Tips & Trik Manajemen Pekerjaan Rumah Tanpa ART

by: - Thursday, September 2nd, 2010 at 8:00 am

In: Home & Living Mommy Chatter 118 responses

0 share

Kalau jawaban atas pertanyaan diatas nggak, bohong itu sih! Kalau nggak ada pembantu mau nggak mau pasti repot. Saya sendiri sejak tinggal pisah dari orang tua memang belum pernah punya pembantu. Jadi ya harus jungkir balik sendiri bareng suami pegang kerjaan rumah. Nah karena udah lumayan terbiasa dengan keadaan tanpa pembantu, saya punya beberapa tips yang mungkin berguna buat Mommies di sini.

Buat saya, pada dasarnya household chores bisa dibagi sebagai berikut:

  • Yang bisa dikerjakan hanya sebelum anak-anak bangun
  • Yang bisa dikerjakan waktu anak-anak bangun
  • Yang bisa dikerjakan bareng anak-anak

Kenapa pembagiannya seperti ini? Karena begitu anak-anak nggak ada yang ngawasin, they tend to extend the working time twice longer. Contohnya nih, baru aja bersih-bersih meja dan taro lap di dapur, ehh trus mejanya ketumpahan minuman. Celakanya lagi, kalau kita lagi ngepel dan anak malah lari-larian dan kepleset kan yang ada malah kerjaan jadi terhenti dulu karena harus mengayomi si anak.

Jadi poin pertama, sebelum anak-anak bangun (atau mungkin masih di sekolah?), selesaikan kerjaan yang susah dikerjakan waktu anak-anak aktif.

Berikutnya, kerjaan yang masih bisa disambi meski anak-anak bangun. Misalnya cuci piring, lipat baju (bukan setrika loh! Kalau ini sih malah berbahaya).

Terakhir, kerjaan yang bisa melibatkan anak, misalnya membereskan mainan mereka sendiri, memasukkan baju yang sudah rapi ke lemari dan merapikan lemari buku.

Kadang kebiasaan sehari-hari juga harus menyesuaikan kalau lagi ngga ada ART. Misalnya yang biasanya selalu ganti baju setiap baju kotor sedikit, terpaksa agak tutup mata dan baru ganti nanti setelah mandi untuk menghemat cucian. Baju dan celana berwarna terang juga sebaiknya disimpan dulu di lemari yah, lebih baik pakai baju yang nggak terlalu gampang kotor dan celana warna gelap dan jeans dulu. Jeans bisa dipakai beberapa kali sebelum dicuci selama nggak ketumpahan minuman atau makanan.

Satu tips dari Ibu saya tentang cucian baju, saat menjemur baju usahakan jemur yang rapi mengikuti garis jahitan pakaian. Lebih bagus lagi kalau bisa pakai gantungan baju. Kalau jemurnya rapi, nanti pas bajunya kering nggak akan terlihat kusut. Waktu angkat dari jemuran juga langsung dilipat. Untuk t-shirt bisa dilipat dua atau empat waktu akan ditaruh di keranjang pakaian bersih. Jadi nggak asal tumpuk saja, karena nantinya malah akan kusut lagi. Nah waktu melipat baju juga usahakan serapi mungkin dan sebelum melipat cukup di’setrika’ pake tangan aja. Tidak perlu disetrika beneran sudah cukup mulus  kok. Tapi yang bisa dilipat langsung begini hanya yang berbahan semacam kaos saja sih. Kalau kain-kain katun atau yang rentan kusut macam kemeja, celana kain pasti harus disetrika lagi. Tapi, setidaknya sudah mengurangi jumlah yang harus disetrikakan?

Alat makan, terutama yang dipakai untuk cemilan anak, juga bisa dihemat lho. Reuse alat makan dan minum dalam periode yang memungkinkan. Kadang kalo ada ART, kita cenderung ganti-ganti piring dan gelas seenaknya. Setiap jenis minuman yang berbeda, contohnya sirup, teh dan jus harus pakai gelas yang berbeda juga. Sebenernya kalau rentang waktunya tidak begitu lama, gelas tinggal dibilas pakai air matang saja sudah bisa dipakai lagi. Begitu juga dengan piring, misalnya piring kecil untuk kue, bisa dipakai untuk makan roti, kemudian dipakai lagi untuk wadah remah-remah biskuit. Selesai itu bisa dipakai lagi untuk makan donat setelah remah sisa roti dan biskuit dirontokkan dan dibuang ketempat sampah. Selai atau krim sisa donat atau cake misalnya, nantinya bisa dilap pakai tisu saja kalau alat makan mau dipakai lagi. Tapi kalau bekas makan jelly atau makanan yang cenderung basah atau lengket memang harus langsung dicuci untuk menghindari semut. Kalau semut sudah datang, jadi PR sendiri tuh ngeberesinnya. Intinya selama makanan dari kategori yang sama masih bisa kok untuk memakai piring yang sama. Jadi jangan piring bekas makan kentang goreng kemudian dipakai untuk makan agar-agar ya.

Oh iya soal ngepel-mengepel nih saya terinspirasi dari mas-mas cleaning service di mall yang suka semprot-semprot. Jadi obat pel itu saya tuangkan ke dalam botol semprotan. Jadi waktu ada yang tumpah dan perlu dipel sedikit, saya nggak perlu gotong ember air kesana kemari. Tinggal semprot saja terus dilap seperti biasa. Buat ngepel serumah juga bisa kok pakai ini. Malah lebih enak karena cepet kering jadi anak ngga kepleset.

Sekian tips dari saya. Mungkin ada tips dan trik lain dari Mommies yang bisa di share?

Share this story:

Tags:

Recommended for you:

118 thoughts on “Tips & Trik Manajemen Pekerjaan Rumah Tanpa ART

  1. Pingback: Mommies Daily
  2. Pingback: windy syukri
  3. Pingback: teta medianna
  4. Pingback: Resna Nurhantika
  5. Pingback: Dhani RoyalQueen
  6. Pingback: gamma sinta
  7. Pingback: Okky Riani
  8. Pingback: Imelda A.Trisna
  9. Pingback: mira a
  10. Pingback: lita iqtianti
  11. Pingback: Annisa
  12. Pingback: riska puspadewi
  13. Pingback: husnul khatimah
  14. Pingback: Juliana Charmy
  15. Saya pernah mengalaminya.. hahahhaha… i feel like a supermom kalo sampe sore rumah masih rapi. Dan itu cuman kejadian beberapa kali aja.
    Kalo aku, dari dulu ngepel (kalo nggak ada pembantu) emang cuman semprat semprot aja, untungnya rumah tipe L4 aka Lu Lagi Lu Lagi, jadi ngepelnya nggak susah.

    Yang nyerah adalah nyetrika ama cuci piring. Kalo nyetrika saya borongken pada tukang setrika. baju rumah dan baju dalam ga ada yang disetrika.

    Kalopun lagi rajin setrika which is kejadian sangat langka, saya pake cara emak saya: Tumpuk rapi semua pakaian. dan setrika sambil liat TV, dengerin radio, dan ANAK SEDANG TIDUR. kalo enggak, yang ada setres ngusir anak untuk menjauh dari setrikaan.

    hmm.. apa lagi ya.. oh yang paling penting: Bangun pagi, LANGSUNG MANDI. susah mau mandi kalo anak udah bangun atau kita udah ngerasa nanggung lagi ngerjain kerjaan rumah. Kalo mau hemat, mandi bareng pas anak mandi sih.

    apa lagi ya? hadeuh.. mumpung masih diindonesia, masih kuat bayar pembantu, saya berterimakasihhhhh sekali sekarang ada si Teteh. Paling enggak ada yang cuci piring dan alat dapur kotor bekas eksperimen sayah.. hahhahaha…

    eh,kok panjang….? *mlipir*

    1. hiks, lha itu, entah gimana cari Teteh di udik ini kok ongkosnya sama yak ama dikota…mosok sehari 2-3jam minta 30 rebu *mending gue tetehin, duitnya buat gue beli lenong!*

      kalo soal mandi mah suka dibarengin semua secukupnya kamar mandi wahahahah.

  16. Sepertinya pekerjaan mulai dari nyuci, nyapu, pel dan masak masih sanggup dilakukan. Tapi untuk setrika kok malas sekali ya..Thank God, sekarang ada jasa cuci kiloan di komplek

    1. yg lempar ke cucian kiloan cuman bangsa seprei selimut gitu. soalnya ga ada tempat jemurnya juga. kalo baju, diliat2 kok ga bersih ya itu kiloan? tapi emang wanginya kenceng sih :D

  17. Wah untuk tips ngepelnya wokeh banget tuh…bisa diikuti.

    Selama ini klo ga ada pembantu, suami saya mau ikutan bantu untuk urusan nyapu en ngepel. Hihihi kebetulan saya emang paling ogah klo ngepel en nyapu…kesannya kok ga kelar2 kerjaan :D

    Cuci piring, nyuci, setrika masih mau deh asal ga ada pasukan penganggu aja :D

    1. iya jeng, ini juga pasti bagi2 kok kerjaannya sama suami.
      bayangin mesti ngurus serumah sendiri + ngangon anak 6th, 4th, 1.5th kok rasanya pengen milih tidur aja ya ~_~ hehehehhe

      1. mb kirana, wowww salam kenal*salaman*:p anak2mu sm bener umurnya ma anak2ku n akupun tanpa art juga..feel you bgt, yg semprot2 itu juga wkwk klo aq liat cs nya hotel..jd klo anak ngompol trutama tinggal crot2 yg uda di isi ma larutan air+super pel jd ga bau pesing..untuk gelas jg gitu klo bs sehari gelasnya ituuuu aj, taro kulkas jd mo minum pk itu lg aj bareng2 wkwkw..bj pun gt klo perlu baju malam pas mo tidur ga’ usah dicuci dl bs dipeke lg pas anak plg sekolah, sore br ganti, emaknya pun punya bj “dinas” yg buat kerja sana-sini n ada yg buat sholat aj..yaahh klo ngbayang2in bisa bkin ktwa-i sndiri aj mb..

  18. setuju sama yustin, good tips di bagian ngepel! :D
    and thanks buat semua tips lainnya! anak gw blom lulus TT nehh..bisa ganti celana ampe 6x sehari! kalo ga ada pembantu gini, biasanya tergoda pakein dispo diapers aja nih… (maaf ya green movement….)

      1. Anak gw udah 2th8bln :D. Tapi ya itu, masih suka jail, bilang pipis kalo udah basah, atau kalau lg asik main malah ga bilang samsek :(.

  19. hehe ini kayaknya kejadian juga ma aku… cuma bedanya kami berdua sama bekerja dan akupun masih kuliah malam
    jadi solusinya??
    kerjaan rumah ya di bagi2 bagian bersih2 seperti pel, sapu dan cuci baju bagian kangmas deh
    nah bagian aku urus anak,cuci piring, masak dkk
    klo soal setrikaan sama banget sma mba depe dioper ajah
    gak sanggup
    oh iya aku masih punya baby jadinya repooot bangett……..

    1. woooww..ngga cari ART aja mom?

      hehehe, saya sama suami sampe ngga keliatan batasnya siapa ngerjain apa. segala dihandle siapa yg lagi bisa. kecuali ngelonin si 17bln yg perlu nenen, baru suami nyerah…hahahaha

  20. kirceee… tips en trik elo kepake abweeess!!
    kalo gw :
    - anak masih tidur, yg kudu dikerjain adalah beberes dan nyapu ngepel plus masak sarapan plus makan siang (kalo keburu)
    - anak bangun, mandi barengan aja. dia sarapan, gw juga, main ya lap2 kalo ada makanan/ minuman jatuh krn rumah gw semutnya biadab banget. nyuci baju gw lakukan barengan sama Langit, dia malah demen banget karena bebas main air sampe kuyub :D
    apalagi ya? nyetrika bergantian sm nyuci aja, atau gw lakuin kalo langit udh tidur malam sambil nungguin bapake pulang kerja :)

      1. kirana, samaa…
        anak gw juga ga bakalan tidur klo gw nya ga ikut tiduran disampingnya dia. Walaupun dia udah ngantuk banget juga. Lah, namanya kita disuruh selonjoran ama anak. Ya bablas ikut tidur juga. Hehehe…

  21. Thank you Kirce..berguna banget nih…tips ngepelnya akan gue laksanakan. Kalo gue sih..

    - Soal cuci mencuci..delegasiin aja deh ke cuci kiloan :D

    - Stock makanan!. Penting nih..makanan yang bisa ditaro di kulkas berhari hari seperti rendang, lasagna..atau bumbu2 pasta…jadi tinggal rebus pastanya aja, trus ayam yang udah dibumbuin jadi tinggal goreng.

    - Yang penting ibunya dulu deh..pagi2 jangan lupa sarapan, waktunya makan siang ya langsung makan siang. Kalo nanti kena migren/maag tambah repot yang ada.

    - Kalo punya beberapa kamar..kunci2in aja. Pergunakan 1 atau 2 kamar aja deh. Jadi nggak banyak yang perlu diberesin.

    - Misalnya mau bikin juice..bikin aja sekali banyak trus masuk2in ke gelas tupperware dan taro di kulkas.

    - Sebelum si Mbak pulang..nggak papa kan di rodi dulu sedikit..hihi. Suruh sikat2in kamar mandi, lap2 jendela, ganti sprei dan semua hal yg gak perlu dikerjain setiap hari.

    - Yang bisa dikerjain sekaligus mendingan kerjain berbarengan aja. Misalnya: Nyiram tanaman sambil mandiin anak :D

    Apalagi yaa..gue juga dulu 4 taun punya anak ga pake ART tapi kok lupa lagi yaa tips & tricknya…:D

  22. Hihihihi, seru baca tips & komen2nya.

    Semua trik gw kayanya disebabkan oleh gw yang pemales abis.

    - Sedia tissue kering & basah. Buat ngelap permukaan meja & lantai yang mendadak kotor. Seka tissue basah, dilanjutkan dengan tissue kering. Abis males nyari/pake lap, trus lap kan harus dicuci.

    - Piring & gelas kertas. Semua orang harus pake ini, kecuali suami (die ga mau, bencong dah) ama ortu kalo mampir ke rumah.

    - Baju kotor dikumpulkan & disembunyikan aja, menanti mbak dateng. Tapi kadang2 ada aja yang lagi main ke rumah dan maksa2 mau nyuciin, ya terpaksa ga ditolak dong :D

    - Sebisa mungkin ga usah masak. Nanti jadi banyak cucian benda2 dapur soalnye, mayeeesss.

    - Habis pake apa2 harus balikin ke tempatnya. Sehari2 juga begini sih, cuman kalo lagi krisis bantuan ya lebih digalakkan lagi.

    1. oh iyah! tisu!
      kalo ada yg tumpah2 juga gue mending serep pake tisu dulu soalnya jauh lebih cepet ketimbang pake lap.

      jadi inget juga, tisu yg lebih cepet nyerep itu tisu yg embossed yah, bukan yg polos.

  23. ahai..bag mandi pagi tuh bener bgt ya..kalo ditunda ntar malah ga sempet mandi :) .Kalo gw nyerah deh ama setrika2an..dua bln pertama msh oke tp makin ksini makin ga kepegang..hiks..Thanks god ada laundry kiloan!hi..hi..

    Berhub gw ga bisa masak (tp suka mkn enak),tips dari gw adalah pakai katering…ha.ha..

    1. pake ketring cuman tahan sebulan sajah. bosen bin ajaib masakannya.
      lha kita kan banyak anak kecil. mosok menunya jeroan mulu, ikan kecil2 penuh duri mulu, belon lagi kuahnya pedes. dan ngga bisa minta custom -_-”
      sisanya either akrobat masak yg bisa buat 2 hari, ato tiap suami pulang kantor ditodong mampir beli lauk…

  24. karena belum jadi emak, share tips dari emakku aja: nyapu sambil ngepel
    jadi pas nyapu, bawa sekalian lap pel
    setiap satu bagian selese disapu, langsung dipel
    tapiii.. pake kaki! jadi tu lap pel diseret-seret pake kaki, nggak pegel bungkuk-bungkuk deh :D

  25. buat nyapu mgkn bisa dicari “magic clean” produk. buat pelnya, beli kain pelnya yg dr scotch brite (bener ga yah tulisannya), ntar gagangnya bs pake punyanya si magic clean. aku pernah liat kok di sogo PIM. a bit pricey sih di jkt, mgkn gagang+ 1 dus kertas sapu bisa 100rb an, tp cepet bgt deh nyapu ngepelnya.
    HTH

    1. pernah sih nyari yg model begini2. yg ada yg gagangnya patah lah, gagangnya los, kain pelnya gak mo lengket…bikin makin spaneng malah. apalagi di desa begini susah nyari barang aneh2.

  26. wahhh berguna sekali tips and triknya. sama ama Affi, untungnya ART gw juga ngga mudik…hihihih.
    gw penasaran sama yg obat pel tuangkan ke dalam botol semprotan, perlu ditambahan air ga? perbandingannya brp2? maap yah pertanyaannya bodoh *ketauan ga pernah ngepel* :D

    Rika, iya tuh gw pake pel magic clean, beli dari spore. setiap ada yg pegi ke spore dan bersedia dititipin isi ulangnya, pasti gw nitip. kalo pas gw ke spore, gw beli buanyak banget trus gw kirim pake pos…hehehe. gw pake pel magic clean itu utk kamar gw, krn kasur ditaro dibawah. emang ringkes banget deh sih magic clean ini…sayang di jkt belun ada yah.

    1. oh ga ada ran di jkt skrg? gue pernah liat loh di sogo PIM. sktr 1-2thn yg lalu sih, mgkn ga laku trus ditarik ya.
      iyaaa itu guna bgt buat nangkep debu2 kapas+rambut rontok :D
      cuman klo gue cukup medit ran…klo pas pake maid (waktu di KL kan gue ada maid mingguan), dia pake manual. hihihi.
      oh klo yg pel, gue prefer kain scotch brite, ran, drps tissue pel basah, lbh mantep.

  27. Rani, iya ditambah air diencerin gitu. kalo terlalu kentel malah licin ntar jadinya macem kebanyakan sabun cair kurang air gitu lho.

    oh itu magic clean ngga ada di indo ya? di ACE juga ga ada? kayaknya suka liat yg mirip2 tapi ya itu, cepet patah lah, cepet los, dsb. padahal harganya juga ngga murah :(

    1. Kir, okay sip…thanks :)
      di ACE kayaknya sih ga ada. gw blom pernah liat ada yg jual di jkt. Gw pake udah mau 2 tahun malah masih belom patah2.

      Rika, boleh juga tuh nanti kalo abis, gw cobain kain scotch brite ;)

  28. Oh iya, satu lagi tip yang menurut gw berguna banget untuk lebaran tanpa mbak:
    Pigi ke salon dan pake kuku palsu. Jadi mau tangannya dipake ngerjain apapun, kuku tetep cantik, bow! Ga usah kuatir patahlah, retaklah, cat kukunya ngelupaslah. Pokonya ga ada deh kuku Upik Abu :p

  29. Pingback: Affi Assegaf
  30. Pingback: Herialita
  31. Wah…woke banget tips nya. Salut banget buat FTM. Saya pernah 4 hari ditinggal cuti ART, kayaknya udah kalang kabut. Waktu itu yang penting bisa masak sayur buat anak, kalau saya nya sih ceplok telor/goreng nugget aja. Suami pulang kerja suruh beli lauk hehehe. Soal nyapu dan ngepel, srat sret aja yang penting gak ngeres. Kalau setrika, setrika yang mau dipakai suami aja. Kalau buat dirumah gak masalah kalau kusut :D

  32. Pingback: Mommies Daily
  33. Pingback: Anindita Vidyani
  34. Pingback: nur indah iryani
  35. Pingback: Ketty Ashari
  36. Pingback: Mrs. Arvie Dwi P.
  37. Pingback: Alamanda Marcella
  38. Pingback: Saraswati Hari
  39. Pingback: Aini
  40. Pingback: iNdRi
  41. Pingback: ekawati astuti
  42. sy ibu bekerja dari pagi smpe magrib (karna lokasi kerja jauuuh), baru dg 1 anak 1,5 thn tanpa pengasuh dan ART. Kalang kabut si, tp jd mudah karna terbiasa tp jd terbiasa itu gak mudah…*halah*

    Bangun tidur langsung mandi, klo gak sempet keburu anak bangun, mandi sekalian ma anak.

    Untuk urusan masak, direncanakan seminggu sekali pas hari jumat malem, baru sabtu hunting di pasar/ supermarket untuk yg frozen vegtb kalo lg darurat. Jd sabtu sekalian jalan2+makan diluar, so gak pakai masak ;)

    Cuci baju dan seterika, 2 hari sekali dicuci pakai mesin, ntr hari jum’at baru pakai jasa laundry untuk setrikanya, bisa hemat, bisa kontrol bersih nggaknya baju dan finaly tinggal terima rapinya :)

    Segera cuci perkakas masak setelah dipakai biar ga numpuk.

    Setelah makan, wajib cuci piringnya masing2.

    Pagi, ga pakai kopi ga pakai teh (untung suamiku juga gak suka kopi dan teh :) )

    yang paling penting——> bangun lebih pagi, bisa lebih siap, lebih tenang, dan smua rencana lebih terealisasi…;)

    hmmm…apalagi ya??

  43. Pingback: Mrs Baktilugina
  44. Pingback: Mommies Daily
  45. Pingback: endah lestari
  46. Pingback: Windi Juwita
  47. Pingback: endang dwi astuti
  48. Pingback: arika murti
  49. Pingback: adilah aliana
  50. Pingback: Reni Susanto
  51. Pingback: Raydanni D. Rizki
  52. Pingback: viani
  53. Pingback: monamona
  54. Pingback: Mommies Daily
  55. Pingback: Ria Laksmi
  56. Pingback: veraveplun
  57. Pingback: Tary
  58. Pingback: Dee, Mama Keenan
  59. Pingback: divianti alfira
  60. Pingback: riska
  61. Pingback: AryFajar
  62. Pingback: Mommies Daily
  63. Pingback: widhiasti
  64. Pingback: Cutsalmadhanu
  65. Pingback: Egla Farania
  66. Pingback: dyah
  67. Pingback: Citra Prasetyo
  68. Pingback: DewiMorrow
  69. Pingback: Tiara in Any Human
  70. Pingback: Tya Priyandito
  71. Pingback: Tya Priyandito
  72. Pingback: mira harini
  73. Pingback: kurnia sari
  74. Pingback: Forum Asi Kalsel
  75. Pingback: ayu shinta
  76. Pingback: diah vita
  77. Hai hai aku senasib juga, tp br punya 1 anak umur 2,5thn sih. Cuma aku juga ngantor di rumah, itu yg bikin repot..hehe.

    Nah, semua hal yg dah di share sih emang udah aku lakuin, karena dulu di rumah Mama juga sering ga ada ART. Tapi ada satu nih yg aku juga baru dpt tips.

    Soal ngepel, coba deh cari pel yang bertongkat tapi ujungnya dari bahan sintetis (kanebo). Di pasar ada loh yang jual. Klo tongkatnya patah, ada penggantinya, dijual terpisah sama sumbunya.

    Enaknya klo pakai bahan kanebo itu cepet kering n lebih bersih. Plus ada tongkat kan jadi lebih mudah menjangkau kolong2. Biasanya kan suka bete tuh ya klo rambut nempel2 di kain pel, klo pake bahan sintetis ini ga.

    Trus daripada nyapu, klo aku sebelum ngepel ambilin rambut2 yang rontok di lantai pakai selotip. Ini nih tips baru juga dr tanteku. Selain rambut, debu2 kasarr juga ikut nempel. Bersihin lantai jd lebih mudah n cepet.

    Hope it helps :)

Leave a Reply