What To Pack – When You’re Flying With A Baby/Toddler

Membayangkan banyaknya bawaan yang harus kita siapkan untuk terbang dengan baby/toddler memang bisa membuat stress ya. Saran pertama, carilah diaper backpack yang kokoh. Apa harus backpack? Tentu tidak, tapi buat saya pribadi, dengan backpack artinya kedua tangan saya bisa ‘bebas’ dan mengurusi si kecil atau mendorong stroller.

Berikut ini carry-on packing list yang selalu saya gunakan:

  • Pastikan persediaan baby wipes, popok, diaper rash cream dalam tube kecil dan botol kecil hand sanitizer cukup untuk durasi penerbangan. Jangan lupa selalu bawa tas plastik (seperti yang dari supermarket). Ratakan plastik tersebut dan lipat rapih sehingga tidak makan tempat. Gunanya? Membungkus popok yang kotor sebelum di buang ke dalam tempat sampah di lavatory pesawat sampai untuk membungkus baju si kecil yang terkena muntahan/basah.
  • Bila si kecil punya mainan/selimut kesayangan, pastikan sang ‘benda berharga’ itulah yang paling pertama anda masukkan kedalam tas/backpack.
  • Obat-obatan: bila si kecil memerlukan obat-obatan khusus dari dokter masukkan semuanya kedalam satu kantong plasting transparan. Jika mempunyai kopi resep sebaiknya juga di bawa seandainya di pertanyakan pada saat security check.
  • Pakaian ganti: Selalu pastikan si kecil mempunyai beberapa ekstra set pakaian ganti. Misalnya si kecil mabuk dan muntah atau popoknya bocor, atau untuk kemungkinan terburuk, bagasi anda hilang/terlambat tiba di tempat tujuan.
  • Pakaian ganti untuk kita: Percaya deh, kita pasti akan perlu baju ganti bila si kecil muntah dalam pangkuan kita!
  • Snack & baby foods: Terbang dengan si kecil artinya kita harus menyiapkan snack, baby food, susu, jus dan air untuk mereka. Jangan lupa declare bawaan ini saat security check. Bawa juga botol/sippy cups  kosong/bersih untuk minum si kecil.
  • Toys/activities pack: Sebaiknya kita memilih mainan bervolume kecil/rendah agar tidak menganggu penumpang lainnya. Buku, buku mewarnai, doodle pad, sticker books adalah beberapa mainan yang sangat berguna. Favorite anak saya adalah play dough! Dia bisa duduk manis dan main play dough berjam-jam. Bila memungkinkan beli beberapa mainan baru yang ukurannya tidak terlalu besar tapi juga tidak terlalu kecil. Saya biasanya melakukan ‘recycle’ beberapa minggu sebelum jadwal perjalanan. Caranya dengan memilih beberapa mainan lama yang sudah nyaris tidak pernah di sentuh oleh si kecil dan saya sembunyikan, lalu di bungkus dengan kertas kado. Percaya deh, si kecil akan semangat membuka ‘kado’nya tersebut.
  • Jika si kecil sudah cukup besar untuk membawa carry-on sendiri, cobalah mengajaknya ke toko untuk memilih sendiri tasnya.
  • Children harness. Bila si kecil sedang senang-senangnya jalan sendiri, harness ini akan sangat membantu. Mereka bisa mengeluarkan energi yang ada dan kita masih bisa memastikan si kecil selalu berada dalam pengamatan kita apalagi di dalam airport yang biasanya luas.
  • iPod! Atau small video player sejenisnya. Portable DVD player juga bisa menjadi pilihan tapi biasanya mereka lebih berat dan battery lifetime-nya pendek. Upload saja film favorite si kecil atau lagu-lagu kesayangan mereka.

Dikirimkan oleh Maureen, mama dari Lil’ A yang sudah jadi ‘pro’ dalam bepergian bersama balita dengan pesawat terbang (saking seringnya :D).


14 Comments - Write a Comment

Post Comment