Tuna Macaroni Ball

Kebetulan banget denbaguse Sebastian lagi picky-picky alias gak mau makan per-nasi-an :D

Jadi emaknya cari ide bikin menu sarapan yang mantap. Tapi tambahan bumbu seperti garam dan gula silahkan di kira-kira secukupnya, karena terus terang saja denbaguse belum icip-icip gula garam.

Resep ini untuk anak usia 1 th keatas.

Bahan:

50 gr macaroni
1 sdm Minyak sayur
100 gr Ikan tuna, rebus, suwir-suwir
1 sdm Unsalted butter
½ buah Bawang bombai, cincang halus
2 siung Bawang putih, haluskan
100 ml Yoghurt tawar
1 sdm Tepung terigu
25 gr Keju cheddar parut
Garam dan merica bubuk secukupnya
Melted cheese, potong dadu

Lapisan:

1 butir Telur, kocok rata
50 gr Tepung panir

Cara membuat:

1. Rebus air, tuang 1 sdm minyak sayur. Masukkan macaroni, tunggu hingga matang, angkat dan sisihkan.
2. Panaskan unsalted butter, tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum.
3. Masukan macaroni, tepung terigu, yoghurt, keju parut, garam dan merica bubuk. Masak hingga matang, angkat.
4. Campur adonan macaroni dengan suwiran ikan tuna hingga rata.
5. Ambil 1 sdm adonan, letakkan satu potong melted cheese di bagian tengahnya, lalu bulatkan seperti bola dengan bantuan lembaran plastik.
6. Celupkan ke dalam telur kocok, lalu gulingkan ke tepung panir.
7. Goreng dalam minyak panas. Setelah kering dan kecokelatan, tiriskan. Sajikan ketika masih hangat.

Tips:

* Saya menggunakan jenis macaroni abjad yg bentuknya sangat kecil, kalau moms menggunakan macaroni elbow mungkin setelah direbus dicacah dulu biar tidak terlalu besar dan gampang menyatu.

* Resep ini dikirimkan oleh Yudith Mangiri


19 Comments - Write a Comment

  1. wah @yudith, ini sih biar uda emak2 kyk gw juga tetep ngiler hahaha. thx yah atas resepnya, walaupun eke gak suka tuna, tapi bisa diganti sama lainnya khan ;)

    @darina hihi ketemu disini dear :) wah ada singkatan baru yak, GTM dan GMM *LOL*

  2. dear all…. duh seneng banget pada langsung dipraktekin xixixi… aku malah gak tau deh ada istilah selain GTM, malah ada GMM dan GNM yak *geleng-geleng

    untuk ikannya bisa diganti apa aja kok, ini aku pakai tuna buat ikutan lomba masak hehehe… dan jelas saja bikin dalam porsi gede, soale bapak dan emaknye ikutan ngiler, kasian kan kalo jatah Basti diembat juga LOL

    semoga si kecil doyan ya…

Post Comment