Apalah Arti Sebuah Nama?

by: - Wednesday, May 26th, 2010 at 7:00 am

In: Mommy Chatter 14 responses

0 share

Bagi saya, memberi nama anak jadi tantangan tersendiri. Saya mau nama yang unik, nggak pasaran, catchy, dan sesuai dengan kepribadian saya dan suami. Ribet ya?

Saat hamil di trimester awal, suami tiba-tiba bilang “Anak kita pokoknya namanya harus Langit. Atau kamu mau Bumi?”. Kebetulan sahabat saya, nama anaknya Bumi, maka saya langsung menolak dan memilih Langit.

Kenapa Langit? Sebelum hamil, kebetulan saya dan beberapa teman juga suami, punya production house kecil-kecilan yang namanya Biru Langit Production. Selain itu, suami yang pecinta alam serta saya yang sok puitis juga mendukung pemberian nama ini. Selain itu, ada makna filosofisnya loh!
Saya dan suami berasal dari lingkungan yang berbeda jauh. Dia dengan kegiatan pecinta alamnya, dan saya dengan mall serta café-café. Suami sejak SMP sudah merantau, sementara saya tak bisa hidup tanpa orangtua. Suami sifatnya cuek luar biasa, sementara saya perhatian *ceile* dan butuh diperhatikan oleh orang-orang sekitar. Tapi perbedaan kami, dunia kami, tetap kami berpijak diatas bumi yang sama dan dibawah naungan langit yang sama. Sehingga kami percaya, tak peduli betapapun sibuknya kami dengan dunia masing-masing, ada Langit yang menyatukan kami berdua *suit-suit…*

Untuk nama lengkap Langit, kami sempat adu pendapat. Saya sudah cari sana-sini, mulai dari beli buku nama-nama bayi sampai googling dan menemukan website-website berikut ini:

  • www.babynames.com atau
  • www.babycenter.com

Atau bahkan cari-cari inspirasi di thread Mommies Daily forum yang ini. Tapi belum ada yang sreg :) Apalagi kami berkeinginan, nama Langit posisinya ada di depan, bukan ditengah atau dibelakang. Plus namanya juga bukan yang berasal dari bahasa apa berarti apa. Misalnya *yang saya inget* Romero yang berarti pengembara atau Naja (nama yang kebetulan saya sukai, suka saya jadikan tokoh di cerpen-cerpen saya) yang berasal dari bahasa Arab berarti menyelamatkan. Pokoknya kami mau namanya yang harfiah. Titik.

Sebelumnya saya memilih 2 nama saja, 1 untuk laki-laki yaitu Langit Matangin Senja, serta 1 lagi perempuan yaitu Langit Kilau Pelangi. Awalnya suami nggak setuju, tapi saya bilang, “Saya kan yang hamil Langit, bawa dia kemana-mana. Saya mau pemberian nama ada di saya. Toh keinginan kamu nama depan anak kita, langit, udah dipenuhi”. Hihihihi….

Memilih nama untuk anak memang susah-susah gampang. Jauh sebelum punya anak, bahkan masih single, saya memang bercita-cita menamakan anak dengan nama-nama yang tersedia di alam. Bintang, Rembulan, Samudera, Ombak, dan lain sebagainya. Tapi begitu detik-detik melahirkan datang dan harus memilih, baru sadar bahwa nama anak yang akan saya pilih berarti akan disandang oleh si anak seumur hidupnya.

Jadi, walaupun kata Shakespeare “apalah arti sebuah nama” tapi menurut saya, nama adalah doa. Pastinya semua orangtua memberikan nama anak nggak main-main dan punya arti tersendiri dimana orangtuanya punya harapan akan nama tersebut. Benar nggak?

Share this story:

Recommended for you:

14 thoughts on “Apalah Arti Sebuah Nama?

  1. Setuju Lit..nama buat gw juga doa…soalnya kadang ada nama orang yang aneh2 gitu..kasian pas dia gedenya..apalagi kalo makna or arti namanya gimana gitu..(contoh: ada yang namanya Pak Kacung..walau orang tsb udah jadi penggede dimana gitu..tetep aja dia “kacung”)

    Dari sebelum punya anak gw udah pgn banget namain anak gw nanti, Nara. Mau laki atau perempuan pokoknya Nara deh..gw terkesan banget sma kota Nara di Jepang, kotanya tuh klasik, tenang, edgy tp juga trendy..

    Pas hamil, nama itu udah ga boleh diganggu gugat ma suami..gw bilang ma dia (sama kayak elo Lit!) yang hamil kan gw, yang pegel kan gw..jadi opsi pilihan nama pertama gw dulu yang ajuin ya…heheheheh

    Jadilah Annasha Queenara Firmansyah..namanya campur2 sumbangan kanan kiri..( gw ga bikin nama cowok samsek, setelah USG 4D pertama di kehamilan 16w, gw yakin banget si jabang bayi ini cewek, alhamdulillah bener…)..yang terpenting panggilannya Nara..tercapai deh keinginan gw…anak kedua (yang insya Allah akan dicanangkan tahun ini) pgnnya panggilannya Aira, tp kok udah diambil sama menantu RI 1 yah..padahal sumpeee ini nama udah terbersit di hati gw pas Nara lahir, dalam bayangan gw..ah..yang pertama Nara, yang kedua Aira ah…eeeh dipake…

  2. hihihi…disini juga yg ngasih nama gue. makanya namanya jadi aneh2 :sweat:
    laki gue udah gw ajak brainstorming pas anak pertama, dapetnya nama macem budiman gitu -_-”
    ngga jelek emaangg…tapii, kurang unik yah.

    klo soal semua depannya D, rada ga sengaja sih. yg Darris, pas dapetnya yg cocok itu. yg Dellynn, tadinya panggilannya Fidel (Fidellynne), tapi makin kesini temen2 online yg blon pernah ketemu suka nyaru, ngiranya anak gue cowo :P Baru yg Devan bener2 nyari nama cowo depannya D.

  3. @anthy, nara nama bagus! btw, gw malah sampe udah di USG hasilnya cewe teteub beli barangnya netral euy! ga pede, takut salah, dan entah kenapa banya yg bilang anak gw laki dilihat dari penampakan emaknya *sigh*

    @kirana, hahahha…. kebayang kalo kalo daris namanya budiman :D

  4. Gw setuju kalo pemilihan nama itu penting :D
    Gw sih belom punya anak, tapi gw seneng banget karena nyokap bokap gw ngasih nama ke gw yang menurut gw sih bagus dan artinya bagus juga :D

    Nama baptis gw Maria. Taken grom Bunda Maria tentunya. Trus nama kedua gw Vanessa yang artinya kupu kupu. Nama ketiga dan ke-4 standar. Tri karena anak ke3 dan Octavia karena lahir di Oktober.

    Jadi kata nyokap gw waktu milih nama itu, diharapkan anaknya jadi lincah seperti kupu kupu, tapi tetep lembut hati seperti Bunda Maria.

    Bener kan.. bener kan? gw lembut hati kan, ya? :))

  5. Vanya, iya pas bgt! Elo lincah dan baik hati *ceileeeee*

    MIL gw blgnya, nama Langit itu ada diatas semua, insyaallah selalu ada “diatas” terus. Amien. Tp mdh2an jgn jd besar kepala jg, kalo kepalanya besar sih, emang iya. Hehehe…

  6. Terus terang, memilih nama anak was (and still is) the most fun part of having a child! Sejak kecil, gue udah suka ngarang-ngarang nama orang, and nama anak gue kelak *centil bgt yak :-p* That’s why, pas gue hamil, langsung deh kerjanya buka-buka buku baby names mulu, plus browsing-browsing di internet. Karena gue tergila-gila dengan bahasa Sansekerta dari jaman dulu, gue pun selalu nyari di bagian itu. Tapi suami gue maunya nama yang gak ribet penulisannya dan mudah diucapkan.

    Akhirnya setelah diotak-atik kayak togel, dapet deh Nadira Puri Arundhati Prabowo. Nadira itu dari bahasa Arab yang artinya precious, the one and only. Puri itu nama ‘paksaan’ dari hubby, yang wajib dimasukkan kalo gak dia ngambek hehehe.. Arundhati sendiri artinya ada tiga. Pertama, it means fidelity. Kedua, Arundhati adalah nama Dewi Bintang dan Langit dalam mitologi Hindu. Ketiga, di India, Arundhati digunakan sebagai nama untuk menyebut Morning Star or Bintang Fajar. Selain itu, Arundhati is the name of my favorite novelist, Arundhati Roy. Prabowo sendiri adalah nama bapaknya.

    Makanya, gue percaya banget, nama adalah doa. Mudah-mudahan doa gue dan hubby dalam nama anak kami bisa terwujud kelak :-)

  7. Waktu hamil dulu kesepakatan antara saya dan suami: jika anak kami laki-laki yg “berhak” memberikan nama depan adalah saya dan suami kebagian kata kedua, begitu pula sebaliknya. Sebenarnya ini hanya akal-akalan saya saja supaya bisa “menyetir” kemana arah pemilihan nama anak. Hihi..maafkan saya, suamiku.

    Tergila-gila dengan Sansekerta dari zaman SMP, saya ultimatum suami utk mencari nama dari bahasa tersebut. Kebetulan nama yang dia ‘temukan’ langsung klop dengan nama depan yang saya miliki (dr awal hamil feeling kami kuat sekali kl si jabang bayi berkelamin laki-laki). “Inigo Anargya”, gabungan bahasa Spanyol dan Sansekerta yang artinya “Laki-laki penuh semangat berapi-api yang tak ternilai”. Sama seperti doa kami untuk Igo, semoga dia selalu menjadi pribadi yang semangat menghadapi hidup dan segala tetek bengeknya. Tentu saja, dia tak ternilai bagi kami.

    Memasuki usia 14 bulan, terasa sekali yes semangat Igo dalam menjalani hidup. Hadeh. Jumpalitan, pecicilan ga keru2an. Hahaha..

  8. mandey, bener banget itu nama bisa jadi karakter.
    si dellynn, ada fidelity (kesetiaan), dan khaleesha (teguh), walhasil keras kepala minta ampun -_-“

  9. betul banget nyari nama itu gampang2 susah..pas USG 2 bulan n ketauan kembar langsung heboh..secara silsilah keluarga g ada yg kembar..pada sibuk cari nama..tapi tetep the owner perut yg menentukan..hehehe akhirnya lahirlah sikembar cewe..sikk dinamai JiiLaan Afarin Azura dan sidd dinamai ShiLLan sanari rubina…alhasil ternyata agak ribet dipanggilan banyak yg salah nyebutin nya..T_T …

  10. Untuk pemilihan nama ini .. sejak umur kehamilan saya 3bulan saya dan suami hanya fokus mencari nama cowo (secara suami ingin bgt anak cowo) .. bukannya ga mau nyari nama cewe, tp bnr2 ga nemu nama yg pas utk nama cewe… Well, alhasil stelah di USG sang buah hati kami memang cowo, pas keluar pun, cowo :D

    Jadilah kami beri nama ABQARI AKINS CHIWICANO .. yang artinya abqari : Pintar / Jenius (Arab), Akins : Pemberani (Yunani), Chiwicano ( Singkatan dari nama ayah dan Ibunya, CHILdren of WIwin and piCANO) … Panggilannya Akins (beberapa orang jg manggil Chiwi) hihihihi … jadi utk nanti adik-adiknya akhirannya memakai CHIWICANO smua (tdnya mo dikasih PICANO aja biar sama dgn nama ayahnya, cuma stelah konsul dengan oma Kami, kata beliau “bikinnya khan bedua, masa cuma pake nama ayahnya aja .. nama berdua donk.. jadilah CHIWICANO)

    Kami berharap dia menjadi Jagoan Picano yang pintar dan pemberani …. Amin …

  11. @manda, itu artinya sehat manman si igo yg petakilan :)

    @kirce, si dellyn bener2 setia sm keteguhannya yak, alhasil kerap kepala :))

    @rika, wah another NARA :)

    @lian, wah anak kembar! Gw pernah ngayal2 kalo pny anak kembar malah ga mau namanya sama. Tp lebih yg berpasangan gitu. Misal Langit dan Bumi, Matahari dan Rembulan, atau Ombak dan Laut *hehehe, nama pilihan kedemenan gw emang berkaitan sm alam mulu yak, kurang kreatip*

    @wiwin, lucu nama ‘keluarganya’ chiwichano, soooo unique!
    Dulu bokap gw tuh, pas hamil kakak gw cuma nyediain nama laki semua. Secara jaman dulu blm trend usg yg bs liat jenis kelamin, bokap yg yakin bgt anaknya laki diomelin sm susternya suruh bikin nama cewe jg :p eh bener aja, yg keluar cewe :))

Leave a Reply