Waspadai Gangguan Kesehatan Saat Perubahan Cuaca

Barusan seorang mommy mengirimkan tweet yang terbaca di timeline Twitter Mommies Daily: “Duh, kurang tidur nih karena semaleman menjaga si kecil yang demam dan rewel. Semoga nanti malam dia membaik..”

Cuaca memang sering berubah dengan sangat cepat ya akhir-akhir ini, dan akibatnya sering ditemui perubahan suhu dan kelembaban secara tiba-tiba dan tubuh ‘dipaksa’ untuk dapat beradaptasi ekstra keras terhadap perubahan ini, sehingga kada kala menyebabkan daya tahan tubuh si kecil menurun.

Selain itu, perubahan cuaca juga mempegaruhi kondisi lingkungan dan kualitas air. Debu dan kotoran di masa udara kering dapat menjadi pembawa penyakit. Kualitas air pun dapat berkurang, misalnya air menjadi lebih keruh menjelang musim panas atau air menjadi lebih mudah terkontaminasi polusi di musim hujan. Hal ini mengakibatkan penyakit lebih mudah berkembang dibandingkan kondisi cuaca yang stabil. Nggak heran ya kalau kondisi ini sering menyebabkan gangguan kesehatan di anak-anak kita dan membuat daya tahan tubuhnya juga menurun.

Berikut beberapa gangguan yang sering dialami anak-anak di kala perubahan cuaca:

  • DemamDemam adalah salah satu gangguan kesehatan yang kerap diderita anak di masa perubahan cuaca. Demam adalah salah satu gejala yang menunjukkan tubuh tengah membangun pertahanan melawan infeksi.
  • Penyakit Saluran PernafasanGejala awal penyakit saluran pernapasan bias berupa batuk, yang kadang disertai sesak napas. Bisa juga disertai pilek, bersin-bersin dan peningkatkan suhu tubuh.
  • Penyakit Saluran Cerna

    Di peralihan musim kemarau ke musim hujan, kasus penyakit ini menjadi tinggi lantaran banyaknya debu dan kotoran yang berpotensi menjadi pembawa penyakit. Penyakit saluran cerna biasanya didahului keluhan mencret, mual, muntah, demam, dan sakit kepala. Tinja anak mungkin tampak berlendir dan bahkan berdarah.

Berikut ada beberapa tips untuk mencegah bidadari dan pangeran kecil kita untuk terhindar dari gangguan kesehatan di atas:

  • Pastikan asupan nutrisinya terjaga dengan baik
  • Jaga kebersihan makanan atau minuman yang dikonsumsinya, sampai ke sumber air yang dipakai untuk minum bahkan mandi
  • Selalu perhatikan kebersihan lingkungan tempat si kecil bermain, tidur dan melakukan aktivitas-aktivitas lainnya
  • Sering-seringlah mengingatkan mereka untuk cuci tangan dan ajari bagaimana mencuci tangan yang benar, agar terhindar dari virus-virus nakal yang mungkin menempel di benda-benda yang mereka pegang. Silahkan baca artikel ini untuk mengetahui bagaimana caranya mencuci tangan yang benar.

Stay healthy and happy, moms!


11 Comments - Write a Comment

Post Comment