Travel Safely with CARES

Sejak pertama kali menggunakan CARES sampai sekarang saya banyak mempromosikan produk ini ke sesama Mommies, product ini benar-benar sudah jadi  life savers dalam urusan traveling solo with a toddler.

Apa sih CARES banyak yang bertanya seperti ini. CARES sendiri adalah singkatan dari Child Aviation REstraint System.

Berikut fakta-fakta mengenai CARES seperti yang tercantum di website resminya:

  • CARES adalah sebuah jenis Aviation Child Safety Device pertama dan satu-satunya yang memperoleh sertifikat dari Federal Aviation Administration (FAA) sebagai alternatif pengganti car seat di dalam pesawat.
  • Design CARES yang elegan dengan model belt-and-buckle menggunakan seat belt biasa yang tersedia di kursi pesawat dan memberikan tingkat keselamatan yang setara dengan car seat.
  • CARES  beratnya hanya 500gram. Portable, mudah untuk di install, adjustable untuk semua ukuran kursi pesawat, dan bisa di gunakan di semua kursi pesawat, kecuali untuk kursi yang terletak di emergency exit.
  • Orang tua yang membutuhkan car seat di tujuan akhir perjalanan mereka bisa menitipkan car seat sebagai check in luggage dan cukup membawa CARES ke dalam pesawat.
  • CARES juga telah memperolah sertifikat dari Canada, Inggris, Australia, New Zealand dan Singapura. Sertifikasi untuk negara-negara lain sedang dalam proses.

CARES di buat secara exclusive oleh AmSafe Aviation, perusahaan yang memproduksi hampir seluruh seatbelts pesawat dan seatbelt untuk pilot. (Coba deh saat terbang balik buckle seatbelt anda, kemungkinan anda akan melihat tulisan AmSafe di situ). Tidak perlu khawatir dengan kualitas CARES yang sudah memenuhi safety standard dunia aviation.

Pertama kali membeli CARES saat Lil’ A berumur 14 bulan. Paket dari CARES includes CD berisi video instruksi pemasangan CARES di dalam pesawat, buku manual kecil, kantong serupa dust bag warna biru untuk membawa CARES. Untuk latihan di rumah bisa kok kita menggunakan kursi biasa (lebih bagus lagi kursi meja kerja yang biasanya lebih lebar dari kursi biasa) untuk belajar mengencangkan & melonggarkan seatbelt-nya.

Awalnya Lil’ A sempat merasa tidak betah di strap seperti itu tapi lama-lama malah dia senang karena saya rayu “Ini seat belt special, seperti punya para pilot.” Dan beruntung karena dia sudah pernah masuk ke dalam kokpit pesawat dia tau memang pilot seatbelt-nya mirip-mirip CARES.

Buat saya yang membuat saya jatuh cinta dan nggak mau terbang tanpa CARES ini karena selain praktis dan nggak perlu bawa-bawa car seat yang sudah pasti berat, dari segi keamanan saya juga lebih tenang mengetahui si kecil ‘terikat’ dengan aman. Memakai CARES berarti saya tidak perlu memangku dia saat akan take-off atau landing juga pada saat terjadi guncangan karena cuaca buruk.

Cara memasang CARES di dalam pesawat juga praktis kok. Coba liat video pemasangannya di sini. Cukup dengan permisi kepada penumpang di belakang kursi anak kita (biasanya mereka akan sedikit bingung tapi semua orang yang saya jelaskan selalu maklum dan tidak protes), buka tray table di kursi belakang, masukkan CARES, kencangkan sesuai ukuran kursi, tutup tray table, masukkan ujung strap (kiri-kanan) ke dalam masing-masing seatbelt yang tersedia di kursi dan buckle-up! Beres kan?

So far untuk perjalanan domestik di Indonesia, saya hanya punya pengalaman menggunakan CARES dengan 2 airline lokal yaitu Garuda dan Batavia. Untuk airlines international biasanya mereka sudah tahu tentant CARES walaupun ada juga yang kurang paham (seperti salah satu airline dari Korea) tapi karena saya selalu membawa print out In-flight Documents dari FAA (bisa di print dari website CARES) saya tenang-tenang saja dan biasanya begitu masuk pesawat langsung install CARES sendiri.

Sayangnya CARES belum di jual di Jakarta, tapi don’t worry moms…kita bisa membeli CARES dari Singapura dengan biaya US$88 + $15 shipping, My Kiddy Store bisa mengirim ke Jakarta. Toko ini menawarkan free shipping kalau pembelian di wilayah Singapura, bukan tidak mungkin saat sedang liburan ke Singapura coba hubungi toko ini siapa tahu mereka bisa mengantar ke hotel/tempat penginapan kita. 

______

Terima kasih Maureen dari Tatter Scoops yang telah membagi review tentang CARES yang sangat berguna ini.


6 Comments - Write a Comment

  1. Yes I love CARES. Jd anak ga perlu dipangku2. Untungnya si Tiara mau2 ajah dipakein ini. Gw perginya wkt itu pake MH sama SQ. Pramugarinya yg nanya2 gitu kok kita bisa punya dan dpt darimana…hehhehe. Sangat2 recommend utk yg anaknya udah bisa duduk. TFS Maureen ;)

  2. @ Lita: You’re so welcome, iya gak ribet soalnya kalo traveling berdua doang sama anak aja udah ribet yah hehehe.

    @ MrsRance: Seneng dengernya bu. Di Amerika malah sekarang lagi di lobby supaya semua airlines provide CARES onboad. Semoga lulus di senat.

    @ Affi: You’re so welcome, thanks for having me again :)

Post Comment