12 Things to do in Ragunan Zoo!

Kalo si krucil minta liat binatang, pasti yang langsung terlintas di otak kita adalah Taman Safari!. Ya kan ya kan? :D. Soalnya saya pun dulu begitu, lupa kalo di Jakarta juga ada kebun binatang. Yaa nggak lupa banget sih sebenernya, tapi entah kenapa kok image kebun binatang ragunan yang ada dipikiran saya itu jelek, kotor dan jauh dari nyaman. Sampai akhirnya saya memberanikan diri :D dan ternyata saya cukup kaget juga waktu berada di sana karena jauh lebih bagus dari yang saya bayangkan.

Kayanya nggak perlu diceritakan secara detil ya apa saja yang saya temukan dan lakukan disana. Yang jelas, kebun binatang menawarkan berbagai macam aktifitas yang murah meriah, seperti:

1. The Green View. Bosan dengan pemandangan mobil dan metromini setiap hari? Ragunan penuh dengan nuansa hijau. Bahkan waktu baru sampai di parkirannya saja saya sudah merasa sedang berada di luar kota.

2. Jalan-jalan sehat. Secara ya Ragunan luas sekali, jadi bisa dipastikan kita sekalian olah raga di sana. Anak-anak kecil pun bebas berlarian tanpa takut kesenggol motor.

3. Piknik. Tinggal gelar tikar saja (ada yang menjual/menyewakan) di bawah salah satu pohon rindang yang ada, dan nikmati bekal yang kita bawa dari rumah.

4. Naik delman

5. Naik kuda

6. Naik gajah. Bahkan katanya kita bisa naik unta juga lho. Nggak perlu ke padang pasir segala untuk menunggangi unta.

7. Snake feeding show. Yang ini tentu bukan atraksi favorit saya, tapi anak-anak pasti akan terpukau melihat beberapa ular memakan tikus, yang bisa dilihat dari jarak satu meter saja.

8. Foto bersama ular. Pastinya yang ini juga bukan favorit saya, tapi mungkin disini ada yang tertarik?.

9. Pusat Primata Schmutzer. Tempat pelestarian primata yang lebih ekslusif dan edukatif. Jadi, bisa dibilang saudara saudara kita yang berada disini nasibnya lebih beruntung dari yang ada di area lain kebun binatang karena habitatnya yang menyerupai habitat aslinya.

10. Children’s Zoo. Seperti kebun binatang di luar negri, di Ragunan juga ada lho yang khusus untuk anak kecilnya. Binatang yang terdapat disini adalah binatang yang jinak seperti ayam, kambing, kelinci, burung dan ikan. Kita bisa memegang dan memberi makan.

11. Playground. Tidak hanya satu tapi cukup banyak yang tersebar di setiap tikungan. Selain itu, ada juga mainan seperti Bombomcar

12. Picture taking. Ini sih saya saja yang narsis pengen tampil di sini..LOL, tapi bener deh, di sana backgroundnya bagus untuk foto-foto..:)

Selain yang sudah saya sebutkan di atas. Masih banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan seperti keliling ragunan naik sepeda Polygon, kalo nggak salah sih kita harus kesana pagi-pagi sekali supaya kebagian. Rakit wisata ragunan juga bisa dijadikan alternatif dimana kita bisa naik perahu keliling danau. Atraksi pentas satwa seperti menonton beruang joget, linsang yang pandai berhitung atau kakatua bermain basket. Kereta Keliling juga ada untuk siapa yang merasa letih. Kalau mau sesuatu yang menegangkan, kegiatan outbond di Ragunan mungkin bisa dijadikan pilihan.

Nah, banyak kan yang bisa dilakukan disana? Selain menyehatkan secara jasmani, jalan-jalan di Ragunan juga sehat untuk kantong mengingat harga masuk dewasa yang hanya 4000 rupiah itu.

Yuk, kita ajak anak-anak ke Ragunan :)


31 Comments - Write a Comment

Post Comment