Jazz For Family, Children Songs with Jazz Flavour

Keluarga saya adalah keluarga pencinta musik. Dari kecil saya sudah ‘dicekoki’ musik dari berbagai genre oleh orang tua saya, mulai dari pop sampai jazz dan rock n roll (saya jadi cinta mati dengan The Beatles karena mereka). Keluarga dari suami pun demikian. Setiap saya menginap di rumah mertua, saya selalu terbangun dengan alunan jazz dari CD player di ruang tengah, yang menemani papa mertua sarapan. What a nice way to wake up :) Saking cintanya dengan musik, suami saya sampai memutuskan untuk menekuni bidang ini sebagai pekerjaannya.

Tentunya begitu punya anak, kecintaan pada musik itu langsung kita transfer :D Sebenarnya sejak dia belum lahir, saya sudah sering memutarkan berbagai macam lagu. Yup, I was that pregnant mama you see with earphones perched on her big tummy :D Begitu Aluf lahir, musik adalah sesuatu yang tidak pernah lepas dari kesehariannya.

Aluf sangat suka mendengarkan lagu anak-anak, menyanyi dan menari. CD berisi lagu-lagu tersebut harus ada di mobil atau di rumah karena ini bisa jadi senjata yang ampuh untuk bikin mood-nya ceria kalau sedang agak rewel :) Tapi walaupun saya senang melihat dia belajar begitu banyak lagu dari CD-CD tersebut, kadang-kadang kuping saya terganggu juga dengan aransemen lagu anak-anak itu yang suka ‘asal’ serta iringan musik dari keyboard ala kadarnya.

Jadi kebayang kan betapa giranya saya ketika suatu hari suami saya membawa pulang sebuah CD yang berjudul Jazz For Family, Children Songs with Jazz Flavour?

Album ini dipenuhi dengan sejumlah lagu anak-anak favorit, seperti Burung Kakak Tua, Kapal Api, Burung Kutilang, Layang-Layang, dan masih banyak lagi, yang semuanya diaransemen dengan gaya jazz, swing, jazz walts, dixieland dan bossanova.

Semua lagu di album ini dibawakan dengan sangat indah, baik dari musik maupun vokalnya. Walaupun sebagian besar lagunya adalah lagu-lagu yang sudah sering kita denger di mana-mana, tapi di album ini semuanya terdengar berbeda. Saya yang biasanya tidak memperhatikan nada dan lirik lagu anak-anak jadi lebih bisa appreciate betapa bagusnya karya para pencipta lagu-lagu yang timeless ini :)

Selain lagu lama, ada juga beberapa lagu-lagu baru di album ini. Ada satu lagu berjudul “Aku Anak Pintar” (ciptaan Kak Hen) yang sebenarnya sangat sederhana, namun dibawakan dengan iringan big band yang membuat lagu ini terdengar sangat ‘kaya’ dan menarik. FYI, Aluf lagi tergila-gila lagu yang satu ini :)

Di album ini, semua lagu dibawakan oleh suara orang tua (ayah, ibu atau keduanya) dan anak, dan kedua jenis vokal ini menghasilkan harmonisasi yang sangat enak didengar. Jadi kalau mommies mau belajar berduet dengan si kecil, pas banget karena masing-masing sudah ada porsinya di tiap lagu :D

Oiya, album ini juga menampilkan saxophonist Indonesia yang sudah terkenal yaitu Arief Setiadi, yang selain mengisi bagian saxophone, juga turut menyumbangkan flute, tenor sax. No wonder it all sounds so good!

Needless to say, this CD is fast becoming Aluf’s favorite. Nggak di rumah, atau di mobil, dia maunya CD ini dipasang dan sebentar saja dia sudah hafal dengan lirik semua lagu di album ini, lengkap dengan bunyi-bunyian backing vocalnya :D

Tentunya saya sama sekali nggak keberatan kalau CD ini diputar berulang-ulang karena akhirnya ada juga album lagu anak-anak yang bisa dinikmati oleh saya dan suami. Beli deh mommies, beneran, nggak akan nyesel!

Jazz For Family, Children Songs with Jazz Flavour bisa dibeli di toko-toko CD dan kaset terkemuka dengan harga Rp. 50.000

Isi album:

1. Burung Kakatua

2. Oe Oe, Oa Oa

3. Aku Anak Pintar

4. Desaku

5. Bermain Layang-Layang

6. Pepaya Mangga Pisang Jambu

7. Burung Ketilang

8. Kupu-Kupu

9. Burung Hantu

10. Kapal Api

bonus track

11. Kapal Api (minus one)

12. Aku Anak Pintar (minus one)


26 Comments - Write a Comment

  1. udah dapet Fi, di surabaya :D
    gue juga terpaksa duplikat biar bisa diputer di mobil pake flashdisk secara ga ada cdplayernya :p

    aku anak pintar itu juga kesenengan si dellynn..sementara (to my surprise!) devan (16bln) udah bisa nyambung burung kakak tua padahal kakak2nya umur segitu dulu boro2.
    i wish they make volume 2, 3, etc of this version.

    kalo ada lagi, review lagi ya Fi. gue termasuk jarang kluar masuk toko musik soalnya.

  2. waah,, canggih! penasaran banget mba,,
    suatu hari saya pernah denger lagu anak klasik, Kapal Api, diputer di stasiun radio anak di bandung. Dan itu lagu anak jadul dengan luar biasa kok bisa-bisanya diaransemen dgn nuansa jazzy yg enak di denger,, ada suara mama-papa-anak (kalo ga salah denger) nyanyi juga di lagu itu.
    Mungkinkah lagu yang saya dengar itu salah satu di lagu di album JFF ini ya? keren banget,, n penasaran pengen punya cd-nya. apalagi ternyata ga cuma kapal api yg dibuat jazz ya,, lagu2 anak lain juga.
    Ahhh kebelet pengen ke disctarra,, mudah2an masih nemu! thx 4 d review mba =)

    kalo boleh tau ito vokal yg nyanyi-nya suara siapa? apa artis2 yg udah dikenal? atw bintang baru ya?

  3. Baruuu aja beli, dan aku google krn penasaran, ehhh ternyata ada ulasannya di sini :) Ken langsung suka, apalagi emaknya… akhirnya ada juga aransmen lagu anak Indonesia yg gak buat sakit telinga klo didengerin berulang2, hehehe… Lagu anak Indonesia yg klasik itu bener2 timeless, asalkan aransmennya gak buat ilfil duluan hehehe….
    Will be on the lookout for more like this!

Post Comment