Mengenal Cacar Air

Dear dr Ian,

Saya terkena cacar air padahal bayi baru berumur 11 hari. Bayi saat ini sehat dan sudah dipisah tapi apa perlu penanganan lanjut?

Anne Anindya

Dear Mommy Anne,

Cacar air (varicella) menular lewat udara melalui droplet (cairan) dari gelembungnya. Sebisa mungkin orang yang terkena cacar air menghindari kontak dengan orang-orang yang rentan terkena yaitu yang belum pernah mengalami cacar air dan belum pernah diimunisasi cacar air. Umumnya orang dewasa muda, manula, dan bayi dibawah 1 bulan yang bila tertular virus ini yang akan mengalami perjalanan penyakit yang berat, sementara balita umumnya reaksinya ringan saja.

Penularan itu sendiri mulai terjadi dari awal gejala hingga proses pengelupasan keropeng, sekitar 1 minggu. Dengan masa inkubasi sekitar 2-3 minggu. Artinya, meskipun sudah dipisahkan risiko tertular masih ada, namun muncul penyakitnya sekitar 2-3 minggu lagi, kecuali jika sama-sama tertular dari sumber yang sama, masih mungkin beberapa hari kemudian akan mengalami cacar air.

Yang harus dilakukan untuk si kecil (dan juga yang lainnya yg belum terkena cacar air) tidak ada treatment khusus, hanya observasi saja, ditunggu apakah dalam 2-3 minggu ke depan akan mengalami cacar air atau tidak. Kalau setelah 2-3 minggu ke depan tidak mengalami cacar air, disarankan untuk imunisasi varicella (sudah bisa dilakukan sejak  usia satu tahun, dibawah 18 tahun dua kali dengan jarak 3 bulan, di atas 18 tahun diberikan 2 kali dengan jarak 1 bulan, dengan dosis yang sama).

Untuk treatment penderita sendiri, cukup menjaga agar gelembung tidak pecah, dengan tidak menggaruk, mandi dengan sabun cair (tidak perlu mengandung antiseptik), atau menggunakan bedak. Tidak perlu minum asiklovir (antivirus) apalagi antibiotik. Luka yang pecah cukup dibersihkan dengan larutan antiseptik saja.

Selama masa pemisahan, ASI dapat diberikan dengan cara diperah/dipompa. Jika si kecil terlanjur tertular varicella, ada baiknya hubungi dokter anak, untuk pertimbangan pemberian asiklovir. Jangan lupa perhatikan kondisi umumnya, apakah ada sesak nafas, kejang, atau dehidrasi akibat kesulitan minum, jika ada segera hubungi rumah sakit terdekat.

Mudah-mudahan cepat pulih kembali ya cacar airnya, dan si kecil tidak tertular…


16 Comments - Write a Comment

  1. Dok, saya baru punya baby berusia 2 minggu. 3 hari yang lalu saya terkena cacar air.oleh dokter saya diberi danovir dan cetirizine. Asi tetap saya berikan dengan pompa, yang ingin saya tanyakan :
    1. Apakah asi yg dipompa akan mengurangi produksi asi? Krn berapa hari ini asi saya aga berkurang, seddangkan permintaan baby cukup banyak (100ml sekali minum) dan saya enggan menghentikan asi eksklusif.apakah pengaruh dari obat cacar yg saya minum?
    2. Hari ini saya menemukan bentol merah di leher baby saya, tapi nafsu makan, bab dan bak masih bagus, juga tidak rewel. Apakah ada kemungkinan baby saya terkena cacar juga? Apa yg harus saya lakukan mengingat usianya yang baru 2 minggu.

    Mohon dibantu atas kebingungan saya..

Post Comment