banner-detik
HEALTH & NUTRITION

Apakah Anak Saya Cacingan?

author

Mommies Daily31 Aug 2010

Apakah Anak Saya Cacingan?

Dok, saya curiga anak saya terkena penyakit cacingan. Sebenernya apa sih tanda-tandanya anak yang terkena cacingan? Dan apa yang perlu kita lakukan kalau memang benar anak saya cacingan? Apa cukup dikasih Combantrin? Dan apa benar kalau obat cacing perlu diminum 6 bulan sekali?

Bunda Kezia

Dear Mom,

Anak yang terkena cacingan biasanya adalah anak yang sudah bisa berjalan dan senang mengeksplorasi sana sini, dengan pengawasan hygiene yang kurang. Anak yang mengalami cacingan gejalanya bermacam-macam (tergantung dari cacing yang ada). Ada yang mengalami pruritus ani (gatal-gatal di anus), tapi tidak semua pruritus ani pasti cacingan. Ada yang keluar sendiri cacingnya dari anus atau mulut. Ada yang pucat dan semakin lesu. Ada pula yang perutnya membuncit karena tumpukan cacing (ini biasanya di daerah endemis, seperti kasus anak dengan perut spageti, di suatu daerah di jawa barat).

Minum obat cacing dianjurkan hanya bila anak memang mengalami cacingan, itupun setelah dilakukan pemeriksaan tinja. Atau rutin diberikan pada daerah yang endemis cacingan. Kalau kita tidak tinggal di daerah yang bukan endemis, Insya Allah tidak perlu rutin minum obat cacing. Sementara kalau anak memang dicurigai cacingan, periksa dulu tinjanya, bila positif baru minum obat cacing, umumnya cukup dengan obat cacing yang ada saat ini.

Semoga pertanyaannya terjawab ya.

Peluk mesra buat si kecil

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan