Apalah Arti Sebuah Nama?

Bagi saya, memberi nama anak jadi tantangan tersendiri. Saya mau nama yang unik, nggak pasaran, catchy, dan sesuai dengan kepribadian saya dan suami. Ribet ya?

Saat hamil di trimester awal, suami tiba-tiba bilang “Anak kita pokoknya namanya harus Langit. Atau kamu mau Bumi?”. Kebetulan sahabat saya, nama anaknya Bumi, maka saya langsung menolak dan memilih Langit.

Kenapa Langit? Sebelum hamil, kebetulan saya dan beberapa teman juga suami, punya production house kecil-kecilan yang namanya Biru Langit Production. Selain itu, suami yang pecinta alam serta saya yang sok puitis juga mendukung pemberian nama ini. Selain itu, ada makna filosofisnya loh!
Saya dan suami berasal dari lingkungan yang berbeda jauh. Dia dengan kegiatan pecinta alamnya, dan saya dengan mall serta café-café. Suami sejak SMP sudah merantau, sementara saya tak bisa hidup tanpa orangtua. Suami sifatnya cuek luar biasa, sementara saya perhatian *ceile* dan butuh diperhatikan oleh orang-orang sekitar. Tapi perbedaan kami, dunia kami, tetap kami berpijak diatas bumi yang sama dan dibawah naungan langit yang sama. Sehingga kami percaya, tak peduli betapapun sibuknya kami dengan dunia masing-masing, ada Langit yang menyatukan kami berdua *suit-suit…*

Untuk nama lengkap Langit, kami sempat adu pendapat. Saya sudah cari sana-sini, mulai dari beli buku nama-nama bayi sampai googling dan menemukan website-website berikut ini:

  • www.babynames.com atau
  • www.babycenter.com

Atau bahkan cari-cari inspirasi di thread Mommies Daily forum yang ini. Tapi belum ada yang sreg :) Apalagi kami berkeinginan, nama Langit posisinya ada di depan, bukan ditengah atau dibelakang. Plus namanya juga bukan yang berasal dari bahasa apa berarti apa. Misalnya *yang saya inget* Romero yang berarti pengembara atau Naja (nama yang kebetulan saya sukai, suka saya jadikan tokoh di cerpen-cerpen saya) yang berasal dari bahasa Arab berarti menyelamatkan. Pokoknya kami mau namanya yang harfiah. Titik.

Sebelumnya saya memilih 2 nama saja, 1 untuk laki-laki yaitu Langit Matangin Senja, serta 1 lagi perempuan yaitu Langit Kilau Pelangi. Awalnya suami nggak setuju, tapi saya bilang, “Saya kan yang hamil Langit, bawa dia kemana-mana. Saya mau pemberian nama ada di saya. Toh keinginan kamu nama depan anak kita, langit, udah dipenuhi”. Hihihihi….

Memilih nama untuk anak memang susah-susah gampang. Jauh sebelum punya anak, bahkan masih single, saya memang bercita-cita menamakan anak dengan nama-nama yang tersedia di alam. Bintang, Rembulan, Samudera, Ombak, dan lain sebagainya. Tapi begitu detik-detik melahirkan datang dan harus memilih, baru sadar bahwa nama anak yang akan saya pilih berarti akan disandang oleh si anak seumur hidupnya.

Jadi, walaupun kata Shakespeare “apalah arti sebuah nama” tapi menurut saya, nama adalah doa. Pastinya semua orangtua memberikan nama anak nggak main-main dan punya arti tersendiri dimana orangtuanya punya harapan akan nama tersebut. Benar nggak?


14 Comments - Write a Comment

  1. betul banget nyari nama itu gampang2 susah..pas USG 2 bulan n ketauan kembar langsung heboh..secara silsilah keluarga g ada yg kembar..pada sibuk cari nama..tapi tetep the owner perut yg menentukan..hehehe akhirnya lahirlah sikembar cewe..sikk dinamai JiiLaan Afarin Azura dan sidd dinamai ShiLLan sanari rubina…alhasil ternyata agak ribet dipanggilan banyak yg salah nyebutin nya..T_T …

  2. Wiwin Widiaty Picano · Edit

    Untuk pemilihan nama ini .. sejak umur kehamilan saya 3bulan saya dan suami hanya fokus mencari nama cowo (secara suami ingin bgt anak cowo) .. bukannya ga mau nyari nama cewe, tp bnr2 ga nemu nama yg pas utk nama cewe… Well, alhasil stelah di USG sang buah hati kami memang cowo, pas keluar pun, cowo :D

    Jadilah kami beri nama ABQARI AKINS CHIWICANO .. yang artinya abqari : Pintar / Jenius (Arab), Akins : Pemberani (Yunani), Chiwicano ( Singkatan dari nama ayah dan Ibunya, CHILdren of WIwin and piCANO) … Panggilannya Akins (beberapa orang jg manggil Chiwi) hihihihi … jadi utk nanti adik-adiknya akhirannya memakai CHIWICANO smua (tdnya mo dikasih PICANO aja biar sama dgn nama ayahnya, cuma stelah konsul dengan oma Kami, kata beliau “bikinnya khan bedua, masa cuma pake nama ayahnya aja .. nama berdua donk.. jadilah CHIWICANO)

    Kami berharap dia menjadi Jagoan Picano yang pintar dan pemberani …. Amin …

  3. @manda, itu artinya sehat manman si igo yg petakilan :)

    @kirce, si dellyn bener2 setia sm keteguhannya yak, alhasil kerap kepala :))

    @rika, wah another NARA :)

    @lian, wah anak kembar! Gw pernah ngayal2 kalo pny anak kembar malah ga mau namanya sama. Tp lebih yg berpasangan gitu. Misal Langit dan Bumi, Matahari dan Rembulan, atau Ombak dan Laut *hehehe, nama pilihan kedemenan gw emang berkaitan sm alam mulu yak, kurang kreatip*

    @wiwin, lucu nama ‘keluarganya’ chiwichano, soooo unique!
    Dulu bokap gw tuh, pas hamil kakak gw cuma nyediain nama laki semua. Secara jaman dulu blm trend usg yg bs liat jenis kelamin, bokap yg yakin bgt anaknya laki diomelin sm susternya suruh bikin nama cewe jg :p eh bener aja, yg keluar cewe :))

Post Comment