Mengajarkan Sikat Gigi Kepada Anak

Dear Mommies Daily and Dentist Ivonne,

Ollie-ku 22 bulan. Giginya kurang lebih 14; deretan depan sudah penuh atas bawah, geraham sudah ada 1, masing-masing di kanan, kiri, atas, bawah. Tapi susahnya diajarin sikat gigi! Sometimes I just feel like giving up and have it her way (chewing the toothbrush). So far, I’ve tried:

  1. Rajin nonton Elmo’s world, Sesame Street series about Tootbrushing (she’s an elmo and Sesame Streets die hard fans)
  2. Shows Google results, Images that shows how fun tooth-brushing is.
  3. Let her choose her own tooth brushes in supermarket. Believe me, by now, she has a dozen different tooth brushes.
  4. Specifically use Baby Oragel (Toddler training pun udah disiapin) seri Sesame Street. Ada gambar Abby and Elmo (for under 2, I really don’t believe other brand, because none of the toothpaste exist in the supermarket shows that it’s safe to swallow).
  5. Tried tooth brushing together with Mommy and Daddy.

But none of the 5 methods above ever succeeded. Though she loves the procedure, she insist to hold the toothbrush and adding paste on it,  but she will only chew it. She refuse us to help/show/direct her hands to do the brushing. Whenever I (sometimes) force to brush her tooth, she will get mad.

I’m beginning to worry now, gigi depannya udah kliatan kaya plak gitu kuning-kuning. Gue gateeel banget pengen gosokin! tapi dia marah-marah mulu. Trus kegiatan mandi malemnya jadi grumpy.

Help! Harus gimana lagi sikatin giginya? :((

Regards,
Cicik.

Hai Cicik,

Wahh perjuangan buat sikatin gigi Ollie sudah hebat banget tuh :D , emang kegiatan sikat gigi anak musti pake berantem dulu yah! Begini, atributmu sudah cukup ok, apalagi Ollie sudah hampir 2 tahun, berarti dia sudah ngerti yah kalo Mommy ngomong. Coba deh ada diselipin sikat-sikatan gantian sama mommy. Nah yang bisa dilakukan Mommy dulu contohin nyikatin gigi Ollie, abis itu Ollie deh gantian sikatin gigi Mommy. Atau bisa dengan melibatkan Elmo, tokoh favorit Ollie kedalam percakapan, contohnya  “Tuuhh si Elmo pengen liat tuh kayanya gimana sih cara Ollie sikat gigi”.  Oh iya mungkin kegiatan ini sebaiknya dilakukan didepan kaca yah. Biasanya anak kecil cenderung suka nonton kan, jadi dia bisa melihat dirinya juga dikaca. Nah.. lama-kelamaan, Ollie mudah-mudahan bisa sendiri deh sikat gigi didepan kaca.

Kegiatan sikat gigi ini dibagi bisa 2 bagian yah; Mommy sikatin gigi Ollie dan biarkan dia melatih motoriknya sendiri sambil menyikat giginya sendiri, atau sambil dilihat dan memberi-tahunya “Tuhh.. Papi juga pengen lihat Ollie sikat giginya gimana”. Jadi intinya gunakanlah atribut sikat gigimu tersebut sambil bermain.

Semoga sukses ya Mom :D


25 Comments - Write a Comment

  1. Cicik, i feel you…susssahh nyikatin gigi toddler..satu hal yg gw iseng2 coba dan cukup berhasil adalah pake boneka tangan. jadi anak gw punya satu boneka tangan favorit, nah sikat giginya itu pura2nya si boneka yg pegang (melalui kita – jadi si boneka tangannya harus punya tangan…bukan yang mulut doang), sambil pake suara2 lucu khas si boneka…trus ceritanya si boneka mau bantuin dia sikat gigi gitu…
    mungkin bisa dicoba… :)

  2. cicik, langit juga ada masanya suah bukan main sikat gigi. nah kebetulan gw punya kaos gambar hulk (iya, hulk yang ijo itu) lagi menyeringai dan giginya keliatan semua. langit bilang, gambar itu jelek. jadilah, gw bilangnya “kalo nggak sikat gigi nanti giginya kaya hulk” hehehe, mau deh sikat gigi skg…

  3. gw banget nih dulu..
    tapi semenjak gw ajak sikat gigi bareng d depan kaca, dia jadi suka banget sikat gigi..
    biarin aja dia dulu gosok2 gigi sendiri, niru2 kita..
    ntar lama, main gosok2an berdua..
    Q gosok gigi mommy yah! nanti mommy gosok gigi Q, ok!
    Biarin dia explore dulu sikat gigi kita di mulut kita.. ntar wkt nya gantian pasti dia bakalan mangap.. trus contohin cara kumur2.. cara d semburnya.. cara kumur2nya..

    skr semangat gosok gigi krn mau kumur2nya :)) tapi selalu gw bilang, eits, mommy gosokin dulu giginya.. ntar biasanya dia nurut sih.. hehehe..

    alternatif lain, kalo dia udah ga mau, ya gosok giginya dgn wipes khusus gigi..
    bentuknya tissue basah gitu, tapi ada kandungan apanya gitu, rasa macem2..
    n itu gw lakukan pas anak gw udah tidur.. wkwkw :p

  4. wah memang harus pakai tricks deh…
    anakku ga mau disikatin…
    dan sikat giginya milih sendiri, dan gak mau sikat gigi anak2…

    trus akhirnya ajak ke kamar mandi untuk sikat gigi, ibunya sikat gigi aja cuek…
    namanya anak, pasti ingin meniru kan.. akhirnya sikat gigilah ia….

  5. baca ini jadi inget trik dari nyokap yg saya praktekkan trus jadi berhasil..

    tapi prakteknya dari awal banget, lupa tepatnya, tapi saat anak2 dah mulai bergigi dan menolak sikat gigi n tenaganya sudah kuat untuk menepis tangan kita saat kita sikat gigi dia..

    Anak2 pas mandi saya bungkus handuknya, saya ajak pura2 jadi kepompong trus (saya/mba nya duduk di jongkokan), peluk sedikit kepala dan tangan kiri kita memegang bahu bagian kirinya..kita sikat lah tuh gigi2nya, handuk yang membungkus badannya dapat meredam badannya yang meronta2…Alhamdulillah kelamaan mereka sikat gigi sendiri, saya atau mba nya tinggal mengulang saja, malah yang 3thn sudah bener2 gak mau ditolong sikat giginya, soalnya dia bete jadi deket2 sama mulut orang lain…bau bibim katanya! hihihi

  6. waktu cio belajar sikat gigi, itu gara2 terapi wicaranya sih jadi dia bisa sikat gigi. sebelumnya baru liat sikat gigi udah nangis.
    tapi aku ajarin dia dengan abies dia mandi pagi dan ganti pakaian. aku sikat gigi didepan cio, ngak lama dari praktek didepan cio, dia pengen sikat gigi sendiri. alasilnyanya sekarang dia sikat gigi sendiri deh. tapi yang susah dijangkau, aku tetep sikatin biar giginya tetep oke

  7. Baca soal sikat gigi jadi inget perjuangan saya untuk nyikatin gigi si kecil.. dari sejak umur 1 thn lebih udah diajarin dan dibawa ke dokter gigi (krn dia termasuk yg cepet tumbuh giginya, umur 1.5thn udah 16 giginya.. wohoo!)..
    Awalnya sih dia gigit2 sikat, trus pingin nyoba sendiri.. trus setelah itu aku tidurkan di pangkuan sambil dipiting gitu tangannya dengan kedua kaki baru deh aku sikatin giginya dengan cepat tapi lembut ;). Kata temenku di Jepang sih memang kelihatannya sadis ya, tapi ini cara yang aman supaya anak gak terluka ketika dia meronta2. Awalnya sih nangis terus, tapi selalu saya & suami tenangkan sambil bilang “hanya sebentar ya, wah pintar ya sikat giginya!” trus abis selesai kita ajak tos tangan dan diapun langsung diajak senyum lagi.
    Alhamdulillah sejak dia berusia 20 bulan-an udah ngerti dan gak pake nangis2 atau dipiting lagi, trus yah tinggal dibuat fun aja sikat giginya (sambil terus dipuji, hahaha)…
    Well, it may sound extreme, tapi untuk urusan yg penting2 memang harus tebel kuping thd tangisan anak, toh buat kebaikannya juga dan syukur2 lama2 dia juga sadar bahwa we’re serious sehingga dia akhirnya nurut dengan senang hati ;)

Post Comment