Jagoan Kecilku Telah Pergi..

Surga hati itu telah pergi
Saat ku tulis untaian kata ini
Butuh waktu untuk memahami semua
Dalam rasa yang tertumpah
Ku memulai sebuah kisah….

Ya…. itulah puisi yang saya buat untuk mengenang kepergian putra tercinta Muhammad Firdaus yang meninggal 12 Januari 2009 lalu. Saat itu  memang menjadi episode terkelam dalam hidup saya harus kehilangan darah daging yang sudah 9 bulan dalam kandungan….

Putra kedua saya itu meninggal sesaat setelah dilahirkan. Hanya 7 jam saja ia bertahan hidup. Diagnosa dokter menyebutkan bayi saya mengalami hipoksia (kekurangan oksigen) akibat banyaknya cairan di paru-paru karena banyak menelan cairan ketuban dan mikonium (kotoran bayi). Ya, bayi saya terpaksa harus lahir caesar karna letaknya yang oblig, sama dengan anak pertama saya yang juga ceasar.

Kronologisnya sendiri berawal saat saya merasakan mulas yang luar biasa pada tanggal 11 Januari 2009 pukul 01.00 pagi. Karna sudah terjadi kontraksi, maka saat itu saya langsung bergegas menuju rumah sakit tempat saya memeriksakan kandungan selama ini. Sampai di sana tim medis langsung meng-observasi dengan melakukan CTG (cardiotocography) untuk memeriksa denyut jantung bayi. Saat itu denyut jantung bayi saya masih baik dan stabil tak ada hal-hal yang mengkhawatirkan. Karena saya sudah dijadwalkan melahirkan secara caesar pada 12 januari 2009 pukul 8.00 pagi, maka dokter dan perawat hanya memberikan obat anti mulas agar kontraksi saya berkurang. Menurut mereka, saya dilarang mulas karena akan dioperasi caesar dan disuruh menunggu sampai tanggal gl 12 Januari sesuai jadwal operasi yang sudah mereka buat.

Setelah pemberian obat tersebut, kontraksi pun berkurang. saya dipersilakan untuk kembali ke ruang perawatan. Saya wajib memberitahukan kepada suster jika mengalami kontraksi lagi. Sepanjang minggu siang tanggal 11 Januari itu, kondisi saya aman alias tidak merasakan mulas-mulas lagi. tapi saat maghrib, tiba- tiba kontraksi itu datang lagi. Suami yang mendampingi saya di ruang perawatan segera melapor ke suster bahwa saya mengalami kontraksi lagi.  Saat itu, suster segera melakukan CTG lagi terhadap bayi saya. Saya pun kembali diberikan obat anti mulas. CTG pun terus dilakukan hingga malam karna RS sempat mati lampu  sebanyak dua kali. Saat itu dokter wanita yang menangani saya mulai mencurigai hasil CTG yang kurang baik, yakni denyut jantung bayi saya yang mulai melemah. Namun anehnya, walau begitu gerakan bayi saya sangat aktif menendang kesana kemari.

Karena hasil pantauan CTG yang dilakukan tak kunjung membaik, akhirnya dokter memutuskan untuk melakukan cito. Operasi caesar pun akhirnya dilakukan dini hari pukul 03.00 pagi.

Operasi berjalan lancar, lahirlah bayi laki-laki yang telah lama kami dambakan. Mengapa demikian? karena sebelumnya kami sudah dikarunia anak perempuan bernama Nayla Adhwa yang kini berusia 5,5 tahun. Anak ke-2 ini juga menjadi kado terindah untuk kakeknya yang sudah lama menginginkan cucu laki-laki. Yah, maklum saja, bapakku mempunyai 4 anak perempuan dan 3 cucu perempuan. Jadi tak heran keluarga besar kami sudah amat menanti-nanti hadirnya jagoan kecil ini.

Bayi laki-laki yang lahir dengan berat 3,5 kg dan panjang 52 cm itu sempat  terdengar tangisannya sesaat setelah keluar dari rahim ini. Bahagia….tentu saja..! Puji syukur alhamdulillah tak putus-putusnya saya ucapkan kepada Allah SWT atas rizki ini.

Namun meski mendengar tangisannya, saya belum sempat melihat wajahnya karena tim medis segera membawa bayi saya dengan terburu-buru. Saat itu saya belum mempunyai pikiran jelek sama sekali kenapa dokter tidak memperlihatkan bayi saya ke saya. Hingga pagi harinya, dokter dan suami saya memberitahukan bahwa bayi saya dalam keadaan kritis. Saat itu hati saya masih tenang dan terus berdoa. Saya yakin Tuhan akan menyelamatkan bayi saya. Alhasil sambil menahan sakit paska operasi caesar dan infus yang  masih terpasang, saya pun terus menerus berdoa sepanjang hari itu memohon keselamatan untuk bayi saya.

13 januari 2009, setelah dipindah ke ruang perawatan, saya menyampaikan keinginan kepada suami untuk melihat bayi saya. Suami sempat terlihat sedikit bingung…ia keluar masuk pintu ruang perawatan. Kakak perempuan saya pun ikut-ikutan keluar ruangan tanpa alasan yang jelas. Tak lama, suami meminta saya menuju ruangan dokter. Dengan dorongan kursi roda akhirnya saya, suami dan kakak menghadap dokter. Saat itulah dokter menjelaskan perihal kondisi bayi saya yang tidak bisa diselamatkan.

 


105 Comments - Write a Comment

  1. Pingback: mom

  2. Innalillahi…
    Semoga mbak selalu diberikan kekuatan, ketabahan.. Dan diberikan seorang anak laki-laki lagi oleh Allah..

    Semoga kelak ketika berjalan kepintu surga, mbak ditunggu oleh firdaus dipintunya, amien

  3. Selamat jalan ya Sayang…kami semua disini ikut mendoakanmu.
    @ mba Achie, yang tawakal dan sabar yah..Insya Allah Firdaus akan menjadi malaikat penolong mba kelak di akhirat. Amin.
    Aq merinding banget bacanya, thanks for sharing biar bisa jadi pembelajaran biar ga ada kejadian menyedihkan seperti ini lagi.

  4. sama ama mandey, pagi2 mewek di kubikel :'(
    membayangkan perasaan hati mbak achie.. dan teringat pada anak2 saya sendiri di rumah..
    saya gak bisa nahan nangis waktu baca kalimat penghiburan dari suami mbak achie.. karena itu benar adanya, anak adalah titipan, yang sewaktu2 bisa diambil kapan pun oleh Pemiliknya..
    semoga keikhlasan mbak achie sekeluarga, dibalas dengan limpahan berkah dan ridho dari-Nya..
    amiiin ya rabbalalamiinnn..

  5. dear mba achie…. ikut berduka cita yang sedalam-dalamnya.. semoga Allah swt memberikan ketabahan utk mba achie sekeluarga.. *mewek juga sejadi2nya di kubikel
    aku juga dijadwalkan operasi caesar masih beberapa hari lagi ketika kontraksi terasa, untungnya dokter langsung melakukan tindakan, operasi berlangsung 3 jam setelah kontraksi terasa, itu pun air ketuban sudah berubah kehijauan :-((
    ga kebayang klo operasinya baru dilakukan sesuai jadwal………

  6. Merinding saya membacanya, bahkan hampir menangis.
    Saya belum menikah tapi kerinduan akan hadirnya buah hati sudah lama saya rasakan.
    Membaca cerita mbak, saya juga ikut merasakan kesedihan.
    Semoga tabah ya mbak…

  7. *berderai air mata sambil terus membaca*

    Merasa bersalah kadang suka marah2x sama jagoan kecil’ku karna bandel hicks……

    Buat mba achie :
    Si kecil pastinya sudah bahagia dengan Allah di Surga…….terima kasih sudah mau berbagi cerita ya mba…semoga cerita ini bisa bermanfaat untuk banyaaakkkkk calon ibu, semoga kelak mba achie dikarunia kan jagoan lg ya…amin….

  8. Innalillahi wa inna illaihirojiun….

    Semoga mba Achie dan keluarga diberi ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi cobaan ini. Yang ikhlas ya mba….
    Insya Allah Firdaus akan bertemu lagi di surga, sebagai malaikat kecil keluarga mba Achie..

    Selamat jalan anak ganteng…

    *lapairmatamewekdipojokan

  9. Yang sabar ya mba Achi… InsyaAllah ini jalan yg terbaik dari Allah. Aku sampe nangis bacanya, krn saat ini aku juga sdng mengandung 5 bulan anak keduaku. Makasih atas sharingnya, dan ini akan jadi pembelajaran tuk aku.

  10. Subhanallah, bayi-nya ganteng sekali.. *mewek*
    Sabar ya Mba, saya ngga bisa ngomong apa2 lagi karena langsung teringat putra saya dirumah.. :((
    Semoga Mba sekeluarga tabah dan yakin bahwa Firdaus bahagia diatas sana.. Aminn..

  11. mati deh gue baca ini.. *satu ruangan ma cowok2 semua yang akan sangat heran kalo ngeliat ibu2 nangis sendiri

    aduuhhh..mbak achie, innalillahi wa innaillaihi rajiun. saya turut berduka mbak. amat sangat :(

  12. Mba turut berduka ya :'( baca cerita ini sangat sangat sedih sekali dan flashback ke 6 bln yg lalu waktu aku melahirkan, si kecilku ini lahir dgn keadaan yg sama seperti Firdaus.. Overstressed, kekurangan oksigen dan tertelan air ketuban & meconium. Sempat dirawat intensif 4 hari, 2 hari di dalam inkubator.. Alhamdulillah kami berdua masih diberi kekuatan & kesempatan oleh Allah swt.. Yg tabah dan ihlas ya mba, Firdaus pasti bahagia diAtas sana disisiNya..

  13. Innalillahi wa inna ilaihi rajiuun… Kalo ikhlas, insya Allah katanya bisa bawa ayah ibunya ke surga dan ketemu Firdaus. Namanya bagus sekali, he’s an angel :-)

    *tapi poto waktu lagi merem-nya jangan dipajang dong.. selain bikin merinding, juga bikin nangiiiiiisssssssss*

  14. Ya Tuhan, yg kuat yah mbak..
    Aku aja yg dulu cuma pisahan 1minggu sm baby-ku, dan hrs bolak balik antar ASI ke RS, rasanya nelangsa bgt :(
    Didoakan saja yah mbak,semoga putramu diterima disisi Tuhan,Amin.
    Doa aku untuk keluargamu yah mbak *hug*

  15. Sedih banget bacanya and miris…aduh…apalagi aku lagi hamil juga 33 minggu. Sabar2 ya mbak…huhuhu
    Jadi parno mudah2an anak pertamaku ini baik2 aja and sehat walafiat amiiiin.
    Kalau boleh tau, rumah sakitnya dimana ya mbak Achie? Kalau nggak mau publish, imel aku ke supersapi@gmail.com juga boleh. Soriii parno aja sih jadi I just feel that I need to know
    Semoga mbak Achie and keluarga diberi ketabahan ya….

  16. Semoga sekeluarga di tambahkan sabar dan tabahnya ya mbak achie,
    PemberianNYA yg indah diambil dengan cepat, Tapi pasti TUHAN ada rencana yang luar biasa untuk sekeluarga mbak…

  17. Innalillahi wa inna ilaihi roji’un…

    semoga diberi ketabahan ya mba..
    jujur aku nangis mba.. ga tau gmn rasanya klo ada di posisi mba..
    tp Allah udah ngasih jalan yg terbaik bagi seorang manusia…
    mungkin Allah sayang sama Firdaus…
    firdaus yang ganteng pasti udah tenang disisi Allah SWT..
    aminnnn aminnn ya robbal alamin

  18. speechless..ceritanya sama persis dengan kisah kakakku.anak pertama, bayinya terlahir laki-laki yang sangat ganteng dengan berat 3.8 dan panjang 50cm. lahir jam 8 pagi meninggal jam 7 malam dengan badan dipenuhi selang-selang, regulator dan alat bantu pernapasan lainnya…
    Alhamdulillah 3 bulan kemudian hamil lagi dan terlahir laki-laki yang mirip sekali dengan anak pertamanya. Allah punya rencana yang lebih baik mba..

  19. Hi mbak..salam kenal..
    ceritanya hampir sama denganku tahun 2007 yang lalu. Hanya bayi pertamaku bertahan 7 hari, tapi tetap saja aku ga bisa gendong dia. Begitu lahir dia sudah langsung dibawa ke NICU karena biru, dan setelah 2 hari baru ketauan dia kena rubella. Badannya penuh dengan selang, dan pohon obat. Melihat foto itu mengingatkan foto anakku juga.. tapi ya aku percaya Tuhan sudah memberikan yang terbaik. Walaupun di awal2 terasa berat baik psikis maupun fisik yang selalu mengingatkan aku pada si kecil. Anakku itu perempuan, Bellatrix namanya. Tetap semangat! Mereka adalah malaikat2 kecil kita yang akan menanti kita di Surga nanti..

  20. Innalillaahi wa innailaihi roji’uun..
    Mengamini do’a semua moms di sini, semoga timbangan pahala mbak jadi boanyaak sekali, insyaALLAH udah kepegang tiket ke surga tuh mbak.

    Kisah ini sama dengan kisah adik kelas saya, bayi terlalu banyak minum cairan ketuban dan mikonium, karena penanganan yang kelamaan dari pihak RS. Kisah mbak jadi pelajaran berharga, mudah-mudahan jangan sampai di antara kita yang mengalami kejadian ini. Banyak sabar dan tabah, ya mbak..

  21. innalillahi wa inna illahi roji’un…mbak achie (nama penggilanku juga aci) yang sabar ya mbak, Allah pasti punya rencana yang indah untuk mbak. insya allah akan segera diberikan penggantinya.

  22. mbak, salam kenal ya….turut berduka cita . yakinlah mba, Tuhan punya rencana yang sangat indah buat keluarga mba, dan pastinya si kecil sekarang sudah ada di pangkuan Allah. Doa saya beserta mba dan keluarga

  23. Innalillahi Wa Innalillahi Raji’un…

    Sedih dan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya ya mba’ :'(

    Semoga mba’ dan keluarga diberikan ketabahan, kekuatan, dan kesabaran dalam menghadapi rencana Allah SWT yang satu ini, Allah pasti telah menghadirkan tempat terindah untuk Firdaus di surga mba’, dan tanpa rasa sakit apapun lagi, amin ya robbal ‘alamin.

    Yang tabah ya mba’, dan tetap semangat ya, Firdaus pasti menginginkan mba’ dan keluarga tersenyum lagi dalam mengingat dirinya.

  24. buat semua teman2 di mommies daily…makasih atas semua perhatian, simpati n doa2nya. krn itu akan mnjadi kekuatan tersendiri buat saya melangkah lagi mnjalani hidup. Smoga kita semua bisa mengambil pelajaran berharga dr peristiwa tsb. Sekali lagi, makasih ya atas semua doanya… smoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan n keselamatan bagi kita semua…

  25. Innalillahi wa inna Ilahi Rojiun…
    Merinding dan air mata mengalir deras membaca kisah mbak…
    Turut berduka cita ya mbak achie…, walaupun sakit, perih, tapi Allah tahu yang terbaik untuk kita semua, dan setiap kejadian, pasti ada hikmah yang dapat dipetik…., sun sayang buat nayla….

  26. mba Achie, aq baru baca dan sama kayak moms di atas..mewek hiks.
    Innalillahi wa inna ilahi roji’un..Insya Allah firdaus berada di tempat yang paling layak dan baik di sisi Allah SWT ya, mba…

  27. buat semua teman2 di mommies daily…makasih atas semua perhatian, simpati n doa2nya. krn itu akan mnjadi kekuatan tersendiri buat saya melangkah lagi mnjalani hidup. Smoga kita semua bisa mengambil pelajaran berharga dr peristiwa tsb. Sekali lagi, makasih ya atas semua doanya… smoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan n keselamatan bagi kita semua…
    ===================================================================

    amin insyaAllah mb Achie….
    mb uda punya tabungan akhirat niy.
    si kecil sudah benar2 tenang di surga, menunggu ayah ibunya sampai bertemu kelak

  28. duh ga bisa brenti nangis baca tulisan ini..

    semoga Allah memberi ketabahan yg berlipat2 kpd mbak achie..insya allah akan diberikan gantinya,rencanaNya selalu indah..jd inget 2 thn lalu,kehilangan janin yg sdh hmpr 4 bln didlm rahim,begitu saja sudah hancur rasanya..tkt hamil lg krn tkt kehilangan lg..tp rencana Allah indah,thn berikutnya saya sdh melahirkan anak laki-laki..dan insya allah tahun ini akan melahirkan anak perempuan..tiga tahun berturut-turut rahim saya dihadiahi seorang janin..

    Insya Allah malaikat kecil Mbak akan menunggu di pintu surga..

  29. Mbak, aku juga baru mengalami hal yang hampir sama. perasaan ku sama banget dengan mbak achie. Jagoan kecil ku juga pergi ke pangkuan Nya, setelah 4 hari bertahan. Aku kena pre eclampsia, jadi berat badan Dirga (alm) hanya 1400Gr dan baru di minggu ke 34. Tapi aku& suami ikhlas dengan semua ini. Semua ini sudah di Atur Allah SWT. Jagoan kecil ku lahir dengan ceasar tanggal 17 Agustus 2010 dan meninggal pada tgl 20 Augusts 2010. Sabar ya Mbak, tabah. Anak hanya titipan Allah. Insya Allah, Kita bisa memeluk dan membelai nya di Surga, suatu saat .. Amien YRA

  30. hai mega…turut berduka cita se-dlm2nya….pasti berat krn blum sebulan dirga pergi…tapi meskipun hal berat itu pernah sama2 kita alami…tapi percayalah kita bisa melewatinya…Insya Allah kita bisa bertemu anak2 kita kelak di surga ya….

  31. Ass mba… turut berduka cita ya mba… saya juga mengalami hal yg sama dengan mba. Anak saya hanya bertahan 3 hari, saya lahir di minggu ke 37 beratnya 1900 gr tanggal 30 mei 2010. Berat rasanya… sampai sekarang pun saya msh sering menangis. Karena ini merupakan anak pertama dan untuk hamil pun saya harus ikut program. Namun saya yakin bahwa bayi kita kelak akan menolong kita di akhirat. Semoga Alloh cepat memberi pengganti bayi kita yang telah meninggal dan semoga lebih baik dari yang sebelumnya. Amin..

  32. mba..pengalaman mba sama persis dengan pengalamaku…bayiku lahir dan bertahan 1 hari saja karena bayiku menelan air ketuban.pd saat 9 bulan saya tdk merasakan tanda2 melahirkan spt ada flek,kontraksi dsb…bayiku anteng2 aja didalam rahim,setelah periksa kedokter harus nunggu 1 minggu lg…setelah 1 minggu tdk ada kontraksi jg akhirnya diinduksi dan lahirlah anak pertama kami khansa rofilia alzena…tetapi allah sudah mengambilnya lg…mungkin ini sudah kehendak allah smoga allah menggantinya dgn yg lebih baik lg anak yg sehat dan panjang umur amin….sempat dalam pikirku menyalahkan dokter karena dokter yg harus menunggu 1 minggu lg,kemudian lahiranpun saya normal yg aku takutkan karena proses persalinan yg lama sehingga dede bayi menghirup air ketuban.tapi smuanya sudah kehendak allah…smoga allah berkenan menitipkan anak lg amin

  33. sabar y mba’…..mmg ga’ mudah….q jg pernah merasakan ap yg mb rasakan….anakqu lahir hanya bertahan 7 hari….ziezaa namanya…anak yg slama hampir 2 tahun aq tunggu….begitu bahagianya seperti seorang anak yg senangny mendapatkan mainan baru….belum sempat dimainkan udah diambil lagi…..ingin menangis…dada terasa sesak…..tp bidadari kecil itu tidak akan pernah lg kembali…dia telah disurga menunggu pintu surga untuk menjemput dan menggandeng tangan ibunya yang suatu saat nanti akan menemuinya….

Post Comment