Bibir Kering dan Mengelupas

Dear dr. Ian,

Anak saya (2 tahun 2 bulan) sering sekali mengalami bibir kering sampai ngelupas-ngelupas. Dan ini sering banget terjadi. Padahal dia sudah rutin saya kasih jus jeruk murni setiap hari, minum vitaminnya juga rutin tiap hari. Bibir kering dan ngelupas sampe parah ini dia alami sejak bayi. Padahal asupan vitamin C saya pikir sudah mencukupi (2-3 buah jeruk di jus setiap harinya). Plus suplemen vitamin yang di minum (Enervonce Syrup) Kira-kira ada apa ya? Apakah benar dia panas dalam? Apakah yang bisa dilakukan unutk meringankan hal seperti ini?

Terima kasih. Rika

Dear Mbak Rika,

Trims untuk emailnya.

Bibir kering atau pecah-pecah, banyak sekali penyebabnya. Namun bisa saja juga normal tanpa penyakit apapun yang menyertai.

Memang salah satu penyebabnya adalah kekurangan Vitamin C, tapi biasanya bukan hanya bibir kering saja, tetapi ada gejala lain seperti gusi bengkak atau berdarah terus menerus, ada luka seperti sariawan yang terus menerus atau tak kunjung sembuh, sering mimisan.

Untuk asupan Vitamin C, sebenarnya kita hanya butuh 50mg saja sehari. Kelebihan Vitamin C (dalam bentuk suplemen) juga bahaya, karena akan meningkatkan kerja ginjal (ingat kelebihan Vitamin C akan dibuang lewat urin). Kelebihan Vitaamin C juga akan disimpan sebagai kristal oksalat, yang jika berlebih akan menumpuk di saluran kemih/ginjal sebagai batu oksalat. Sebenarnya makan buah dan sayuran bervariasi dengan setiap harinya sudah memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral kita. Ingat, kita tidak hanya butuh Vitamin C saja, tapi juga vitamin dan mineral lainnya, juga zat-zat lain diluar vitamin seperti serat, antioksidan, dsb. Jadi ada baiknya buah yang diberikan tidak melulu jeruk, tapi diberikan buah yang lainnya.

Kembali lagi ke kasus si kecil. Bagaimana kondisi fisik keseluruhannya, apakah sering sakit demam berulang (tanpa batuk pilek)? Bagaimana pola berat badan dan tinggi badannya selama ini, apakah berat dan tinggi badannya sesuai dengan usianya atau adakah penurunan berat badan? Adakah kekeringan ditempat lain seperti mulut dan mata? Bagaimana dengan aktivitasnya, apakah lesu atau aktif seperti anak-anak seusianya?

Kalau hanya bibir pecah-pecah atau bibir kering saja, tanpa ada gejala yang lainnya, mungkin bisa disebabkan oleh sebab lain seperti kekurangan cairan, penggunaan AC, atau kebiasaan menjilat-jilat bibir.

Jika tidak ada gejala-gejala penyakit lain seperti yang tersebut di atas, kemungkinan karena sebab lain itu. Untuk mengatasinya berikan banyak minum, oleskan pelembab berupa baby oil atau madu pada bibirnya, terutama jika rutin menggunakan AC.

Mudah-mudahan bisa membantu ya, peluk dan sun mesra untuk si kecil. -dr. Ian


11 Comments - Write a Comment

  1. dok salam kenal sebelumnya,anak saya umur 5 th bibirnya selalu kering dan lagi badanya juga kurus sangat susah makan,kalo malam saat tidur berkeringat hingga basah bajunya padahal sudah pake ac. dia pernah suatu waktu tiba2 ada benjolan di belakang sekitar leher walupun hilang dengan sendirinya saya kwatir anak saya terkena TB ,apa yang harus saya lakukan ya dok,terus klo mesti ke dokter sebaiknya ke spesialis apa ya,terima kasih sebelumnya.

Post Comment