Bradyarrhythmia & (Gasp!) Smoking While Pregnant

Hai dok, pada usia kandungan saya ke 7 minggu saya periksa dan ada denyut jantung, 2 minggu kemudia saya periksa tiba-tiba denyut jantung tidak terdengar walaupun ukuran janin membesar dan dokter memutuskan agar segera dikuret, kemudian saya mencari second opinion.  Dokter kedua mengatakan denyut jantung tidak terlihat tetapi terlihat di layar USG ada blink-blink yang samar-samar dan saya diminta datang 2 minggu lagi, karena saya memang tidak ada flek sama sekali.  Mungkinkah janin saya masih ada? Mungkinkah bradyarrhythmia pada janin berumur 9 minggu itu sudah terdeteksi ?

Terimakasih banyak dok – Lulu

Pemeriksaan denyut jantung janin dapat dilakukan dengan berbagai cara bergantung pada usia kehamilannya. Pada kehamilan usia dibawah 12 minggu denyut jantung janin bisa kita lihat melalui USG dan kita dapat dengarkan melalui suara di USG. Setelah kehamilan 12 minggu, maka denyut jantung janin bisa didengar melalui alat yg disebut doppler.

Pada saat mendengar denyut jantung janin maka kita dapat menghitung bahkan bisa melihat dialat USG atau Doppler angka yg menunjukkan berapa denyut jantung janin.

Untuk itu adanya kecanggihan alat bantu diagnostik memang dapat mendeteksi kelainan sedini mungkin, walaupun perlu dicermati pada saat membuat diagnosa.

Semoga penjelasan ini bisa menjawab kebimbangan ibu. – dr. Indrawati, SpOG

Dokter aku mau tanya,

Apakah di perbolehkan jika ibu hamil merokok? di mana frekuensi nya juga jarang sekali (misalnya sebatang sehari dalam 1 minggu)? Apakah efeknya bagi bayi yang berada dalam kandungannya. Usia kehamilan masih dalam bulan-bulan pertama (trimerster pertama)

Terima kasih -ucie-

Merokok bukan saja dilarang pada ibu hamil tapi juga pada yang tidak hamil. Yang membuat bahaya adalah nikotinnya yang bisa membahayakan bagi janin yang dikandung dari mulai konsepsi sampai akhir kehamilan. Bahayanya adalah dapat membuat keguguran, kelahiran prematur, bayi lahir kecil uuntuk usia kehamilan ataupun kelainan pada bayi. Jadi jauhi merokok walau menjadi perokok pasif. Mudah-mudahan ibu dapat menghentikan merokok. Ok, selamat mencoba. – dr. Indrawati, SpOG


16 Comments - Write a Comment

Post Comment