Udang Goreng Mayonaise

Spesialnya di saus mayonnaisenya, karena ini nggak cuman mayo biasa loh! Tapi dicampur beberapa bahan jadi rasanya gurih manis asem dan wangi wijen :)

Bahan:

500 gr Udang Vaname/Udang ukuran sedang, kupas, belah punggung dan bersihkan kotorannya
Minyak goreng untuk menggoreng

Celupan, campur semuanya :

  • 1 siung bawang putih besar, parut halus
  • Garam, merica secukupnya
  • 150 gr tepung terigu serbaguna (segitiga biru)
  • 100 gr tepung beras (rose brand)
  • 50 gr tepung maizena
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 butir telur besar
  • 1 sdt wijen putih sangrai dan sedikit lagi untuk taburan
  • Air (nggak wajib, kecuali kalau adonannya terlalu kental, bisa ditambah sedikit)

Saus Mayo, campur:

  • 100 ml mayonnaise putih
  • 100 ml susu kental manis
  • 100 ml yogurt plain
  • 1 sdm minyak wijen

Cara membuat:

Aduk rata bahan celupan yang sudah disebutkan diatas. Kekentalannya seharusnya cukup dengan cairan dari telur, namun bisa ditambahkan air jika bahan pencelup teralu kental.

Panaskan minyak dalam wajan, minyak harus benar-benar panas sebelum udang masuk sehingga nggak terlalu lama di dalam minyak. Api jangan terlalu besar.

Goreng udang yang sudah dicelup ke bahan celupan hingga berwarna kekuningan.

Angkat dan tiriskan.

Penyelesaian:

Susun udang goreng di piring. Siram dengan sedikit saus mayo dan simpan sisanya dalam mangkok untuk celupan. Hias dengan taburan wijen sangrai

Jadi deh, tinggal disantap saja (kalau sudah buka yah :) )

Kadang anak-anak nggak mau makan udang dalam keadaan “utuh”, jadi alternatifnya, udang bisa dipotong-potong dulu baru digoreng. Potongannya lebih kecil dan lebih asik dimakan untuk anak :)


21 Comments - Write a Comment

  1. deebag: haaaa.. itu Ira udah pidato cara masak yang benar. Lagian nggak di’ulenin’ kok, cuman dicampur2 gitu doang. Asli gampang mbak, tinggal cemplung2 doang, ntar pasti ketagihan.

    ayesha: buat saya, semua mayo ENAK. hahahha.. tapi saya paling suka Kraft, Best Foods juga enak, trus mayo Jepang yang di tube empuk itu juga enaaaaaaaaaks. Ah salah nih mampir ke sini jam segini pas bulan puasa -_-

    affi: sebetulnya, pemakaian baking powder sih nggak wajib. Tapi ngaruh ke adonan. Pas digoreng jadi mekar-mekar gitu Fi :-D kayak idung orang yang lagi dipuja puji lah….

  2. Mba..mau nanya dong..kalo ga ada timbangan ngitung gram2an tepungnya gmn? Bisa pake takeran sendok aja kah?
    Trus nanya lagi yoghurtnya enaknya merk apa?
    Kalo disangrai tuh diapain sih??
    Maaf yaa banyak nanya,maklum pemulaa hehhehe

  3. Novi, kalo ngitung gram2an pakek timbangan sih jeng :D. Kalo pakek sendok… Hmm.. 1 sdm itu kalo munjung kira2 10 gr kali ya *malah ga tau*

    Trus yogurt yang enak ya yogurt Yogheart sayah *jualan deh* hahahhaha…. Well, basically semua yogurt sih rasanya asem2 seger, tapi Yogheart saya beda deh, penuh cinta gituh… LOL

    Trus disangrai itu diosreng2 diatas wajan tanpa minyak. Tetep pake panas dari kompor cencunya :D. Goreng tanpa minyak lah gampangnya…. Tapi kalo pas kefefet, dan cm dikit ga disangrai jg gpp sih. Cuman jd kurang guyih aja…

    Selamat masak ya, jangan lupa order Yogurt Yogheart ke saya *halah*

Post Comment