Karang di Gigi Batita? Mungkinkah?

Dear dr. Ivonne,

From: @achaNGIMUL

Anakku, Naomi, umur 1.3 tahun sudah karang gigi di empat gigi susu bawah. Padahal sudah rajin sikat gigi. Kenapa ya?

Dear @achangimul,

Untuk anak umur 15 bulan itu tidak mungkin tumbuh karang gigi atau kalkulus. Salah satu kelebihan gigi susu adalah tidak bisa bisa di’hinggapi’ karang gigi. Gambaran yang mirip adalah white spot dan mottled enamel, tapi itu bukan karang gigi. White spot biasanya terjadi karena mineral giginya terambil, sedangkan mottled enamel itu karena fluor. Untuk memastikannya, sebaiknya kamu pergi ke dokter gigi supaya bisa langsung dilihat. Atau, kamu bisa coba posting foto anakmu di forum kids dental care Mommies Daily (click here), supaya saya dapat gambaran lebih jelas lagi.


7 Comments - Write a Comment

  1. Dear Dr.Ivone

    Saya mohon masukan dan bantuannya. Anakku usia 15bulan 7hari. Saya bingung dan takut sekali karena anak saya gigi atas dan bawah sudah mulai coklat seperti plak. Saya sudah sikat gigi tp tidak bisa hilang dokter. Gimana cara menghilangkannya krn anak saya susah sekali untuk diajak sikat gigi.

    Mohon bantuannya dokter, terimakasih

    Ellen

  2. Selamat siang Dr. Ivone.

    Saya mohon bantuan saran or masukannya apa yang harus saya lakukan untuk bisa menyikat gigi anak saya usia 15bln seminggu. Giginya sekarang sudah coklat dan timbul plak. Dia sama sekali tidak mau disikat giginya, saya sudah berusaha tp tidak ada hasilnya plak tersebut tidak hilang.

    Kalau boleh saya bisa minta alamat praktek dokter supaya saya bisa membawa anak saya untuk diperiksa ?

    Mohon bantuannya.

    Terimakasih,

    Ellen

  3. @Ellen,
    Hi mom, plak bisa dibersihkan saat gosok gigi, abis plak mengeras jadi kalkulus, ini yang harus dibersihkan ke drg, ini warnanya putih, kalo agak kecoklatan, waspadai karies, artinya gigi bolong,
    usia sampai kelas 1 sd pun anak harus dibantu menyikat giginya oleh orang dewasa (entah maminya, sus nya atau pengasuh lainnya), Saran saya, buat acara sikat gigi semenarik mungkin, misalnya main sikat2an yuk gantian sama mami, atau buat cerita “mami memberantas si kuman- maminya jd super hero maksudnya” atau ide2 lain yang sdh pernah di bahas oleh para super-moms di MD ini :)
    Boleh dibawa anaknya ke drg supaya make sure apa sih si coklat2 itu sekalian dibersihkan atau kalo emang bolong ya ditambal,
    mom bujuk rayu dulu dirumah,jd pas ketemu tante atau oom dokgi nya dia udah punya gambaran, praktek sy di kelapa gading, atau segera cari drg terdekat di daerah rumah mom buat mengatasi coklat2 tsb, segaera yah mom biar ga tambah parah :)
    Semoga membantu :)

Post Comment