Merawat & Membersihkan Mata Si Kecil

Dear dr. Rozalina,

Saya mau tanya, bagaimana sebaiknya kita merawat mata anak supaya selalu sehat dan tidak perlu pakai kacamata nantinya? Bagaimana juga cara membersihkannya, karena anak saya, umur 3 tahun, sering mengucek-ucek matanya dengan tangan yang agak kotor. Terimakasih ya dok. – Eliana

Dear Ibu Eliana.

Pada dasarnya perlu dipahami bahwa kacamata bukan berarti penyakit. Anak yang membutuhkan kacamata, tetap mempunyai bola mata yang sehat, hanya saja bentuk dan ukurannya lebih panjang/pendek dari normal sehingga si Anak membutuhkan lensa plus/minus untuk melihat dengan jelas. Jadi, dengan berkacamata bukan berarti mata si Anak sakit yaaa.

Oya, perawatan untuk mata perlu dimulai sejak dini. Sangat lah penting untuk menjaga agar mata tidak terkena infeksi, kemasukan benda asing maupun mengalami luka.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk perawatan mata anak:

  1. Sediakan kain bersih ataupun tissue lembut untuk membersihkan mulut dan mata anak secara terpisah. Hal ini dikarenakan mata bayi mudah terinfeksi dengan usapan kain/tissue yang kotor.
  2. Potong kuku anak secara teratur dan si Anak perlu dididik untuk tidak mengusap-usap mata. Bila mata terasa gatal, minta bantuan ibu / pengasuh untuk meng-kompres dengan es batu yang telah dibungkus saputangan bersih dan tidak mengucek-ucek mata.
  3. Didik anak untuk tidak bermain dengan alat tajam seperti pisau, kayu dan batu.
  4. Anak tidak boleh menonton TV terlalu dekat (kurang dari 3 meter jaraknya) dan lama menonton tidak boleh lebih dari satu jam.
  5. Membaca di ruangan yang terang dengan jarak baca sekitar 30-40 cm.
  6. Biasakan untuk rajin mencuci tangan anak, karena pada tangan yang kotor dapat menjadi penyebab infeksi pada mata anak.

Demikian, semoga membantu yaaa.

dr. Rozalina Loebis, SpM

Pediatric Ophthalmology and Strabismus Division

Dept of Ophthalmology – Medical Faculty Airlangga University

Jalan Prof. dr. Moestopo 6-8 Surabaya

Telp : 62-31-550 1612 / 550 1613 / 550 1465

Fax : 62-31-501 6454

www.fk.unair.ac.id

Surabaya Eye Clinic

Jalan Raya Jemursari 108 Surabaya

Telp: 62-31-843 3050 / 62-31-8495502

Fax : 62-31-841 2473

www.surabaya-eye-clinic.com


10 Comments - Write a Comment

Post Comment