ChikeNata Mini Wonton

Aneh ya namanya? Ada tiga cerita dibalik resep ini, yaitu:

  1. Gara-gara nonton di XXI dan makan wonton popcorn jadi kepikiran bikin sendiri.
  2. Gara-gara abis dapet rejeki nomplok. Entah dari mana asalnya, saya dikirimi macem-macem produk nata de coco dari Wongcoco, jadilah semua masakan aku coba campur pake nata de coco.
  3. Iseng aja pengen bereksperimen resep baru :)

Resep ini asli deh gampang banget! Rasanya juga unik, gurih, tapi ada kreces-kreces manis dan wangi gitu. Nano-nano banget deh :D

Saya bahkan menyimpan sisanya di freezer untuk dibekukan jadi bisa disimpan untuk masa yang lama dan dimasak lagi kalo lagi pengen atau iseng butuh cemilan. Taburi dulu dengan tepung sagu supaya tidak saling menempel yak! Kalau dibekukan, bentuknya jadi seperti dibawah ini:

Bahan:

  1. 150 gr Fillet dada ayam
  2. 50 gr Nata de Coco (aku pake Wongcoco slice, tiriskan kemudian potong kotak kecil-kecil sekali)
  3. 2 Siung bawang putih dihaluskan
  4. Garam, gula, merica secukupnya
  5. 2 sdm Minyak wijen
  6. 3 sdm Sagu tani
  7. 3 kubus Es batu
  8. Kulit pangsit secukupnya (saya beli 1 bungkus dan masih sisa banyak)

Pelengkap:

Mayonaise & Saus Tomat/Sambal

Cara Memasak:

Masukkan semua bahan kecuali kulit pangsit dan nata de coco ke dalam food processor/blender. Proses hingga tercampur rata dan tambahkan Nata de Coco-nya. Aduk semua bahan kemudian sisihkan.

Penyelesaian:

  • Potong selembar kulit pangsit menjadi 4 bagian seperti dibawah ini:
  • Ambil selembar kulit pangsit kecil, beri sedikit bahan isi, lalu lipat (supaya saling menempel, oles pinggirannya dengan campuran air yang ditambahkan sagu sedikit):
  • Panaskan minyak kemudian goreng pangsit hingga matang dan berwarna keemasan
  • ChikeNata Mini Wonton ini sudah siap disajikan :) Hidangkan dengan colekan mayones/saos tomat/saos sambal.

Tambahan:

Paling enak kalo sebagian daging ayam diganti dengan daging udang dan tambahkan sedikit cincangan daun bawang atau wijen putih sangrai (sayang waktu itu lagi nggak ada)


12 Comments - Write a Comment

Post Comment