12 Cara untuk Menikmati Kehamilan (Part 1)

Kehamilan adalah masa yang sangat menyenangkan! Mungkin hal ini sukar  dipercaya di saat kita harus memakai sandal ke mana-mana karena tidak ada lagi sepatu yang muat di ‘kaki gajah’ ini atau ketika kita lebih sering menghabiskan waktu ‘memeluk’ toilet karena rasa mual yang tidak tertahankan. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa kehamilan juga membawa sejumlah kondisi yang tidak bisa dibilang nyaman. Namun percayalah, di saat tangisan sang bayi sudah hadir mengisi malam-malam panjang, pengalaman selama masa hamil akan sering  dikenang so enjoy it while it lasts!

Tidak ada salahnya membuang keinginan untuk mengeluh sepanjang hari dan coba ikuti 12 langkah di bawah ini untuk menikmati kehamilan yang berharga ini!

  1. Tidur Siang (dan Pagi, Sore, Malam…)
    Kapan lagi kita bisa mendengkur sepanjang hari di  sofa mertua tanpa dicap sebagai menantu malas? :D Semua orang tau bahwa mama yang sedang hamil butuh banyak istirahat dan gunakanlah kesempatan ini sebaik-baiknya! Leila, 35, mama dari Yoko, 3 tahun, bercerita “Sewaktu hamil, tiap ada waktu lowong saya isi dengan tidur. Selain mengusir kepenatan ternyata tidur juga membantu saya ‘mengisi batere’ energi yang dibutuhkan untuk persalinan dan 40 hari pertama setelahnya. Masa-masa yang sangat melelahkan tersebut saya lewati dengan ikhlas karena saya sudah ‘kenyang’ tidur selama hamil!
  2. Berdandan ala Yummy Mummy
    Hamil mestinya tidak menjadi halangan untuk tetap tampil stylish. Sekarang ini banyak sekali pilihan baju-baju hamil yang gaya dan mama yang tampil menarik biasanya merasa lebih pe-de dan suasana hati pun jadi lebih gembira. Saya sendiri dulu membeli beberapa potong baju terusan maternity yang nyaman sekaligus chic dan tidak pernah lupa memoles wajah dengan produk makeup favorit setiap berangkat ke kantor. Atau juga bisa merubah penampilan secara cepat dengan menambahkan asesoris lucu seperti bando, kalung atau gelang. Tinggalkan baju hamil yang kelihatan seperti daster itu! (Untuk membaca artikel di Mommies Daily seputar tampil gaya saat hamil, klik di sini, ini dan ini ya)
  3. Buat Jurnal Kehamilan
    “Saya membuat sendiri semacam scrapbook kehamilan saya. Mulai dari catatan harian tentang apa yang saya rasakan sampai menempelkan guntingan-guntingan foto atau artikel yang saya sukai, print out USG, pokoknya semua yang berhubungan dengan kehamilan dan calon anak saya!” jelas Rosa, 27 tahun yang sekarang sedang hamil 8 bulan. Membuat jurnal kehamilan berupa diary atau bahkan blog merupakan cara yang menyenangkan untuk mengisi hari-hari kita sekaligus mengalihkan perhatian dari ketidaknyamanan selama hamil. Asiknya lagi, setelah masa-masa ini lewat, kita jadi punya kenang-kenangan super spesial yang bisa dibaca-baca lagi!
  4. Rileks
    Idealnya memang mama yang sedang hamil harus menjauhkan diri dari stres, sayangnya hal ini tidak bisa selalu kita hindari apalagi jika harus bekerja. Tetapi harus tetap diingat bahwa rasa stress wanita hamil akan mempengaruhi janin di dalam rahimnya sehingga penting bagi para calon mommies untuk mencoba rileks. Berbagai macam cara relaksasi bisa dicoba, seperti menonton film (tapi jangan yang membuat depresi ya!), membaca buku, olahraga ringan sampai belanja! Lita, calon mama berusia 27 tahun yang sedang hamil 7 bulan mempunyai cara yang jitu “Sehabis seharian melakukan pekerjaan di kantor yang cukup membuat saraf tegang, saya mendengarkan musik sambil menyalakan lilin aromaterapi. Wah, rasanya stres saya langsung menguap bersama asap lilinnya! Setelahnya saya jauh lebih santai dan juga bisa tidur lebih nyenyak”
  5. Gerakan Badan Anda!
    Jika mommies berpikir bahwa kehamilan adalah saatnya melupakan jadwal olahraga, wah salah besar! Penelitian membuktikan bahwa berolahraga selama hamil dapat mengurangi keluhan umum ibu hamil seperti sakit pada punggung, rasa letih dan stress. Olahraga juga dapat menambah stamina yang dibutuhkan ibu hamil selama proses melahirkan. Mungkin awalnya memang malas, terutama jika kita merasa selalu letih dan lemas, tetapi percayalah setelahnya kita akan merasa jauh lebih baik.  Jangan lupa konsultasikan dulu rencana olahraga Anda kepada dokter ya! (Klik di sini untuk membaca artikel tentang Prenatal Yoga di Mommies Daily)
  6. Nikmati Makanan Sehat & Lezat
    Kehamilan memang bukan alasan untuk menambah porsi makan secara ekstrim atau mengizinkan kita untuk mengkonsumsi makanan tinggi lemak secara berlebihan, tetapi tidak ada salahnya kok memanjakan lidah di masa-masa ini dengan makanan yang tidak hanya sehat, tetapi juga sehat dan bergizi. Makanan yang dipanggang, dikukus, sayur-sayuran, pepes-pepesan dan lain-lain adalah sedikit contoh jenis makanan yang bisa kita konsumsi tanpa rasa bersalah belum lagi jika kita hobi masak dan rajin bereksperimen dengan resep masakan sehat dan lezat. Tinggal cari resep-resep baru di internet (saya suka sekali membaca website ini dan ini) deh :)

To be continued ya :)

Artikel ini pernah dimuat di majalah Parenting Indonesia.


31 Comments - Write a Comment

Post Comment