayakan ulang tahun, maka untuk perayaan Idul Fitri dan Idul Adha (yang memang salah dua di antara hari-hari yang patut dirayakan) memang harus diistimewakan..

    kalo emaknya si ga perlu soalnya udah gede.. dan kalo baju sehari-hari si belinya nunggu diskon gitu..:)

    1. oh kalo ultah saya rada gak konsisten emang. kadang rayain pake gudibeg di sekolah, kadang beli cake kecil2an, kadang malah ngga ada apa2 samsek. jadi susah juga mau bilang ngerayain ato ngga.

      tapi untuk idul fitri, saya pengennya emphasize ke puasa dan keberhasilan puasanya (plus every moral story I can slip in) bukan ke rame2nya idul fitri, baju baru, angpau, apalagi petasannya -_-“

  4. saya gak ada habbit beli baju baru sih, tp anak2 masih di masa pertumbuhan jd pasti tiap tahun besar badannya berubah..hehe..kalo udah gitu suka iseng di kembarin, kalo gak warna, bentuk, atau motif.

  5. gw ga perlu lebaran untuk beliin baju baru buat langit :p kalo ada diskonan atau baju ga diskon tapi harganya reasonable, gw beliin aja..hehehe..
    sayangnya, jaman kecil gw dibiasain punya baju baru klo lebaran walo akhirnya berhenti pas jaman SMP/ SMA. itu tapi lebih kepada ‘reward’ atas apa yg gw lakuin selama ramadhan :)

    1. eh tapi Ta, kalo emang sehari2 ngga dibeliin baju & emang nunggu lebaran mah ok-ok aja kali ya. yg kadang jd masalah kan kalo hari2 udah beli baju pas diskon, eh pas lebaran masi nagih juga padahal yang kemaren2 beli masi cukup.

  6. taun ini gue mulai membiasakan untuk tidak beli baju dan sepatu baru. ga worthed ah, apalagi baju muslim yang cuma dipake sekali dalam setaun. Koleksi taun lalu masih banyak dan masih muat hehe. Jadi, taun ini pas dulu deehhh :D

    Eniwei, gue juga diskon mania kok. amat sangat hahaha…

Post Comment