Variasi Makanan Menggunakan Saus Keju

Memasak, ternyata bisa juga berseri. Asik ya, gak cuman cerita aja loh yang berseri, resep juga bisa :)

Ceritanya, mulai dari minggu ini sampai 2 minggu ke depan saya akan membuat resep yang bisa digunakan sendiri dan bisa juga digunakan berbarengan. Jadi seperti cerita bersambung aja.

Setiap resep yang digunakan dari minggu ini hingga minggu ke 2 Juli, bisa diaplikasikan, dimakan atau diolah dengan bahan lain. Aku kasih beberapa contoh dibawah, tapi Mommies bisa mengkreasikan sesuka hati. Intinya, coba untuk berkreasi sebanyak-banyaknya.

Untuk minggu ini, saya akan memberikan resep untuk membuat saus keju. Suka bikin Lasagna? Baked Potato Cheese? Makan pasta saus keju? Kalo gitu saus ini wajib dibuat sebanyak-banyaknya dan disimpan dalam lemari es! Gampang kok buatnya!

Yuk, mari dimulai membuat saus kejunya. Dibawah ini adalah resep untuk membuat kira-kira 500ml saus keju.

Bahan:

  • 2 sdm mentega atau margarin
  • 2 sdm tepung terigu serba guna
  • 500 ml susu putih cair
  • 200 gr Keju cheddar parut
  • Merica secukupnya.

Cara Memasak:

  1. Panaskan panci, masukkan mentega atau margarin. Tunggu hingga desisannya menghilang dan kemudian kecilkan api.
  2. Masukkan tepung terigu, aduk cepat hingga rata. Hati-hati jangan sampai gosong.
  3. Masukkan susu, aduk-aduk diatas api kecil hingga larut.
  4. Masukkan keju parut, aduk rata, tambahkan merica sesuai selera.
  5. Aduk terus hingga saus mengental. Matikan api, dinginkan sebentar, masukkan dalam wadah tertutup dan simpan dalam lemari es. Bertahan sampai 1 Minggu.

Ide Penyajian:

  1. Siram diatas kentang kukus, beri beberapa kuntum brokoli mentah, tabur keju mozzarella atau melt cheese, dan kemudian panggang 10 menit. Hasilnya? Baked Potato with Brocolli and Cheese
  2. Campur dengan makaroni rebus yang sudah ditiriskan, tambahkan telur, tabur keju, panggang 15 menit. Dengan hanya waktu singkat jadi deh Super Quick Mac n Cheese Schootel
  3. Untuk membuat Super Quick Mac n Cheese cukup siram saus diatas makaroni rebus yang sudah ditiriskan, beri potongan sayuran rebus dan taburan keju.
  4. Jadikan saus olesan pada pizza dough atau toast.

What’s your creation? Share them with us!