Gizi Tepat untuk Daya Tahan Tubuh Kuat

Di artikel ini, kita sudah membahas tentang perubahan cuaca yang sering menyebabkan gangguan kesehatan terhadap anak-anak tercinta kita. Mommies Daily juga menyebutkan bahwa penting sekali bagi kita sebagai orang tua untuk memperhatikan asupan nutrisi si kecil supaya daya tahan tubuh kuat.

Nutrisi seperti apa yang dibutuhkan oleh mereka?

  • Lemak

Diperlukan sebagai penyimpanan terbesar sumber energi tubuh. Otak yang sedang tumbuh juga memerlukan lemak yang tepat dan benar. Otak menggunakan 60% dari total energi yang dikonsumsi bayi, dan 60% dari otak adalah lemak. Lemak terbaik diperoleh dari ASI.

  • Karbohidrat

Sangat dibutuhkan sebagai salah satu sumber energi. Ibu harus memilih karbohidrat yang berasal dari zat tepung (gula) yang ‘baik’. Sumber gula yang ‘baik’ adalah ASI, apel, buncis dan kacang polong, produk olahan berbahan susu, buah segar, pasta, kentang, kacang kedelai, kentang, sayuran, dan biji-bijian.

  • Protein

Protein adalah makanan untuk tumbuh, bertanggung jawab pada pertumbuhan serta memperbaiki dan mengganti jaringan. Selama tahun pertama, kebutuhan protein bayi dapat dipenuhi oleh ASI. Sumber-sumber protein lainnya yang dapat diperoleh anak adalah melalui makanan laut, sperti ikan salmon, dan produk olahan berbahan susu yaitu keju dan yoghurt, polong-polongan seperti kacang kedelai, tahu dan buncis, daging sapi dan unggas, telur, mentega kacang, dan padi-padian.

  • Serat

Merupakan bagian yang tidak dapat dicerna dalam tepung dan buah-buahan, adalah pencahar alami yang membantu pembuangan produk sisa makanan dari usus. Makanan garing dan kenyal seperti padi-padian dan polong-polongan adalah contoh serat yang baik, dan lainnya seperti buah-buahan dan sayuran.

  • Vitamin dan Mineral

Kedua zat gizi diperlukan tubuh anak, walaupun tidak dalam jumlah besar, karena membantu makanan yang dikonsumsi bekerja dengan lebih baik dan semua system tubuh berfungsi dengan baik.

13 Vitamin yang dibutuhkan yaitu A,C,D,E,K dan 8 jenis kalsium, fosfor, dan magnesium (untuk pembentukan tulang), zat besi dan tembaga (membangun darah), seng (mendorong kekebalan tubuh), sodium dan potasium (mengatur keseimbangan air dalam tubuh), serta beberapa minteral lain, yaitu yodium dan mangan.

Jadi sambil merancang menu makanan untuk anak-anak minggu ini, sambil kita ingat-ingat yuk, kira-kira nutrisi mana yang belum kita masukkan? :)


7 Comments - Write a Comment

Post Comment