Apakah Anak Saya Cacingan?

Dok, saya curiga anak saya terkena penyakit cacingan. Sebenernya apa sih tanda-tandanya anak yang terkena cacingan? Dan apa yang perlu kita lakukan kalau memang benar anak saya cacingan? Apa cukup dikasih Combantrin? Dan apa benar kalau obat cacing perlu diminum 6 bulan sekali?

Bunda Kezia

Dear Mom,

Anak yang terkena cacingan biasanya adalah anak yang sudah bisa berjalan dan senang mengeksplorasi sana sini, dengan pengawasan hygiene yang kurang. Anak yang mengalami cacingan gejalanya bermacam-macam (tergantung dari cacing yang ada). Ada yang mengalami pruritus ani (gatal-gatal di anus), tapi tidak semua pruritus ani pasti cacingan. Ada yang keluar sendiri cacingnya dari anus atau mulut. Ada yang pucat dan semakin lesu. Ada pula yang perutnya membuncit karena tumpukan cacing (ini biasanya di daerah endemis, seperti kasus anak dengan perut spageti, di suatu daerah di jawa barat).

Minum obat cacing dianjurkan hanya bila anak memang mengalami cacingan, itupun setelah dilakukan pemeriksaan tinja. Atau rutin diberikan pada daerah yang endemis cacingan. Kalau kita tidak tinggal di daerah yang bukan endemis, Insya Allah tidak perlu rutin minum obat cacing. Sementara kalau anak memang dicurigai cacingan, periksa dulu tinjanya, bila positif baru minum obat cacing, umumnya cukup dengan obat cacing yang ada saat ini.

Semoga pertanyaannya terjawab ya.

Peluk mesra buat si kecil


21 Comments - Write a Comment

  1. Alhamdulillah, thanks for the info Dok. Kemarin saya juga sempet curiga Nadira cacingan karena kurus dan perutnya rada ndut, hehehe.. Tapi gak ada tanda2 cacingan, plus saya baca-baca dan tanya ke DSA, obat cacing sebaiknya baru diberikan pada anak umur > 2 thn. Kalo di bawah itu, bisa dikasih asalkan mendesak dan sesuai diagnosa dokter.

  2. minggu lalu, yg jagain si dede blg katanya di tinja anak saya ada cacingnya dok. saya ga tau pasti cacing bnr yg dia lihat atau hanya mirip cacing (krn saya sedang di kantor). tapi klo saya baca jawaban dokter diatas, ciri2 anak cacingan tidak ada di anak saya. apakah itu normal dok? saya belom cek ke DSA sih. thx

Post Comment